Cara Mengobati Uveitis

Cara Mengobati Uveitis

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Memar Tradisional , Efek Samping Suntik Vitamin C , Dampak Buruk Daging Anjing , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Panu Tradisional , Tanda Penyakit Kista , Khasiat Jahe Putih Untuk Kesehatan , Bahaya Radiasi Smartphone Untuk Tubuh , Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan , Daftar Buah Pembunuh Sel Kanker , Kenali Gejala Penyakit Glaukoma , Manfaat Laos Putih Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Puasa , Ramuan Mengatasi Kolesterol Tinggi , Obat Tradisional Biduran , Obat Cacingan Tradisional , Obat Lambung Luka Tradisional , Penyakit Jiwa Paling Berbahaya , Obat Tradisional Angioedema , Tanda Penyakit Psikosomatik , Cara Mengobati Uveitis , Penyakit Yang Rentan Dialami Pria , Cara Mengobati Infeksi Sinus , Khasiat Petai Menghilangkan Penyakit , Obat Penghilang Daki Paling Ampuh , Makanan Pembersih Darah Kotor , Cara Mengobati Rabun Jauh

Cara Mengobati Uveitis

Uveitis adalah peradangan yang terjadi pada uvea atau lapisan tengah mata. Kondisi ini ditandai dengan satu atau kedua mata terlihat sangat merah karena pada uvea banyak pembuluh darah. Umumnya, uveitis dialami oleh orang dewasa usia 20-50 tahun, namun terkadang juga dialami anak-anak.

Jenis-jenis Uveitis

Uvea adalah lapisan tengah pada bagian dalam mata yang terdiri atas selaput pelangi mata (iris), lapisan pembuluh darah mata (koroid), dan jaringan ikat antara iris dan koroid (badan siliar). Uvea terletak di antara bagian putih mata (sklera) dan bagian belakang mata yang menangkap cahaya (retina).

Berdasarkan lokasi peradangan, uveitis terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Uveitis di uvea bagian depan (iritis atau uveitis anterior). Peradangan terjadi di bagian iris.
  • Uveitis di uvea bagian tengah (uveitis intermedia atau cyclitis). Peradangan terjadi di antara iris dan koroid.
  • Uveitis di uvea bagian belakang (choroiditis atau posterior uveitis). Peradangan terjadi di bagian koroid.
  • Uveitis di seluruh uvea (panuveitis). Terjadi ketika seluruh lapisan uvea mengalami peradangan.

Uveitis juga terbagi berdasarkan lamanya penderita mengalami uveitis, yaitu:

  • Uveitis akut, yaitu jenis uveitis yang berkembang dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan.
  • Uveitis kronis, ketika peradangan terjadi secara berkelanjutan selama lebih dari 3 bulan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mnegenai Cara Mengobati Uveitis :

1. Imunosupresif atau Sitotoksik

Imunosupresif atau sitotoksik adalah obat yang mempengaruhi sistem imun atau menghancurkan sel yang akan diberikan dokter jika pengobatan dengan kortikosteroid gagal dilakukan atau uveitis bertambah parah dan meningkatkan risiko kebutaan pada penderita yang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan radang kelopak mata.

2. Antibiotik atau Antivirus

Obat obatan jenis antibiotik atau anti virus umumnya akan diberikan dokter jika uveitis yang terjadi disebabkan karena infeksi yang bertujuan untuk mengendalikan infeksi tersebut.

3. Operasi

Prosedur operasi kemungkinan akan dilakukan apabila gejala uveitis yang terjadi sangat parah atau pemberian obat obatan tidak efektif. Salah satu metode operasi yang kemungkinan akan dilakukan adalah operas vitrektomi yakni operasi bedah mata untuk mengambil cairan vitreus yang terdapat pada mata.

