Cara Mengobati Eksim Basah

Cara Mengobati Eksim Basah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Manfaat Gula Siwalan Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Duwet Untuk Ibu Hamil , Manfaat Lidah Buaya , Cara Mengobati Ambeien Secara Alami , Manfaat Kafein Untuk Kesehatan , Bahaya Narkoba Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Penyebab Darah Kental , Khasiat Daging Marmut Bagi Kesehatan , Efek Samping Bawang Putih , Cara Menghilangkan Batuk Berdahak , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Tradisional Wasir Berdarah , Pertolongan Pertama Terkena Knalpot , Pertolongan Pertama Serangan Stroke , Cara Menghilangkan Kapalan Di Kaki , Makanan Penyebab Asam Lambung Naik , Mengobati HIV AIDS Secara Tradisional , Khasiat Kapulaga Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Eksim Basah , Cara Mengobati Kutil

Cara Mengobati Eksim Basah

Apa itu eksim basah? Eksim dikenal dengan istilah medis eczema, namun saat ini istilah dermatitis lebih sering digunakan dalam dunia medis. Dermatitis atau eksim sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Istilah eksim basah dan eksim kering pada dasarnya merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat awam. Kedua istilah ini digunakan untuk menggambarkan dua eksim yang berbeda dilihat dari gejalanya. Jika merujuk pada namanya, eksim kering merupakan peradangan kulit yang kondisinya kering. Eksim kering sering kali merujuk pada dermatitis atopik.

Sedangkan eksim basah bisa diartikan sebagai peradangan pada kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang ditandai dengan ruam merah pada kulit yang terlihat basah atau berair. Nah berikut ini kami mempunyai Cara Mengobati Eksim Basah :

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat eksim tradisional yang juga banyak digunakan untuk mengobati jenis penyakit kulit lainnya. Kunyit memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat mengurangi peradangan yang ditimbulkan oleh eksim basah. Cara melakukannya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan parutan kunyit atau kunyit bubuk lalu dioleskan pada kulit yang mengalami eksim. Sebelum dioleskan, pastikan kulit yang mengalami eksim dan area disekitarnya dibersihkan terlebih dahulu. Setelah dioleskan, biarkan hingga mengering lalu bersihkan dengan hati-hati. Lakukan atau ulangi cara ini hingga kelihatan hasilnya.

2. Minyak Zaitun

Selain kunyit, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai cara mengobati eksim basah secara alami yang juga terbukti ampuh. Selain ampuh, minyak zaitun juga mudah diperoleh karena banyak dijual di supermarket. Cara mengobati eksim basah dengan minyak zaitun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit yang mengalami eksim basah lalu biarkan selama beberapa jam. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari hingga eksim basah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan

3. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata juga ampuh sebagai cara mengobati eksim basah yang efektif. Bawang putih mengandung bahan alami yang dapat mengurangi peradangan atau infeksi pada eksim basah. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang putih lalu tempelkan pada bagian kulit yang mengalami eksim basah.

Biarkan hingga mengering lalu bersihkan secara hati-hati. Perlu diingat bahwa mengobati eksim basah dengan bawang putih akan menimbulkan sensasi panas dan perih yang bagi sebagian orang tidak tertahankan. Jika tidak tahan dengan sensasinya, sebaiknya gunakan cara lain yang lebih ringan.

4. Lidah Buaya

Cara mengobati eksim basah selanjutnya yaitu dengan lidah buaya. Sudah sejak dulu lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk mengobati eksim. Cara mengobati eksim dengan lidah buaya yaitu dengan memanfaatkan gelnya. Gel lidah buaya memiliki kandungan yang berkhasiat sebagai anti-bakteri dan anti-inflasi yang juga dapat melembabkan kulit. Oleskan gel lidah buaya pada eksim basah, lalu diamkan selama beberapa jam kemudian bersihkan dengan hati-hati. Lakukan cara ini hingga kulit sembuh dari eksim basah.

5. Air Lemon/Jeruk Nipis

Air lemon/jeruk nipis dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati eksim basah secara alami. Kandungan vitamin C dan anti-oksidan dari buah lemon dan jeruk nipis dapat membantu menyembuhkan eksim basah di kulit. Caranya yaitu cukup dengan mengonsumsi air perasan lemon atau jeruk nipis secara rutin setiap hari.

Hasilnya akan cepat terasa, seperti rasa gatal dan perih yang diakibatkan oleh eksim akan cepat berkurang, bahkan sembuh. Tidak hanya menyembuhkan eksim, mengonsumsi jeruk nipis dan lemon secara rutin setiap hari juga dapat membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari penyakit flu dan sejenisnya.

6. Daun Sirih

Cara mengobati eksim basah secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih memiliki kandungan alami yang dapat menyembuhkan peradangan pada kulit. Cara melakukannya yaitu dengan menumbuk halus daun sirih lalu oleskan pada kulit yang mengalami eksim basah. Biarkan hingga beberapa jam lalu cuci hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, ulangi cara yang sama 2-3 kali sehari hingga eksim basah mengering dan sembuh. Namun yang perlu diperhatikan adalah daun sirih dapat menimbulkan sensasi perih.

7. Cuka Apel

Cuka apel dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati eksim basah maupun eksim kering. Kandungan cuka apel diyakini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit eksim. Cara mengatasi eksim dengan cuka apel yaitu dengan mengoleskannya pada kulit yang mengalami eksim. Namun yang perlu diperhatikan yaitu, cuka apel dapat menimbulkan sensasi perih pada eksim basah. Jika tidak tahan dengan sensasinya, sebaiknya dihentikan atau jangan lakukan sama sekali.

8. Mandi dengan Sabun Anti-Septik

Cara mengobati eksim basah yang terakhir yaitu mandi dengan menggunakan sabun anti-septik. Cara ini dianggap ampuh dan digunakan oleh banyak orang untuk membantu menyembuhkan penyakit eksim. Memang hasilnya tidak langsung terlihat, namun jika sabar maka akan kelihatan hasilnya. Sabun anti-septik dapat membunuh bakteri dan kuman yang masih menempel pada eksim sehingga dapat mengurangi peradangan atau infeksi yang disebabkannya.

Itulah tadi 8 cara mengobati eksim basah secara alami yang juga dilengkapi dengan penjelasan singkat mengenai penyebab dan gejala eksim basah. Yang perlu diperhatikan jika ingin sembuh dari penyakit eksim yaitu dengan  menghindari hal-hal yang menjadi pemicunya dan melakukan perawatan atau pengobatan secara rutin sampai kelihatan hasilnya.