Cara Mengobati Nanah Pada Gusi

Cara Mengobati Nanah Pada Gusi

Nanah pada gusi biasanya berasal dari abses gigi. Abses umumnya disebabkan adanya infeksi bakteri dan menimbulkan rasa sakit berdenyut. Kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik dan kurangnya perawatan pada gigi, membuat gigi mudah berlubang dan terinfeksi bakteri. Pertumbuhan bakteri yang dibiarkan akan menyebabkan infeksi pada gigi. Infeksi ini akan menyebar ke area sekitar gusi dan terjadi pengumpulan nanah pada gusi.

Infeksi bakteri bisa terjadi pada gusi, akar gigi, serta tulang pendukung gigi. Infeksi atau peradangan pada jaringan di sekitar gigi yang menyebabkan penyakit gusi, bisa juga menjadi penyebab munculnya nanah pada gusi. Penyakit gusi kerap menyebabkan gusi menjadi sedikit terlepas dari gigi, sehingga terbentuk kantong yang bisa dipenuhi bakteri dan berkembang membentuk abses.

Abses periodontal juga dapat berkembang sebagai komplikasi cedera pada gusi atau jaringan sekitar gigi, yang menyebabkan luka. Luka pada gusi ini mudah mengalami infeksi, karena makanan atau kotoran yang menyangkut dan tertanam di gusi dapat membuat kuman tumbuh subur.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, menderita diabetes, atau sedang menjalani pengobatan kemoterapi, lebih rentan mengalami abses gigi dan timbulnya nanah pada gusi. Berikut ini kami akan memberikan anda tips atau Cara Mengobati Nanah Pada Gusi :

  1. Memakai Gambir

Gambir merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati nanah yang muncul pada gusi dengan menyediakan 3 potong gambir, ½ jari rimpang kunyit, dan 2 gelas air matang. Bersihkan dan iris tipis gambir serta kunyit lalu rebuslah dengan 2 gelas air tadi sampai mendidih dan hanya tinggal sisa segelas. Pakailah air rebusan (ketika sudah hangat) untuk berkumur sehari 3-4 kali setiap hari.

  1. Menggunakan Krokot

Tanaman satu ini bisa juga menjadi penolong Anda ketika gusi bernanah, yakni dengan menyiapkan 3 gelas air dan 300 gram tanaman krokot. Cuci bersih dulu krokot dan rebuslah bersama air 3 gelas tadi hingga mendidih dan tersisa hanya 1 gelas. Setelah dingin, air bisa diminum hingga habis; lakukan setiap hari untuk kesembuhan maksimal.

  1. Memanfaatkan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh juga mujarab untuk masalah gusi yang mengeluarkan nanah dan caranya pun paling sederhana. Cukup sediakan saja minyak cengkeh dan ambil seperlunya untuk dioles langsung ke bagian gusi yang sakit sehari 3 kali sesudah makan. Ini adalah obat yang manjur juga untuk gusi yang bernanah sekaligus bengkak.

  1. Memakai Kulit Andong

Dalam mengobati nanah pada gusi, cobalah juga menggunakan kulit andong dan sediakan secukupnya berikut juga garam sedikit. Kulit andong bisa dibersihkan lebih dulu dan kupas barulah ditambahkan garam. Haluskan ramuan dan oles pada area gusi yang bernanah, bengkak dan terasa sakit secara teratur.

  1. Menggunakan Bayam Duri

Tanaman satu ini pun tak ketinggalan mampu memberikan kesembuhan pada gusi, jadi siapkanlah secukupnya untuk diramu. Tanaman ini bisa dibakar memakai alas dari genteng. Sesudah itu, tumbuklah sampai halus dan pakailah ramuan herbal ini seperti salep, yakni dengan mengoleskannya ke gusi yang sakit dan bernanah.

  1. Memanfaatkan Bawang Putih

Walau ada efek samping bawang putih, manfaat dari bumbu dapur ini sangatlah besar bahkan dalam mengobati gusi yang bernanah. Cukup ambil jus bawang putih secukupnya yang dicampurkan ke dalam air dan berkumurlah dengan itu sehari 2-3 kali atau tempelkan irisan/parutan bawang putih ke bagian gusi yang bermasalah.

  1. Mengoleskan Minyak Peppermint

Minyak peppermint mengandung antiseptik sehingga sangat pas bila Anda memakainya untuk mengobati gusi bernanah. Cukup oles sambil memijatkan minyak peppermint sedikit ke bagian yang terinfeksi menggunakan jari atau bola kapas sehari 2 kali setiap hari.

