Categories
Tentang Pengobatan

Cara Mengobati Batuk Berdahak

Cara Mengobati Batuk Berdahak

Mengalami batuk berdahak memang sangat mengganggu. Dada terasa sesak, tenggorokan gatal, bahkan terkadang sampai membuat suara serak. Ketimbang buru-buru minum obat, sebaiknya coba atasi dulu dengan obat batuk berdahak alami yang mungkin sudah tersedia di rumah. Apa saja itu?

Batuk adalah cara alami tubuh untuk membersihkan jalan pernapasan. Jika udara yang Anda hirup kotor atau ada zat asing yang mengganggu pernapasan, maka batuk akan terjadi. Dengan begitu, zat asing tersebut menyingkir dan keluar dari tubuh.

Zat asing yang biasanya mengganggu jalan pernapasan adalah lendir, yaitu cairan licin berserat. Lendir yang menumpuk di tenggorokan atau melapisi saluran pernapasan, seperti paru sering kali menyebabkan batuk berdahak.

Sebenarnya, lendir diproduksi oleh banyak jaringan lapisan di dalam tubuh, seperti sinus, paru, mulut, tenggorokan. dan saluran pencernaan. Gunanya untuk menjaga kelembapan organ-organ penting, menangkap zat iritan, seperti debu, asap, atau bakteri. Itulah sebabnya lendir mengandung antibodi dan enzim pembunuh bakteri yang membantu melawan infeksi.

Setiap hari, tubuh Anda memproduksi 1 hingga 1,5 liter lendir. Namun, jumlahnya bisa saja lebih dari itu karena berbagai faktor sehingga menyebabkan hidung meler dan batuk berdahak.

Kenapa disebut batuk berdahak bukan batuk berlendir? Bukankah yang keluar saat batuk adalah lendir? Dahak memang lendir. Istilah ini sebenarnya merujuk pada lendir yang diproduksi oleh sistem pernapasan yang biasanya keluar ketika seseorang batuk. Itulah kenapa batuk yang mengeluarkan lendir disebut batuk berdahak.

Meski tidak berbahaya, bila jumlah lendir yang cukup banyak, saluran pernapasan bisa tersumbat. Untuk mengatasinya, Anda perlu minum obat batuk berdahak yang diresepkan dokter, maupun obat batuk berdahak alami. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Mengobati Batuk Berdahak :

1. Teh Jahe

Siapa yang tidak suka dengan teh. Masyarakat di Indonesia memiliki kebiasan untuk mengkonsumsi teh setiap pagi atau setiap malam. Tidak hanya di Indonesia saja yang masyarakatnya memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi teh. Di Jepang sendiri memilii kebiasaan untuk mengkonsumsi teh dan dijadikan tradisi. Teh ini memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Untuk mengatasi batuk berdahak anda bisa mengkonsumsi teh yang dicampurkan dengan jahe.

Cara pembuatan minuman nii pun saagt mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil satu buah rimpang jahe dengan ukuran sedang, cuci sampai bersih
  • Sangrai atau bakar jahe tersebut samai harum.
  • Setelah itu geprek jahe yangtelah dibakar tersebut.
  • Setelah dibakar, masukkan ke dalm cangkir.
  • Masukkan teh dan gula jika suka, kemudian anda bisa menyeduhnya menggunakan air panas.
  • Hirup aroma teh jahe itu selama 3 menit, setelah air berubah menjadi hagat anda bisa meminum teh jahe itu. Anda bisa mengkonsumsi teh jahe itu setiap pagi dan sebelum tidur.
  • Rutin mengkonsumsi teh jahe bisa melegakan tenggorokan anda, saat tenggorokan lega maka batuk berdahak bisa lebih membaik dibandingkan sebelumnya.

2. Belimbing Wuluh

Cara menghilangkan batuk berdahak lainnya adalah dengan menggunakan beimbing wuluh. Semua orang pasti tahu seperti apa belimbing wuluh itu. Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Selain bisa meningkatkan sistem imun, belimbing wuluh ini pun bisa berguna untuk mengobati batuk berdahak ang membandel. Yang digunakan untuk mengatasi batuk berdahak adaah bagian bunga belimbing wuluh. Cara mengatasi batuk berdahak menggunakan bunga belimbing wuluh adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil satu genggam bunga belimbing wuluh.
  • Campurkanlah beberapa genggam belimbing wuluh menggunakan beberapa butir adas.
  • Setelah ditambahkan dengan butir adas, anda bisa menambahkan gula dan secangkir air hangat.
  • Tiriskanlah sampai air berubah menjadi hangat.
  • Setelah itu minumlah ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari. Mengkonsumsi ramuan itu secara rutin bisa digunakan untuk meringankan batuk berdahak yang dialami.

3. Jeruk Nipis

Selama ini jeruk nipis dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengobati sariawan dan tentunya jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Batuk berdahak akan terasa sangat menganggu sebab tenggorokan akan terasa sakit dan gatal selain itu suara bisa menjadi serak. Jeruk nipis merupakan obat tradisional yang bisa dengan mudah dijumpai dan mudah dibuat. Cara mengobati batuk berdahak menggunakan jeruk nipis adalah sebagai berikut ini :

  • Cara 1. Ambil satu buah jeruk nipis, kemudian belah menjadi dua bagian. Peras jeruk nipis tersebut kemudian tampung airnya di cangkir. Tambahkanlah madu sebanyak 3 sendok makan. Setelah itu ditambahkan dengan air sebanyak 5 sendok makan. Aduk agar semua bahan-bahan tercamur secara merata. Saat semua bahan tercampur secara merata anda bisa mentimnya selama 30 menit. Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari dengan takaran masing-masing satu sendo makan.
  • Cara 2. Cara mengobati batuk berdahak menggunakan jeruk nipis yang kedua lebih mudah dibandingkan dengan cara pertama. Anda bisa memeras jeruk nipis dan menampugnya ke dalam sendok, setelah ditampung menggunakan sendok anda bisa mencampurkan beberapa tetes kecap ke dalam air jeruk nipis tersebut. Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Kunyit

