Cara Mengobati Infeksi Ginjal Alami

Cara Mengobati Infeksi Ginjal Alami

Infeksi ginjal atau pielonefritis terjadi karena berpindahnya bakteri dari kandung kemih ke ginjal, yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri.

Infeksi ginjal biasanya merupakan komplikasi dari infeksi saluran kemih. Bakteri akan memasuki tubuh manusia melalui kulit yang berada di sekitar uretra, lalu berpindah dari uretra menuju kandung kemih, sebelum akhirnya menginfeksi ginjal. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Mengobati Infeksi Ginjal Alami :

  1. Menggunakan Garam Epsom

Ketika buang air kecil disertai dengan rasa nyeri sebagai salah satu juga gejala dari gangguan ginjal, maka garam Epsom dapat digunakan sebagai pereda rasa sakit secara alami. Tuangkan secangkir garam Epsom ini ke dalam bathtub atau air mandi Anda yang masih hangat, tinggalkan dulu 20 menit sebelum Anda kemudian bisa berendam di sana selama beberapa menit.

  1. Memakai Bawang Putih

Meski beberapa orang tak suka bawang putih atau khawatir denganefek samping bawang putih pada penggunaannya, banyak manfaat yang bisa didapat dari bumbu dapur satu ini, seperti untuk pengobatan infeksi ginjal. Tambahkan saja pada masakan atau makanan Anda sesering mungkin atau langsung menelan sedikit-sedikit potongan sesiung bawang putih sebelum sarapan setiap pagi dengan bantuan air putih (menelannya seperti saat minum obat).

  1. Minum Banyak Air Putih

Baik itu masalah batu ginjal ataupun infeksi ginjal, rupanya meminum banyak air putih menjadi salah satu solusi alami yang paling sederhana. Mengonsumsi seharinya 10 gelas air putih adalah suatu cara untuk menghindarkan Anda dari dehidrasi sekaligus membuang dari dalam tubuh segala toksin yang bersarang di ginjal.

  1. Minum Jus Cranberry

Infeksi ginjal pun ternyata bisa diatasi dengan meminum jus cranberry, tapi tentunya tidak dengan takaran yang besar maupun secara jangka panjang sebab berefek samping berbahaya. Anda bisa mengonsumsi jus cranberry setiap pagi 1 gelas tanpa diberi pemanis tambahan apapun. Hanya saja, tak dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jangka waktu lama, jadi cukup 1-2 minggu.

  1. Minum Jus Seledri

Kandungan tembaga, riboflavin, thiamin, kalium, vitamin B, vitamin A dan vitamin C pada seledri sangat besar sehingga bisa diandalkan untuk menjadi pembersih ginjal sekaligus mengatasi masalah infeksi ginjal. Cukup sediakan beberapa lembar daun seledri, rebus di dalam 200-250 ml air yang kemudian setelahnya Anda saring untuk bisa diminum airnya selagi hangat; lakukan seminggu beberapa kali saja.

  1. Memanfaatkan Baking Soda

Baking soda pun bisa dijadikan bahan yang cukup aman dalam mengobati infeksi ginjal sebab keefektifannya dalam  memperbaiki dan menormalkan kadar bikarbonat pada ginjal sudah terbukti baik. Jadi, larutkan sesendok makan baking soda ke dalam air sebanyak 200-250 ml dan minumlah setiap hari untuk hasil pengobatan bisa maksimal.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Untuk infeksi ginjal, pengobatan alami lain yang bisa diandalkan adalah cuka apel sekaligus madu murni. Cukup campurkan sesendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan madu yang bisa Anda konsumsi 1-2 kali dalam sehari dan lakukan metode perawatan ini setiap hari supaya infeksi lekas sembuh.

  1. Minum Teh Herbal

Teh herbal apapun bisa Anda coba buat di rumah dan konsumsi rutin untuk mengatasi masalah infeksi ginjal, mulai dari teh kamomil yang biasanya diminum sebagai cara mengatasi stres, hingga teh seledri dan teh marshmellow. Bahkan Anda boleh mengombinasikan lebih dari 2 bahan untuk membuat teh herbal ala Anda sendiri untuk dikonsumsi sehari 2 kali sampai infeksi ginjal sembuh.

  1. Jus Lemon

Selain menjadi jus untuk anak susah makan yang sehat, jus lemon pun berguna dalam menyembuhkan infeksi ginjal karena lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi. Lemon pun merupakan buah yang kaya akan antioksidan sehingga meminum 1 gelas jus lemon setiap hari tanpa tambahan gula mampu mengatasi radikal bebas yang salah satunya menyebabkan ginjal bermasalah.

  1. Memakai Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit bukanlah satu-satunya yang luar biasa, melainkan khasiatnya dalam mengobati infeksi ginjal pun tak diragukan lagi. Konsumsilah jus lidah buaya sehari 2 kali setiap hari untuk membuang berbagai macam toksin dari ginjal. Tak hanya bisa dijadikan jus, lidah buaya bagian daging dan gelnya bisa ditambahkan pada makanan seperti kue.

  1. Menggunakan Jahe

Gingerol ada di dalam jahe sehingga memang menawarkan efek antiradang yang baik untuk mengobati masalah ginjal, khususnya infeksi ginjal karena bakteri. Cukup buat secangkir teh jahe yang bisa diminum setiap hari dan konsumsi untuk melawan bakteri-bakteri penyebab infeksi pada ginjal secara efektif.

  1. Memakai Kunyit

Untuk masa penyembuhan gejala infeksi ginjal lebih cepat, kunyit dengan kandungan kurkumin yang membawa sifat antibakteri bisa juga diandalkan. Mencampurkan ¼ atau ½ sendok makan bubuk kunyit pada setiap makanan yang Anda santap atau juga mengonsumsi suplemen kunyit akan mampu melawan bakteri penyebab infeksi ginjal; namun konsultasikan dulu dengan dokter tentang dosis suplemen yang benar.

  1. Mengonsumsi Makanan Berprobiotik

Diet probiotik tinggi adalah salah satu cara ampuh mengobati infeksi di bagian ginjal. Mengonsumsi kefir, yogurt dan tahu bisa dilakukan secara rutin. Tujuannya adalah supaya bakteri berbahaya terhambat pertumbuhannya di dalam ginjal sehingga yang ada hanya perkembangan bakteri baik dari makanan-makanan yang Anda asup ini.

  1. Membatasi Asupan Makanan dan Minuman Tertentu

Sebagai bagian dari pengobatan alami, diet probiotik bukanlah satu-satunya, melainkan juga penderita perlu membatasi coklat, kue, dan biskuit supaya tak memperparah kondisi infeksi ginjal. Selain itu, minuman ringan (soft drinks) serta alkohol juga perlu Anda hindari sampai benar-benar sembuh dulu.

  1. Sering Buang Air Kecil

Ketika Anda memiliki infeksi ginjal dan Anda diminta untuk minum banyak air putih, otomatis sebagai efeknya Anda akan sering buang air kecil. Keluarkan saja urine tersebut dan jangan sekali-kali menahan kencing karena buang air kecil pada dasarnya adalah cara membuang segala bentuk virus, efek radikal bebas dan juga bakteri berbahaya dari dalam tubuh.

 

Image result for Cara Mengobati Infeksi Ginjal Alami