Cara Mengobati Tangan Keseleo

Cara Mengobati Tangan Keseleo

Image result for Tangan Keseleo

Keseleo dapat dialami oleh siapa pun, baik oleh orang yang jarang berolahraga, maupun atlet yang berlatih tiap hari. Pada umumnya, keseleo dapat ditangani sendiri di rumah.

Keseleo biasanya terjadi saat Anda tiba-tiba mengubah arah gerakan atau menurunkan kecepatan, biasanya saat berolahraga. Bisa juga saat jatuh, bertabrakan dengan orang atau benda lain, ataupun mendarat dengan posisi yang tidak tepat setelah melompat.

Pada kondisi-kondisi di atas, ligamen tidak sengaja dipaksa terentang melampaui kemampuannya sehingga dapat menyebabkan ligamen robek atau terpelintir. Kerusakan ligamen inilah yang mendasari terjadinya keseleo. Ligamen merupakan jaringan menyerupai pita yang menyelimuti sekeliling sendi. Keberadaan ligamen berfungsi menghubungkan tulang yang satu dengan lainnya. Pergelangan kaki, jempol tangan dan kaki, pergelangan tangan, serta lutut adalah area-area yang paling sering mengalami keseleo.

Keseleo biasa ditandai dengan gejala-gejala tertentu, antara lain rasa nyeri di sekeliling sendi yang mengalami keseleo, memar dan bengkak pada sendi, serta ketidakmampuan sendi menyangga beban. Dapat pula timbul memar yang muncul agak jauh dari sendi keseleo akibat darah yang merembes di sepanjang otot. Tingkat keparahan keseleo bergantung dari seberapa berat kerusakan ligamen yang terjadi. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Mengobati Tangan Keseleo :

1. Jus Nanas

Ketika membayangkan adanya jus nanas, mungkin bayangan kita adalah jus nanas yang segar dan asyik diminum ketika hawa panas. Namun jus nanas yang dimaksud di sini adalah jus yang bisa mengurangi rasa keseleo; ketika keseleo, itu artinya ada rasa sakit yang terjadi di bagian tangan diakibatkan oleh peradangan. Jus nanas bisa dibuat sehari 2 kali untuk bisa memulihkan otot keseleo lebih cepat.

2. Minyak Kastor

Minyak kastor atau castor oil merupakan hal mungkin asing bagi beberapa dari Anda, tapi bahan satu ini adalah yang termasuk ampuh dalam mengobati keseleo serta pembengkakan pada tubuh, termasuk tangan. Minyak kastor sendiri berasal dari daun jarak yang memiliki manfaat sebagai pereda rasa sakit otot yang diakibatkan oleh keseleo dan penggunaan dari bahan ini terhitung mudah karena minyak tersebut hanya tinggal dioleskan saja ke bagian tangan yang sakit, kemudian Anda bisa berikan pijatan lembut yang berlangsung selama 10-15 menit.

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang punya segudang manfaat meski juga diketahui beberapa efek samping bawang putih yang juga patut diwaspadai. Untuk mengurangi rasa sakit, bawang putih bisa dimanfaatkan dan malah akan membantu pemulihan lebih cepat. Di dalam bawang putih ada banyak kandungan baik, termasuk zat besi, sodium, dan potasium yang termasuk di dalam jenis mineral, berikut juga ada vitamin E, B6 dan juga vitamin A yang bergizi.

Untuk cara penggunaannya, cobalah untuk mengambil bawang putih beberapa siung secukupnya saja yang kemudian bisa dicincang-cincang baru dibungkus menggunakan kain katun halus. Ini kemudian bisa diperas sampai minyak keluar. Minyak inilah yang bisa dijadikan obat keseleo dengan mengoleskan hasil perasan bawang putih dalam bentuk minyak tersebut sambil memberikan pijatan-pijatan perlahan agar otot tidak tegang dan bisa membaik.

4. Kunyit + Lemon

Cobalah untuk mengombinasikan kedua bumbu dapur yang sudah sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari kita ini di mana rupanya manfaatnya sangat besar, termasuk meredakan radang yang diakibatkan terkilir. Untuk menggunakannya, cukup hanya dengan menumbuk sejumlah ruas kunyit yang lalu bisa dicampurkan dengan air perasan lemon 1 sendok makan saja di mana bagian yang sakit bisa dioles dengan bahan tersebut di bagian tubuh yang sakit, seperti misalnya tangan ketika dalam keadaan keseleo. Atau cara alternatifnya, coba saja dengan membungkus tangan yang bengkak dan nyeri menggunakan kain katun yang sebelumnya sudah Anda lumuri dengan bahan tersebut.

