Categories
Tips Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Susu Bumil Merek Paling Bagus , Cara Mengatasi Vertigo , Khasiat Petai Untuk Kesehatan , Makanan Penyembuhan Kanker Paru Paru , Cara Menangani DBD Di Rumah , Khasiat Buah Jeruk Untuk Tubuh , Tips Memakan Mie Instan Agar Tetap Sehat , Manfaat Minum Vit C Sebelum Tidur , Cara Mengatasi Kurap Secara Alami , Bahaya Mengucek Mata Dengan Tangan , Jus Untuk Flu Agar Cepat Sembuh , Jus Untuk Diare Lekas Sembuh , Buah Untuk Sariawan Cepat Sembuh , Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan , Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan , Makanan Penderita Penyakit Ginjal , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Gejala Angin Duduk Yang Berbahaya , Makanan Penyebab Keputihan Berlebihan , Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam , Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis , Gejala Stress , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Langkah Mencegah Batu Empedu
Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentinterdeposit di tempatnya. Gigi adalah benda yang paling berharga dalam anggota tubuh manusia , demi mencegah kerusakan , berikut kami akan memberikan anda Cara Menjaga Kesehatan Gigi :

Menyikat gigi secara rutin dan teratur (min 2x sehari)

Salah satu kegiatan yang harus anda beri perhatian dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi anda adalah menyikat gigi. Dengan menyikat gigi, kuman – kuman dan bakteri yang menempel pada gigi akan bersih dan hilang. Selain itu, rutin menyikat gigi juga akan membantu menutihkan gigi anda. Berikut ini tips dalam menjadwalkan kegiatan menyikat gigi :

  • Sikat gigi pada pagi hari sesudah sarapan dan sebelum beraktivitas
  • Sikat gigi setelah makan malam dan sebelum tidur
  • Jangan makan setelah menyikat gigi pada malam hari

2. Menggunakan obat kumur

Obat kumur atau mothwash dapat membantu kebersihan daerah mulut anda. Perlu anda ketahui, menyikat gigi saja tidaklah cukup. Karena dengan menyikat gigi, masih ada saja bakteri dan kuman yang tidak ikut bersih. Dengan adanya mouthwash,, maka bakteri dan kuman yang menempel dan belum habis tersebut dapat hilang dan bersih. Selain itu, mouthwash juga dapat membersihkan area mulut, dan mencegah hal – hal seperti ini :

  • sariawan
  • gusi berdarah
  • infeksi mulut
  • karang gigi
  • bau mulut tidak sedap

4. Menggunakan tali untuk membersihkan gigi (flossing)

Menggunakan tali khusus untuk membersihkan gigi mungkin merupakan hal yang klasik dan kuno. Tapi anda harus tahu, bahwa dengan menggunakan tali khusus anda dapat membersihkan sela – sela gigi dari kuman dan bakteri. Dengan menyikat gigi saja tidak cukup, karena bulu sikat tidak sanggup menjangkau sela – sela gigi dengan baik dan optimal. Penggunaan tali ini dan mouthwash merupakan gabungan hal yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Namun harus diperhatikan juga penggunaan tali ini, agar tidah menimbulkan luka pada sela – sela gusi.

5. Menggunakan kawat gigi

Kawat gigi dapat anda gunakan untuk merapihkan gigi anda yang tumbuhnya tidak beraturan, bukan hanya untuk gaya.  Dengan menggunakan kawat gigi, anda dapat membentuk pertumbuhan gigi yang beraturan dan normal. Kadang dengan pertumbuhan gigi yang tidak normal dapat menyebabkan terjadinya penumpukan gigi, dan sangat mengganggu. Namun ingat, jangan menggunakan behel hanya untuk gaya-gayaan, bahaya behel lepas pasang sangat mengganggu kesehatan gigi dan gusi.

