Categories
Tentang Pengobatan Tentang Penyakit

Cara Mengobati Campak

Cara Mengobati Campak

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah
Cara Mengobati Campak

Campak merupakan salah satu penyakit yang menular dan sangat mudah untuk meyerang terutama pada balita yang tanpa imunisasi, anak-anak yang kekurangan gizi dan ini juga dapat menyerang orang dewasa yang kekebalan tubuhnya sangat rendah atau tidak stabil.

Camapak (rubeola/maesles) yang di sebabkan oleh paramixo virus yang dapat menular dari percikan ludah, atau cairan yang keluar dari luka, masa inkubator virus ini selama 10-14 hari sebelum datang gejala dan jika sudah timbul maka akan ada seperti bercak-bercak merah yang berisi darah, air dan nanah.

Namun kali ini akan di ulas gejala campak secara umum.

Gejala campak

  1. Sensitif dengan cahaya

Ketika seorang sedang terkena campak, biasanya mata yang digunakan untuk melihat ini akan lebih merasa sensitif ketika terkena cahaya, jadi mata merasa silau ketika melihat cahaya, meskipun cahaya itu sangat kecil, yang biasanya mata tidak silau dengan cahaya dan tiba-tiba menjadi silau pada cahaya, maka hal itulah yang menjadi gejala pada campak

  1. Mata memerah

Selain mata sensitif dengan cahaya, ketika seorang mengalami campak, maka mata akan menjadi berwarna lebih merah, mata merah ini ternyata disebabkan karena mata tidak dapat berfungsi dengan normal, salah satu tandanya adalah sangat sensitif pada cahaya seperti yang telah dijelaskan pada point pertama tadi.

  1. Pilek dan radang tenggorokan

Gejala lain yang ditimbulkan pada campak adalah radang pada tenggorokan, biasanya campak ini membuah kondisi metabolisme pada tubuh menjadi tidak stabil, kondisi tubuh akan berubah menjadi tidak sehat, sehingga virus yang masuk pada tubuh sedikit saja akan membuat tubuh merasa sakit. Sakit yang paling sering terjadi adalah pilek dan juga batuk. Terkadang radang tenggorokan ini menyebabkan penderita menjadi lemas dan sangat lemas. Untuk mengatasi hal itu perlu juga obat radang tenggorokanuntuk mengobati radang tenggorokan itu sehingga campak juga akan mudah hilang.

  1. Demam

Tak hanya batuk dan pilek yang dirasakan, tetapi tanda-tanda yang lain adalah demam, bahkan demam yang dirasakan bisa sangat tinggi, terkadang campak merupakan penyebab demam tinggi  dan terkadang demam menjadi salah satu pertanda yang paling sering terjadi pada saat gejala suatu penyakit yang akan timbul. Untuk mengatasi demam ini sangat perlu dikonsumsi seperti makanan untuk orang demam.

  1. Terdapat bercak pada mulut dan tenggorokan

Bercak pada mulut ini menandakan bahwa mulut tidak sehat, bercak ini menjadi ciri dari penyakit campak yang mudah diketahui.

Gejala campak yang ditimbulkan itu sebaiknya diperhatikan dengan baik, dan ketika gejala itu sudah mulai muncul segeralah cari pengobatannya. Agar campak yang diderita ini tidak terlalu menjadi campak yang parah dan penderita campak ini tidak akan menderita campak dalam waktu yang lama.

Pengobatan pada campak

  1. Banyak konsumsi air putih

Air putih dipercaya mampu untuk meredakan segala macam penyakit bahkan air putih dapat digunakan untuk cara diet air putih. Untuk diet air putih memang lebih cocok dan lebih aman dibanding dengan bahan-bahan kimia. Oleh karena itu air putih memang sangat bagus untuk meredakan segala macam penyakit terutama pada campak.

Karena gejala campak salah satunya aalah demam. Dan demam biasanya diredakan dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Namun satu hal yang tidak boleh lepas untuk diperhatikan adalah tidak boleh terllau banyak mengkonsumsi air putih, air putih harus dikonsumsi sesuai dengan porsinya karena bahaya akibat terllau banyak minum air putih atau akibat kelebihan air putih dalam tubuh ini juga akan menimbulkan masalah baru lagi.

  1. Hindari matahari

Pada saat campak, salah satu cara pengobatannya adalah menghindari matahari, menghindari matahari ii dimaksudkan untuk menghilangkan dan mencegah rasa sakit karena terkena pancaran sinar matahari itu. Pada saat terkena campak mata aakan lebih sensitif, oleh karena itu harus banyak-banyak mengkonsumsi vitamin a agar mata dapat segera sehat kembali.