4. Penanaman Alat Pada Mata

Khusus pada kasus uveitis posterior, karena pengobatannya lebih sulit maka nantinya sebuah alat akan ditanam pada mata di mana alat ini berperan sebagai penyalur obat kortikosteroid dengan cara perlahan ke dalam mata yang juga digunakan pada jenis jenis penyakit mata tertentu. Pengobatan jenis ini umumnya berlangsung cukup lama yakni antara 2 hingga 3 tahun.

5. Kunyit

Dalam kunyit memiliki sifat antioksidan kuat yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi juga memperlihatkan jika kunyit bisa membantu untuk mengurangi gejala uveitis kronis karena senyawa kurkumin fosfatidilkolin bernama meriva yang bisa mengatasi berbagai gejala uveitis yang diberikan secara teratur selama 12 bulan. Kunyit ini sangat berguna untuk uveitis anterior dan juga kondisi degeneratif serta peradangan mata lain seperti mata kering, glaukoma, retinopati diabetik dan juga makulpati.

6. Billberry

Dari para ilmuwan asal Cina membuktikan jika ekstrak bilberry bisa meningkatkan aktivitas antioksidan dalam darah dan juga meningkatkan kadar vitamin C serta enzim antioksidan seperti glutathione peroksidase dan juga superoksida dismutase yang bisa melindungi penderita uveitis disebabkan karena endotoksin.

7. Ekstrak Blueberry

Ekstrak blueberry berguna untuk membersihkan radikal bebas sekaligus meningkatkan mikro sirkulasi mata dan juga meningkatkan daya penglihatan. Senyawa antioksidan dalam ekstrak blueberry ini sangat baik untuk menjaga kesehatan saraf mata, mencegah gangguan saraf mata, memperbaiki membran sel yang mengalami kerusakan. Sedangkan kandungan anthocyanin dalam ekstrak blueberry berguna untuk anti degenerasi makula, obat tradisional glaukoma, mengurangi retinopatik diabetik untuk penderita diabetes, mengatasi gejala mata kering dan juga infeksi mata karena virus dan bakteri serta uveitis.

8. Ekstrak Biji Anggur

Dalam ekstrak biji anggur mengandung bahan aktif yakni oligomeric proanthocyanidins atau OPC yang didalamnya sudah mengandung antioksidan bersifat sebagai antihistamin. Selain itu, kandungan vitamin E, asam linoleat dan juga flavonoid dalam ekstrak biji anggur juga sangat berguna untuk mengatasi uveitis dan gangguan mata lainnya seperti degenerasi makula serta rabun senja.

9. Eyebright

Eyebright tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi mata merah, namun juga bisa digunakan untuk mengatasi uveitis, mata berair, obat mata rabun jauh dan juga katarak sehingga dinyatakan sebagai herbal pelindung mata alami.

10. Kompres Hangat atau Dingin

Kompres hangat atau dingin sangat membantu bagi penderita uveitis yang mengalami nyeri maupun pembengkakan pada area mata. Kompres juga bisa dilakukan bergantian, yakni kompres hangat lebih dulu dan kemudian dilanjutkan kompres dingin atau salah satu saja.

11. Omega-3

Perlu diketahui bahwa asam lemak omega-3 pun mampu membantu para penderita uveitis agar lebih cepat sembuh. Anda bisa menggunakan dalam bentuk suplemen, atau langsung saja mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan-ikanan. Tujuan utamanya adalah sebagai peningkat imun tubuh sekaligus pereda inflamasi.

12. Ginkgo Biloba

Dalam ekstrak ginkgo biloba mengandung flavonoid yang baik untuk menjaga serta memperbaiki penurunan fungsi retina karena diabetes retinopati, uveitis, katarak dan juga degenerasi makula. Dari penelitian juga dibuktikan jika ginkgo biloba banyak digunakan untuk meningkatkan penglihatan jarak jauh dan menurunkan kemungkinan kerusakan pada retina mata.

Cara mengobati uveitis bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti tindakan medis dan juga pengobatan tradisional menggunakan bahan bahan alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari seberapa parah dan jenis uveitis yang terjadi pada penderita. Semoga bisa bermanfaat.