6. Menghindari minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin

Untuk menjaga kesehatan gigi, anda wajib untuk menghindari minumam yang terlalu panas atau dingin. Tunggulah minuman itu hingga berada pada suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Mengkonsumsi minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin akan menimbulkan abrasi gigi. Abrasi gigi akan membuat gigi anda mengalami sensitifitas yang sangat mengganggu. Gigi sensitif sangatlah mengganggu keaehatan gigi anda. Jadi, untuk menjaga kesehatan gigi anda, anda wajib menghindari, atau setidaknya mengurangi konsumsi minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.

7. Hindari Minuman bersoda

Bahaya minuman bersoda juga memiliki efek yang hampir sama dengan mengkonsumsi minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Minuman soda dapay menyebabkan oksidasi, dan akhirnya dapat menyebabkan abrasi pada gigi. Selain itu, minuman bersoda juga dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

8. Hindari merokok

Merokok tidak memiliki kebaikan sama sekali. Merokok dapat menyebabkan kanker, gangguan pencernaan,gangguan pernapasan, dan gangguan – gangguan lainnya. Selain itu, merokok akan sangat merusak dan memperburuk kesehatan mulut dan gigi. Berikut ini merupakan efek buruk dari merokok :

  • Gigi menjadi kuning
  • Bau mulut
  • Gusi menghitam
  • Gusi terlihat pucat

Untuk mendapatkan kesehatan gigi yang baik, maka anda diwajibkan untuk mrnghindari rokok.

9. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride

Dalam menyikat gigi, anda harus menyikat gigi menggunakan sikkat gigi yang mengandung flouride. Pasta gigi yang mengandung flouride ini dapat membantu memperkuat struktur gigi sehingga tidak mudah mengalami pengeroposan. Selain itu, pasta gigi yang mengandung flouride juga dapat memutihkan gigi secara alami.

10. Hanya gunakan gigi untuk mengunyah makanan dan benda lunak.

Gigi memang diciptakan untuk mengunyah. Namun demikian bukan berarti semua benda dapat dikunyah oleh gigi. Makanan yang terlalu keras juga akan merusak gigi anda. Mengunyah makanan yang terlalu keras akan menyebabkan abrasi gigi, dan dapat merusak struktur gigi. Selain itu kebiasaan menggigit  barang – barang yang bukan makanan juga hangat berbahaya bagi kesehatan gigi anda, dan dapat menyebabkan abrasi gigi.

11. Hindari makanan terlalu manis (permen)

Nah permen dan makanan terlalu manis dapat menyebabkan gigi berlubang, anda pasti pernah melihat bagaimana seorang anak kecil saja giginya sudah mulai berlupang dan korengan. Ya.. betul, makanan manis terutama permen adalah salah satu penyebab gigi berlubang yang wajib anda hindari. Zat tersebut akan mempercepat proses pengeroposan gigi.

12. Mulailah dari kecil

Menjaga kesehatan gigi memang baiknya dimulai dari kecil, didik anak agar terbiasa sikat gigi dan belilah perlengkapan sikat gigi yang unik untuk memancing anak anda sikat gigi. Selain itu hindari makan permen bagi mereka agar tidak bolong-bolong giginya.

13. Hindari Tusuk Gigi

Tusuk gigi sebenarnya boleh saja digunakan, namun secara wajar karena tusuk gigi dapat menyebabkan ada celah antara gigi yang satu dengan gigi yang lainnya.

14. Hindari Pemutih Gigi

Wajib dihindari untuk kesehatan gigi sebenarnya adalah pemutih gigi yang berbahaya untuk kesehatan gigi jangka panjang. Gigi dibersihkan secara paksa akan menimbulkan efek samping jangka panjang seperti kelainan dan kanker mulut.

15. Makanan tinggi serat dan rendah lemak

Salah satu tips menjaga kesehatan gigi adalah makanan kaya serat dan rendah lemak, makanan kaya serat akan menjaga gigi terus sehat dan terhindar dari plak jahat. Makanan rendah kolesterol juga dapat mengurangi potensi melekatnya plak di gigi.