Siapa yang tidak kenal kunyit, kunyit merupakan salah satu tanaman obat keluarga yang berkhasiat untuk megatasi berbagai macam masalah kesehatan. Selama  ini kunyit banyak digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung, selain itu kunyit juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri haid yang berlebihan. Untuk mengatai batuk berdahak menggunakan kunyit ini sangat mudah sekali, yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil satu buah rimpang kunyit berukuran sedang.
  • Kupas kunyit kemduian cuci sampai bersih.
  • Parut kunyit kemudian saring air kunyit tersebut.
  • Tambahkan air perasan ke dalam satu sendok makan madu.
  • Setelah tercampur secara sempurna, anda bisa menambahkan campuran kunyit dengan madu itu ke dalam segelas susu.
  • Campur susu tersebut agar tercampur merata dengan kunyit dan madu.
  • Mengkonsumsinya cukup dua kali dalam sehari pagi dan malam hari. Kandungan pada kunyit dipercaya bisa menghilangkan dahak yang ada di dalam tenggorokan. Tanaman obat kunyit pun khasiatnya tidak perlu diragukan lagi.

5. Madu dan Lada Putih

Untuk mengatasi batuk berdahak anda bisa menggunakan ramuan dari madu dengan lada putih. Lada putih atau yang disebut merica selama ini hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja, namun siapa sangka jika lada putih ini bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Cara mengatasi batuk berdahak menggunakan lada putih adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkanlah lada putih sebanyak setengah sendok teh.
  • Campurkanlah lada putih tersebut ke dalam teh yang sudah campurkan dengan madu.
  • Minumlah saat pagi hari dan malam hari secara rutin.
  • Sensasi panas pada lada putih dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi dahak yang ada di tenggorokan sebab lada putih itu bisa mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan anda. Dahak yang encer akan mudah sekali untuk dikeluarkan sehingga dahak yang ada di tenggorokan bisa menjadi berkurang.

6. Daun Asam Muda

Cara mengobati batuk berdahak lainnya adalah dengan menggunakan daun asam muda. Mungkin cara satu ini tidak diketahui oleh banyak orang namun siapa sangka jika mengobati batuk berdahak menggunakan daun asam muda merupakan cara yang efektif dan bisa anda coba. Sayangnya saat ini sulit untuk menemukan pohon asam terutama di kota-kota besar. Jika di pedesaan mungkin pohon asam lebih mudah untuk dijumpai. Cara mengatasi batuk berdahak menggunakan daun asam muda ini adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil daun asam yang masih muda sebanyak setengah genggam.
  • Setelah anda mengambil satu genggam daun asam muda, anda bisa mencampurkannya dengan daun saga manis Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mencampurkannya dengan kayu manis dan gula batu secukupnya.
  • Tambahkan dua gelas air. Rebuslah ramuan tersebut sampai airnya benar-benar mendidih.
  • Saa air mendidih, sisakan air rebusannya menjadi setengah gelas saja.
  • Saring, kemudian tunggu sampai air rebusan berubah menjadi hangat.
  • Saat air sudah berubah hangat, anda bisa mengkonsumsinya sebanyak dua kali dalam sehari agar batuk berdahak anda bisa segera diatasi.

7. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun kemangi selama ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi keringat yang berlebihan dan bisa digunakan untuk mengatqsi bau badan yang menyengat. Daun kemangi ini memiliki bau yang khas dan anda sering menemukan daun kemangi sebagai lalapan. Berikut ini cara mengatasi batuk berdahal menggunakan daun kemangi yang bisa anda lakukan :

  • Siapkan sebanyak dua sampai dengan tiga batang daun kemangi.
  • Campur menggunakan dua gelas air.
  • Rebuslah sampai mendidih, saat direbus anda harus menyisakan air rebusannya menjadi satu gelas.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Anda harus mengkonsumsi air rebusan ini secara teraturt agar batuk berdahak yang anda alami segera hilang.

8. Daun Sirih

Daun sirih merupakan daun yang dikenal di kalangan wanita. Hal itu dikarenakan daun sirih selama ini banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kewanitaan misalnya saja adalah obat gatal di organ intim, obat keputihan karena jamur dan obat bau tidak sedap di organ keputihan wanita. Tidak hanya itu saja, daun sirih pun bisa digunakan sebagai ramuan untuk penghilang bau badan yang efektif. Memang dun sirih ini merupakan daun yang memiliki rasa tidak enak apalagi jika dikonsumsi, namun yang harus diingat disini adalah semua obat itu tidak ada yang enak. Jika mau sembuh harus bersakit-sakit terlebih dahulu baru bersenang-senang kemudian. Berikut ini adalah cara mengatasi batuk berdahak menggunakan daun sirih :

  • Ambil 5 lembar daun sirih yang masih segar.
  • Setelah itu cuci bersih daun sirih tersebut, masukkan ke dalam panci.
  • Setelah itu tambahkan sbenayak tiga gelas air ke dalam panci tersebut.
  • Tambahkan bahan-bahan lainnya, seperti cengkeh, kemukus, kapulaga dan kayu manis.
  • Rebuslah sampai mendidih dan sisakan menjadi setengahnya. Setelah itu anda bisa meminumnya sebanyak tiga kali dlama sehari dengan mengkonsumsi sebanyak satu sendok makan setiap kali minum.
  • Anda harus meminum ramuan itu secara teratur agar batuk berdahak yang anda alami segera menghilang.