5. Minyak Almond

Minyak almond atau almond oil bersama dengan minyak bawang putih alias garlic oil 1 sendok makan saka kemudian dicampurkan akan menghasilkan obat keseleo yang ampuh. Sesudah itu, kedua campuran bahan bisa digunakan yang disertai juga dengan pijatan-pijatan lembut di bagian yang cedera, apabila tangan, pijatlah area yang sakit pelan-pelan. Kedua bahan ini bila dicampur akan sangat berkhasiat dan rasa sakit pun dijamin hilang seketika dengan cepat.

6. Minyak Kayu Putih

Kayu putih adalah bahan alami yang juga baik untuk dijadikan obat keseleo di mana Anda hanya membutuhkan beberapa sendok saja dengan dicampurkan bersama dengan minyak rosemary. Bagian tangan yang sakit bisa dipijat-pijat ringan yang diakibatkan keseleo tadi dan karena bengkak, cobalah memijat pelan. Sirkulasi darah biasanya akan lancar ke otot yang terkilir dengan metode ini dan akhirnya pembengkakan serta rasa sakit akan berkurang dan berangsur membaik. Itulah manfaat minyak kayu putih selain dijadikan cara mengatasi sakit kepala.

7. Seledri

Menjadi salah satu makanan kaya serat, seledri biasanya manfaatnya adalah sebagai penyedap masakan di akhir proses memasak, seledri bisa coba diandalkan untuk menyembuhkan sakit keseleo pada tangan, atau bahkan bagian tubuh lainnya. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menyediakan daun seledri beberapa lembar dan ditumbuk bersama yang lalu bisa ditambah dengan air. Olesi bagian yang cedera dan bengkak dengan ramuan ini, buktikan keampuhannya segera.

8. Gel Chestnut

Ada zat aescin yang terdapat pada gel chestnut jika Anda belum mengetahuinya, dan zat ini memiliki fungsi baik untuk membuat keseleo lebih baik dengan meredakan rasa nyeri dan mengempeskan bengkaknya. Peradangan yang terjadi di otot tangan akan pulih karena memang sudah menjadi tugas dari zat tersebut untuk membantu memulihkan. Caranya termasuk simpel, yaitu gel chestnut bisa dioleskan ke bagian yang keseleo secara merata dan bila teratur, lihat hasilnya yang luar biasa bisa menyembuhkan.

9. Jahe

Selain sebagai salah satu cara menyembuhkan vertigo, sifat hangat pada jahe sangat luar biasa dan bisa sangat berguna dalam meredakan rasa nyeri dan juga pembengkakan pada tangan yang keseleo. Caranya tidak sulit dan tidak akan membuang waktu lama di mana jahe bisa diambil secukupnya, kemudian bisa diparut sampai halus, baru parutan jahe bisa dibalurkan ke tangan yang terkilir. Terakhir, untuk menyelesaikan pengobatan, balut tangan yang sudah dibalurkan parutan jahe menggunakan kain yang sudah Anda siapkan.

10. Serai + Kemiri

Cukup hanya menyiapkan kemiri 3 butir yang juga sudah dibuang kulitnya, kemudian serai 2 batang bisa membuat nyeri keseleo pada tangan pulih dengan baik. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan batang serai ditumbuk sampai benar-benar hancur yang akhirnya nanti bisa dicampur dengan campuran air dan kemiri. Ini kemudian perlu disimpan pada wadah panas api yang dipanaskan di atas perapian yang bisa ditunggu sampai kondisi menjadi lebih hangat.

Air yang sudah menjadi hangat itu adalah ramuan yang kemudian bisa dibalurkan ke bagian tangan keseleo. Jika tak terpakai semua, air ramuan yang sisa bisa digunakan untuk mengompres dan membalut dengan memakai kain yang bersih supaya sari-sarinya bisa teresap ke dalam kulit secara sempurna. Minimal sehari sekali balutan itu harus diganti.

11. Beras + Kencur

Kencur dan beras adalah obat alami untuk mengobati keseleo pada tangan, termasuk jika terjadi pembengkakan di sana, dengan hanya menyediakan segenggam beras yang telah Anda rendam air dan juga kencur 1 rimpang saja. Cara penggunaannya tidak akan ribet karena kedua bahan hanya perlu Anda gerus hingga halus dan menambahkannya air seperlunya, jadikanlah bahan ini bedak atau param yang bisa dibalurkan ke tangan yang cedera.