  1. Perbanyak istirahat

Untuk memperbaiki metabolisme tubuh, maka perbanyak istirahat itu perlu, karena dengan memperbanyak istirahat ini akan memberi kesempatan untuk tubuh mengolah kembali metabolisme sehingga metabolisme tubuh akan lebih cepat untuk membantu penyembuhan pada penderita campak. Baik itu penyembuhan pada panas maupun rasa sakit yang lain, seperti tenggorokan, batuk, pilek dan lain sebagainya.

  1. Konsumsi obat penurun demam

Biasanya untuk mengatasi campak salah satunya adalah mengkonsumsi obat penurun demam. Obat penurun demam ini digunakan untuk menurunkan panas yang dirasakan oleh penderita agar tidak terlalu merasa kesakitan sehingga akan lebih mudah untuk disembuhkan nantinya.

  1. Lakukan kompres

Salah satu cara yang lain untuk menurunkan demam adalah dengan di kompres, dengan menggunakan kompres panasdapat lebih reda dan dapat turun ketika panas pada penderita campak sudah turun maka campak akan lebih mudah hilang dan juga lebih mudah di obati.

  1. Konsumsi obat pereda nyeri

Ketika penrita campak ini terkena campak maka penderita akan lebih sering merasakan nyeri. Entah itu nyeri d mata ataupun dibagian yang lain seperti tangan, kaki dan tubuh. Rasa nyeri ini diakibatkan karena kondisi tubuh yang down. Sehingga tidak dapat mengontrol fungsi tubuh dengan baik.

  1. Banyak makan

Biasanya orang yangsedang sakit akan cenderung tidak mau makan, padahal seharusnya orang yang sakit ini banyak makan, meskipun nafsu makannya berkurang. Karena dengan banyak makan akan dapat membantu mempercepat pemulihan pada penyakit campak itu.

  1. Konsumsi banyak buah

Buah-buahan tidak hanya mengandung vitamin saja, tetapi ada pula buah-buahan yang mengandung mineral. Buah-buahan ini tentu akan membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Pada dasarnya buah-buahan dapat digunakan untuk berbagai macam obat, seperti sembelit, mata, kulit dan lain sebagainya

  1. Biji nangka

Biji buah mangka dapat digunakan untuk menghilangkan campak, cara memanfaatkan biji nangka ini dengan merebus biji nangka sampai air yang digunakan untuk merebus biji nangka itu mendidih, setelah mendidih air bekas rebusan biji buah nangka itu digunakan untuk mengatasi penyakit campak. Meskipun buah nangka merupakan salah satu dari  buah beracun yang mematikan namun dengan pengolahan yang bagus buah nangka akan memberikan manfaat yang bagus pula, sejatinya setiap makanan pasti memiliki efek samping begitu pula dengan buah nangka, buah nangka tetap saja memiliki efek samping buah nagka terutama bagi kesehatan.

  1. Kunyit dan daun asam muda

Kunyit ini digunakan sebagai obat luar, yaitu sebagai olesan untuk campak yang muncul. Caranya pun sangat mudah dengan memanfaatkan daun asam muda dan kunyit yang sudah ditumbuk sampai halus. Setelah itu dapat dioleskan keseluruh bagian tubuh yang terkena campak.

  1. Singkong

Khasiat daun singkong bagi kesehatan  salah satunya adalah untuk campak. Ubi singkong  juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati campak dengan menggunakan ubi singkong menjadi bedak. Bedak ubi singkong ini diambil dari sari ubi singkong itu.

  1. Buah jeruk

Buah jeruk diperkaya dengan vitamin C yang mampu membantu meregenarasi kulit untuk kembali bersih lagi, oleh karena itulah buah jeruk dapat digunakan untuk mengobati campak.

  1. Kelapa hijau

Kelapa hijau, terutama pada air kelapa hijau ini memiliki banyak khasiat untuk menyehatkan tubuh. Oleh karena itu air kelapa hijau ini mampu untuk menyembuhkan campak seeiring dengan berjalannya waktu

  1. Daun jarak

Daun jarak ini digunakan dengan cara menggunakan daun jarak untuk mandi. Daun jarak memiliki zat aktif yang dapat membantu mempercepat pengeringan luka pada campak. Bahkan tidak hanya campak saja daun jarak biasa digunakan sebagai cara menghilangkan cacar air dengan cepat dan juga dapat digunakan pula sebagai cara menghilangkan panu di wajah. Jadi daun sirsak memang sangat baik digunakanuntuk pengobatan pada kulit.

  1. Terong

Pada sayur terong ini ternyata terdapat antioksdan yang tinggi. Bahkan tidak hanya anti oksidan saja tetapi juga terdapat seng dan vitamin c yang cukup sehingga dapat membantu menambahkan imun tubuh dan juga mempercepat penyembuhan luka pada penderita.