Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Musim hujan dan banjir sering kali dikaitkan dengan meningkatnya kerentanan untuk terserang penyakit. Salah satu upaya untuk mencegahnya adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Berikut akan dijelaskan cara meningkatkan imunitas tubuh, supaya tidak gampang sakit.

Penyakit seperti flu dan pilek lebih sering terjadi saat musim hujan dan banjir. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini akan lebih mudah menyerang bila imunitas atau daya tahan tubuh Anda sedang lemah.  Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di bawah ini.

1. Makan Banyak Sayur dan Buah

makan sayur dan buah

Sayur dan buah punya banyak nutrisi yang pastinya bagus untuk tubuh. Di saat seperti sekarang ini, ada baiknya kita mulai meningkatkan konsumsi sayur dan buah, terutama yang mengandung antioksidan. Vitamin dan sumber gizi yang terkandung dalam sayuran dan buah dapat membantu menjaga daya tahan tubuh secara alami.

 

2. Olahraga Rutin di Rumah

olahraga di rumah

Walaupun kita diminta untuk mengurangi berkegiatan di luar dan menerapkan social distancing untuk menekan penyebaran virus corona, bukan berarti kita harus berdiam saja di rumah. Pastikan kamu tetap aktif bergerak walau tidak ke pusat kebugaran atau tempat gym. Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, seperti push up, plank, sit up, squat, atau naik-turun tangga.

 

3. Kontrol Tingkat Stres

kontrol tingkat stres

Di saat-saat seperti ini, tidak hanya kesehatan fisik yang perlu dijaga, tapi juga kesehatan mental. Jangan sampai kamu terlalu panik, cemas, dan khawatir berlebihan. Virus corona memang tidak bisa disepelekan, dan kita semua wajib waspada. Tapi jangan sampai kecemasan yang tinggi membuat kita jadi stres.

Tidak hanya karena virus ini saja, kamu perlu menjaga agar jangan sampai stres tinggi karena hal apa pun. Penting sekali untuk menjaga pikiran dan mental sehat agar fisik juga semakin kuat menangkal virus.

4. Harus Cukup Tidur dan Istirahat

tidur yang cukup

Untuk kamu yang masih suka begadang, belajar dan bekerja sampai larut malam, yuk, mulai biasakan istirahat yang cukup. Usahakan tidur 6-8 jam agar tubuh bisa benar-benar beristirahat. Karena saat istirahat, ketegangan seharian dapat mereda, otot-otot yang lelah kembali bugar. Saat bangun, organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan optimal kembali.

Agar tidak mudah lemas dan kelelahan, upayakan selalu istirahat sekali pun kamu sedang berkegiatan. Pahami betul alarm tubuhmu sendiri. Tidur yang berkualitas dan nyenyak dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu sehingga jauh dari virus.

5. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

hindari menyentuh wajah

Virus dapat masuk melalui mulut, mata dan hidung. Jika memang dirasa tidak perlu, tidak usah menyentuh bagian wajahmu dengan tangan. Kalau pun memang ingin menyentuhnya, kamu harus cuci tangan terlebih dahulu.

 

6. Jangan Merokok

jangan merokok

Sudah jelas sekali kalau merokok dapat sangat merugikan kesehatan. Semakin bahaya lagi di saat-saat maraknya virus Corona seperti sekarang ini. Untuk menjaga daya tahan tubuh, untuk kamu yang masih merokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan burukmu. Bukan hanya merugikan diri sendiri, tapi kamu juga merugikan orang-orang di sekitarmu yang menjadi perokok pasif.

7. Minum Vitamin

minum vitamin

Jika kamu merasa nutrisi yang kamu butuhkan dari makanan yang kamu konsumsi masih kurang, tidak ada salahnya kamu menambah asupan vitamin. Terutama untuk kamu yang merasa daya tahan tubuh mulai menurun, atau sedang dalam masa penyembuhan.