Categories
Tentang Pengobatan

Cara Mengobati Radang Paru-Paru

Cara Mengobati Radang Paru-Paru

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Mengandung Vit C Tinggi , Makanan Kaya Serat Alami , Infeksi Saluran Kencing , Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh , Bahaya Kafein , Cara Menghilangkan Bekas Luka , Cara Merawat Lensa Kontak , Pertolongan Pertama Untuk Luka Bakar , Penyakit Paling Mematikan di Dunia , Ciri Ciri Darah Tinggi dan Cara Mencegahnya , Cara Menghilangkan Mata Panda , Penyebab Menstruasi Tidak Lancar , Manfaat Terapi Lintah , Risiko Ciuman Bibir , Tanda Tubuh Kekurangan Gizi , Deodoran Memicu Kanker Payudara , Penyebab Pendarahan Otak , Cara Mengatasi Sakit Gusi Dirumah , Manfaat Vitamin D , Manfaat Sarang Walet , Kista Ganglion , Tanda Penyakit Reproduksi Pria , Cara Menghilangkan Selulit , Bahaya Makanan Beku , Cara Mengobati Radang Paru-Paru , Makanan Pembersih Paru Paru
Cara Mengobati Radang Paru-Paru

Banyak orang yang menganggap radang paru hanyalah penyakit yang bisa terjadi pada perokok. Nyatanya radang paru bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini merupakan kondisi ketika paru-paru mengalami peradangan yang diakibatkan oleh paparan virus dan bakteri. Dalam medis, virus atau bakteri ini menyerang kantung udara di dalam paru-paru yang disebut alveolus.

Mengapa radang paru-paru sangat penting untuk diperhatikan? Fungsi alveolus yang sangat penting jadi penyebab mengapa kita perlu mencermati penyakit radang paru-paru ini. Ia berfungsi untuk menjaga agar oksigen yang masuk ke dalam tubuh cukup. Ibaratnya, ia memastikan paru-paru mendapatkan oksigen yang cukup. Apa yang terjadi jika fungsi ini terganggu? Pastinya kerja paru-paru tidak akan maksimal dan berdampak buruk pada organ paru-paru itu sendiri.

Umumnya, penyakit radang paru-paru disebabkan oleh sebuah infeksi bakteri yang kerang disebut Streptococcus pneumoniae. Biasanya peradangan dimulai dari bagian saluran pernapasan atas. Setelah itu, ia akan masuk atau berpindah ke saluran pernapasan bawah hingga akhirnya menyerang bagian alveolus.

Jenis bakteri memiliki bentuk layaknya sebuah rangkaian rantai. Sesuai dengan namanya dari bakteri tersebut, kata “strepto” memiliki arti rantai. Sementara “coccus” sendiri memiliki arti kata bulat. Perlu diketahui bahwa bakteri yang masuk ke dalam jenis ini tidak mudah mati atau lenyap karena oksigen misalnya sebab mereka bisa bertahan hidup di lingkungan dengan oksigen bahkan tanpa oksigen sekalipun.

Bakteri ini tergolong atau memiliki 20 jenis. Berbagai jenis bakteri tersebut bisa digolongkan ke dalam dua kelompok besar yakni grup A yang bisa kita temukan dengan mudah di permukaan tubuh seperti daerah kulit dan tenggorokan. Sementara pada grup B umumnya bisa ditemukan dalam saluran pencernaan serta vagina. Bakteri yang masuk ke dalam grup B umumnya tak menimbulkan bahaya serius dan biasanya terjadi menyerang bayi dan anak-anak. Nah berikut ini kami mempunyai Cara Mengobati Radang Paru-Paru :

Daun Sirsak

Daun sirsak dapat menjadi salah satu cara mengobati radang paru-paru dengan metode alamiah atau tanpa bantuan medis. Namun perlu diingat, ini hanya cocok untuk pengidap radang paru-paru yang masih ringan. Daun sirsak memiliki kandungan alami yang dipercaya dapat meredakan radang paru-paru, seperti kandungan fruktosa, protein, lemak, kalsium, zat besi, dan vitamin A. Tidak hanya kandungan tersebut, terdapat juga senyawa asetogenin, tanin, alkaloida dan fitosterol yang berfungsi sebagai anti-bakteri.

2. Kulit Manggis

Khasiat kulit manggis juga dipercaya sebagai salah satu cara mengobati radang paru-paru secara alami dan juga aman. Di dalam kulit manggis terdapat senyama Xanthone yang berkhasiat sebagai anti-oksidan, yaitu menangkal radikal bebas yang umumnya disebabkan oleh virus dan juga bakteri. Dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin dipercaya dapat membuat paru-paru menjadi sehat dan berfungsi dengan baik.

3. Daun Sambiloto

Cara mengobati radang paru-paru selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun sambiloto. Daun sambiloto memiliki kandungan senyawa tanin yang berfungsi sebagai anti-bakteri sehingga jika dikonsumsi secara rutin dipercaya sangat berkhasiat menjaga kesehatan paru-paru agar terhindar dari infeksi bakteri yang dapat menyebabkan radang paru-paru atau pneumonia.

4. Ubah Pola Makan

Cara mengobati radang paru-paru selanjutnya yaitu dengan mengubah pola makan. Jika sebelumnya terbiasa mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan berlemak, maka coba ubah ke pola makan yang lebih sehat. Cara ini memang tidak bisa benar-benar menyembuhkan radang paru-paru, namun bisa dijadikan sebagai cara pencegahan dan menekan penyebaran radang paru-paru agar tidak semakin parah. Mulailah konsumsi makanan yang mengandung anti-oksidan dan anti-bakteri agar kesehatan paru-paru tetap terjaga.

5. Sering Mencuci Tangan

Cara mengobati radang paru-paru yang kelima yaitu sering mencuci tangan setiap sebelum makan atau setiap buang air. Hal ini dapat menjadi cara pencegahan penyebaran virus dan bakteri melalui tangan. Harus selalu menjaga kebersihan tangan yang seringkali kita gunakan untuk makan. Selain itu, juga penting untuk menjaga peralatan makan tetap bersih agar virus dan bakteri tidak bersarang dan semakin menyebar.

6. Menggunakan Masker Mulut

Cara mengobati radang paru-paru yang keenam atau yang terakhir yaitu menggunakan masker mulut. Hal ini dapat mencegah penyebaran virus dan bakteri yang ditularkan kepada orang lain melalui udara. Yang perlu diperhatikan juga, gunakan masker sekali pakai. Jangan menggunakan masker yang sama selama beberapa hari karena dapat menyebabkan penyebaran virus dan bakteri semakin parah nantinya.