  1. Berkumur Air Garam Hangat

Air garam bukan hanya bisa dijadikan obat batuk atau radang tenggorokan, jadi ambil sesendok teh garam lalu campurkan ke segelas air hangat. Campur dengan mengaduknya rata dan kemudian pakai sebagai obat kumur; berkumurlah dengan ramuan sederhana ini sehari 2 kali.

  1. Mengompreskan Kantong Teh Herbal

Bila memiliki kantong teh yang baru saja dipakai menyeduh teh, setelah itu jangan dibuang tapi cobalah untuk menempelkan atau mengompreskannya ke gusi yang bernanah setiap sebelum tidur. Setelah pagi, bersihkan mulut dengan air garam; kafein di dalam kantong teh bersifat analgesik sehingga akan mengurangi nanah dan juga bengkak pada gusi.

  1. Memakai Minyak Oregano

Sama seperti minyak cengkeh dan peppermint, Anda cukup perlu menyediakan minyak oregano secukupnya. Ambil beberapa tetes dan langsung oles saja ke bagian gusi yang sakit dan bernanah. Atau campurkan beberapa tetes tersebut ke dalam ¼ cangkir air untuk dijadikan obat kumur.

  1. Menggunakan Cuka Sari Apel

Ambil bola kapas bersih lalu celupkanlah ke cuka sari apel organik yang sudah Anda persiapkan. Kemudian kompreskan pada area gusi yang bernanah dan tinggalkan selama beberapa menit. Setelah itu kapas bisa diangkat dan kumurlah dengan air biasa untuk membersihkan bagian dalam mulut.

  1. Berkumur Lemon dan Air Hangat

Ambil perasan air lemon seperlunya saja dan campurkan bersama air putih sebanyak ½ gelas dan pastikan air putih tersebut dalam keadaan hangat. Campurkan dan kalau sudah, ramuan bisa digunakan untuk berkumur. Sebaiknya lakukan sehari 2 kali supaya gusi cepat membaik.

  1. Mengoleskan Minyak Zaitun

Ada banyak manfaat minyak zaitun yang bisa Anda peroleh dan untuk menyembuhkan gusi bernanah, silakan pakai bola kapas yang dicelupkan ke dalam minyak zaitun dan kemudian tempelkan ke bagian gusi yang bernanah. Boleh juga mengambil sesendok makan minyak zaitun dan masukkan ke dalam mulut untuk kemudian didesirkan sebelum dibuang.

  1. Menggunakan Kentang

Ambil irisan kentang mentah yang kemudian bisa dikompreskan pada bagian gusi yang bernanah, bengkak dan terasa sakit setiap sebelum tidur di malam hari. Tinggalkan semalaman dan esok paginya bisa Anda bersihkan dengan berkumur air putih biasa.

  1. Memakai Hidrogen Peroksida

Cukup ambil sesendok makan air hangat beserta 2 sendok teh hidrogen peroksida di mana keduanya bisa dicampurkan. Pakailah larutan ini untuk didesirkan di dalam mulut dan kenakan di bagian gusi yang bernanah (bukan dikumurkan), lalu setelah itu buang dan jangan ditelan. Lakukan cara ini seminggu 3 kali dan lihat perkembangannya.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Ketika gusi mengeluarkan nanah dan juga mengalami pembengkakan, otomatis ada penurunan kadar air liur di dalam mulut. Jadi supaya air liur bisa tetap banyak, minumlah air putih sering-sering dalam sehari. Selain menghindari bahaya dehidrasi, minum banyak air putih bertujuan untuk membersihkan bakteri penyebab infeksi yang membuat gusi bernanah dan bengkak.

  1. Memakai Pasta Kunyit

Ambil sesendok teh bubuk kunyit yang kemudian bisa dicampurkan bersama air sedikit supaya terbentuk pasta kunyit. Sesudah selesai menggosok gigi, pasta bisa dioles ke gusi yang bermasalah dan biarkan 15 menit lamanya. Setelah 15 menit, barulah Anda boleh berkumur menggunakan air hangat.

  1. Rajin Menyikat Gigi

Hal penting yang tak boleh dilewatkan adalah rajin menyikat gigi sehari 2-3 kali agar bisa meminimalisir perkembangan bakteri penyebab infeksi dan nanah serta bengkak di dalam mulut. Supaya tidak sakit gigi dan gusi, sikatlah gigi secara rutin karena kebersihan gigi perlu tetap dijaga dengan baik.

 

Image result for Nanah pada Gusi