Categories
Tentang Pengobatan

Cara Mengobati Bisul Bernanah

Cara Mengobati Bisul Bernanah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Manfaat Kulit Telur Untuk Tanaman , Manfaat Rebusan Pare Untuk Kesehatan , Manfaat Daun Cecendet , Manfaat Salak Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Talok Bagi Kesehatan , Khasiat Jamu Gepyokan Bagi Kesehatan , Khasiat Kulit Kerbau Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Rahim Bengkak , Resiko Dan Manfaat Meminum Kopi Hijau , Mengobati Hepatitis Dengan Alami , Cara Alami Mengobati Busung Lapar , Obat Tradisional Radang Usus , Cara Menyembuhkan Diare Pada Anak , Cara Mengobati Radang Mata , Cara Mengobati Bisul Bernanah , Obat Tradisional Demam Menggigil , Cara Menghilangkan Nyeri Haid , Obat Tradisional Batu Empedu , Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis
Cara Mengobati Bisul Bernanah

Memiliki bisul tentu sangat menganggu setiap aktivitas dan kegiatan Anda. Bahkan pada beberapa orang yang memiliki masalah bisul yang serius dapat mencetuskan demam, perasaan tidak enak badan dan malas untuk beraktivitas. Bisul atau abses merupakan benjolan merah pada kulit yang berisi nanah.  Bisul terjadi ketika terdapat infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada folikel kulit atau pori pori tempat bertumbuhnya rambut pada kulit. Bisul dapat pula terbentuk pada luka terbuka maupun luka gores yang tidak mendapat perawatan dengan baik. Nyeri dan rasa tebal pada kulit biasanya akan mengiringi munculnya penyakit ini.  Proses terjadinya bisul berawal dari benjolan merah yang lunak pada kulit yang lama kelamaan menjadi lebih keras. Kemudian dari tengah benjolan tersebut akan muncul puncak yang berwarna putih yang berisi nanah dan akan memecah dengan sendirinya. Tidak jarang pula tidak akan nampak puncak keputihan tersebut, dan nanah harus dikeluarkan melalui operasi kecil. Bisul dapat terjadi di mana saja, pada seluruh tubuh manusia. Kasus tersering lokasi tempat terjadinya bisul adalah lokasi yang luput dari proses pembersihan tubuh ketika mandi.Yakni pada sela jari kaki dan tangan, punggung dan pantat bahkan ketiak atau lipatan lengan bagian dalam. Penyakit bisul dapat menular melalui cairan tubuh. Sehingga selalu menjaga kebersihan dan tidak bergantian dalam menggunakan handuk maupun pakaian merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan bisul. Nah berikut ini kami akan memberikan anda Cara Mengobati Bisul Bernanah  :

Sejak dahulu, nenek moyang kita telah mempersiapkan berbagai obat infeksi kulit luar dan dalam. Salah satunya untuk mengatasi infeksi bisul yang muncul di kulit ataupun dalam tubuh. Disini dijelaskan cara mengobati bisul bernanah dengan ramuan yang terbuat dari berbagai jenis tanaman herba. Efek samping yang ditimbulkan kecil jika digunakan dengan dosis yang tepat. Salah satunya menggunakan racikan bunga tanaman Kembang Telang.
Kembang telang masih banyak ditemukan di nusantara, tanaman berbunga biru yang terkadang dijadikan pagar. Tanaman ini juga sering disebut dengan nama daerah Bunga biru, Kembang teleng, bunga talang atau Bisi. Nama latin kembang telang disebut Clitoria Ternatea L, diluar negeri lebih dikenal dengan nama Asian pigeonwings. Bluebellvine, Blue pea, Butterfly pea, cordofan pea ataupun Darwin pea.
Untuk mengobati infeksi bisul luar dan dalam tubuh, cara mengobati bisul yang bernanah dapat meracik ramuan sebagai berikut:
  1. Ambil bunga berwarna biru yang masih segar, kemudian dicuci bersih.
  2. Bunga ditumbuk halus dan ditambahkan gula jawa secukupnya.
  3. Pasta ini dioleskan hingga menutupi bisul.
Cara mengobati bisul bernanah menggunakan kembang telang berwarna putih:
  1. Ambil kembang telang putih secukupnya, kemudian dicuci bersih.
  2. Rebus kembang kedalam 3 gelas air hingga menjadi segelas air.
  3. Minum air rebusan kembang telang putih untuk pencuci darah.
  4. Kemudian, ambil setengah genggam daun kembang telang putih dan dicuci bersih.
  5. Kembang ini digiling halus dan tambahkan garam secukupnya, kemudian oleskan hingga menutupi permukaan bisul.
Kedua ramuan diatas juga termasuk cara mengobati bisul yang sudah pecah agar cepat kering. Juga bisul bernanah terus, bisul sudah pecah tapi masih bengkak di ketiak, leher dan kemaluan.
Dalam pengobatan tradisional Ayurveda, kembang telang dianggap berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat. Juga dapat digunakan untuk antistress, anxiolytic, antidepresan, antikonvulsan, penenang, dan sedatif. Bahkan di Tiongkok, kembang telang dianggap sangat ampuh untuk mempengaruhi libido wanita karena bentuk bunga mirip dengan organ reproduksi wanita. Adapun senyawa kimia yang terkandung didalam kembang telang diantaranya adalah Triterpenoid, flavonol glikosida, anthocyanin dan steroid.