Categories
Tentang Pengobatan

Cara Mengobati Anyang Anyangan

Cara Mengobati Anyang Anyangan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Cara Mengobati Anyang Anyangan , Hal Yang Merusak Daya Tahan Tubuh , Bahan Alami Penangkal Flu , Tips Untuk Diet Jantung Sehat , Cara Ampuh Mengobati Bibir Bengkak , Cara Mengatasi Sariawan , Khasiat Minyak Bunga Geranium , Manfaat Minyak Oregano , Obat Demam Alami Paling Manjur , Manfaat Sambal Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan , Khasiat Buah Tomat Untuk Bumil
Cara Mengobati Anyang Anyangan

Bila Anda merasakan nyeri saat buang air kecil, atau urin yang keluar hanya sedikit saja tetapi sering, maka besar kemungkinan Anda sedang mengidap anyang-anyangan. Lantas apa sebenarnya penyebab anyang-anyangan itu? Anyang-anyangan jelas tak bisa disepelekan. Karena bila dibiarkan, maka gangguan buang air kecil ini dapat memicu kerusakan ginjal, yaitu ketika infeksi menjalar ke atas. Untuk mencegahnya, Anda perlu tahu lebih dulu kira-kira apa saja penyebab anyang-anyangan itu. Dalam bahasa medis, anyang-anyangan disebut dengan Polakisuria, yaitu suatu kondisi dimana kandung kemih tidak dapat menampung urin lebih dari 500 ml karena lapisan mukosanya meradang sehingga penderitanya menjadi sering kencing. Air seni yang keluar sedikit-sedikit dan disertai dengan rasa sakit atau terasa panas (disuria). Hal ini paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau dikenal dengan sebutan Infeksi Saluran Kemih (ISK), di samping itu juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya. Lebih lanjut mengenai gejala ISK, simak artikel berikut: 12 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) Dengan mengetahui penyebab anyang-anyangan, maka kita bisa melakukan pengobatan dengan lebih tepat dan mengantisipasi jangan sampai hal itu terjadi lagi. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Mengobati Anyang Anyangan , jadi bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara mengobatinya , maka simaklah ulasan yang akan kami berikan berikut ini :

1. Antibiotik

Jika anyang-anyangan yang Anda alami disebabkan karena infeksi seperti uretritis atau vaginitis, maka minum obat antibiotik adalah pilihan terbaik.

Namun, sebelum minum antibiotik sebagai obat anyang-anyangan, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Obat antibiotik harus ditebus dan diminum sesuai dengan resep dokter.

Sembarangan mengonsumsi antibiotik justru dapat menyebabkan resistensi obat yang memperburuk kondisi Anda.

2. Obat antijamur

Apabila anyang-anyangan Anda disebabkan karena pertumbuhan jamur yang abnormal di vagina atau saluran kencing, maka Anda harus minum obat antijamur. Sama seperti antibiotik, obat anyang-anyangan jenis ini harus digunakan sesuai dengan resep dokter.

Dokter dapat meresepkan obat antijamur dalam bentuk oral, supositoria, maupun krim yang dioleskan langsung ke vagina. Biasanya untuk obat antijamur yang berbentuk krim dan supositoria bisa didapatkan tanpa harus menggunakan resep dokter.

3. Obat pereda nyeri

Selain berbagai obat-obatan yang sudah disebutkan di atas, obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen dapat digunakan sebagai obat anyang-anyangan. Obat analgesik seperti phenazopyridine juga bisa Anda coba untuk membantu mengatasi anyang-anyangan.

Dua jenis obat anyang-anyangan tersebut banyak dijual bebas di apotek tanpa resep dokter, tapi pastikan Anda selalu menggunakan obat sesuai dengan petunjuk pemakaiannya. Jadi, baca dengan teliti petunjuk pemakaian obat yang berada pada kemasan obat tersebut, ya!

Cara mengatasi anyang-anyangan di rumah

Berikut beberapa cara mengatasi anyang-anyangan yang bisa Anda coba di rumah.

1. Berendam dalam air hangat

Salah satu cara mengatasi anyang-anyangan yang paling mudah adalah dengan berendam dalam air hangat. Cara mengatasi anyang-anyangan satu ini diyakani bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman di area organ intim Anda.

2. Banyak minum air

Dalam beberapa kasus, anyang-anyangan justru sering membuat penderitanya kesulitan untuk buang air kecil. Bahkan, kondisi ini juga bisa menyebabkan buang air kecil tidak tuntas. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada bisa perbanyak minum air untuk merangsang Anda buang air kecil.

Selain itu, hindari pula menahan buang air kecil, apalagi dalam waktu yang lama. Sebaiknya, segera ke toilet jika Anda sudah merasakan kebelet untuk buang air kecil.

3. Membersihkan organ intim dengan cara yang benar

Setelah buang air kecil, pastikan Anda selalu membersihkan organ intim dengan cara yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang. Hal ini dilakukan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus (belakang) ke saluran kencing (depan). Bagi wanita, hindari melakukan douching atau membersihkan vagina dengan cara menyemprotkan cairan ke dalam vagina.

Jika berbagai cara yang sudah disebutkan di atas tidak juga membuat kondisi Anda membaik, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter urologi. Dokter urologi mungkin akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik maupun laboratorium untuk memastikan diagnosis dan merencanakan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.