Cara Menghilangkan Panu Di Wajah

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah

Panu (Tinea Versicolor) adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Tanda-tanda munculnya panu adalah timbulnya bercak-bercak putih pada kulit disertai dengan rasa gatal-gatal. Warna bercaknya tidak selalu putih, tapi bisa berwarna coklat, merah, hitam tergantung pada warna kulit penderita. Panu tidak sama dengan jerawat. Jerawat terlihat menonjol, sedangkan panu tidak menonjol mirip seperti kulit pada umumnya. Saat kita berkeringat, maka panu akan terasa gatal.

Malassezia adalah jamur penyebab panu. Jamur ini tidaklah berbahaya dan pada umumnya memang ditemukan pada kulit manusia. Penyakit ini juga tidak menular. Tapi bila Anda terkena panu, dengan berjalannya waktu, bercak-bercak pada kulit akan melebar. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan jamu yang tidak terkendali. Hal ini akan menambah penderitaan karena pada area kulitnya yang terkena panu akan mengalami rasa gatal-gatal yang semakin luas dan menyebabkan kulit terasa kasar seperti bersisik. Nah berikut ini kami akan memberikan anda Cara Menghilangkan Panu Di Wajah  :

  1. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya saja menjadi bumbu dapur namun bawang putih dipercaya untuk kecantikan dan juga kesehatan. Bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan panu dikarenakan bawang putih bersifat antiseptik dan anti bakteri sehingga kuman, jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan panu akan menghilang sedikit demi sedikit. Selain bisa digunakan untuk menghilangkan panu, bawang putih bisa digunakan untukobat sakit gigidan obat radang tenggorokan secara efektif. Untuk menghilangkan panu anda bisa menggunakan cara berikut ini :

  • Ambil sedikitnya satu siung bawang putih.
  • Potong dua sisi bawang putih sehingga bawang putih ada permukaan yang basah.
  • Gosokkan bagian permukaan bawang putih yang basah tersebut ke bagian kulit yang ada panunya.
  • Lakukanlah cara tersebut secara teratur selama dua sampai dengan tiga kali sehari. Memang cara ini cenderung lambat untuk menghilangkan jamur yang ada di permukaan kulit namun cara ini merupakan cara yang aman dan tidak memiliki efek samping. ( Baca juga : Efek samping bawang putih  )
  1. Lengkuas

Bahan alami yang bisa dengan mudah anda dapatkan untuk bisa menghilangkan panu di wajah adalah dengan menggunakan lengkuas atau laos. Laos ini juga banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan penyedap masakan. Namun siapa sangka jika laos ini bisa digunakan untuk menghilangkan panu yang ada di wajah manusia. Untuk bisa menghilangkan panu di wajah menggunakan lengkuas adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil sebanyak 5 sampai dengan 10 gram lengkuas yang telah dicuci bersih.
  • Parutlah lengkuas tersebut kemudian peras dan ambil airnya.
  • Oleskan air perasan lengkuas di permukaan kulit wajah yang terdapat panunya.
  • Jika anda malas untuk memarutnya anda bisa memotong sedikit bagian lengkuas sehingga muncul permukaan lengkuas yang basah.Oleskan lengkuas yang ada permukaan yang basah tersebut ke kulit yang ada panunya.
  • Lakukanlah hal tersebut secara rutin terutama setelah anda mandi, hal itu dikarenakan setelah mandi kulit bersih dan terbebas dari minyak dan kotoran wajah.
  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain bisa digunakan sebagai makanan penurun kolesterol, makanan untuk penderita ambeien, tips diet dan juga penghilang minyak berlebihan di kulit wajah, jeruk nipis juga bsia digunakan untuk menghilangkan panu di wajah. Jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan panu sebab jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan dan juga antibakteri yang tinggi. Kandungan itu ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan seseorang terkena panu di wajah. Cara menghilangkan panu menggunakan jeruk nipis adalah berikut ini :

  • Cuci bersih satu buah jeruk nipis segar, kemudian potong menjadi dua bagian.
  • Gosok-gosokkan bagian permukaan jeruk nipis itu ke permukaan kulit yang ada panunya.
  • Diamkanlah selama 5 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Air hangat mampu menghilangkan dan mematikan bakteri penyebab panu wajah.
  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa yang asam sehingga belimbing wuluh dijadikan sebagai pantangan asam lambung dikarenakan bisa menyebabkan asam lambung menjadi tinggi. Belimbing wuluh ini pun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan yaitu sebagai cara mengatasi darah tinggi dan makanan untuk penderita diabetes.

Belimbing wuluh bisa digunakan untuk menghilangkan panu di wajah dengan mencampurkannya bersamaan dengan kapur sirih. Caranya adalah dengan menghaluskan belimbing wuluh bersamaan dengan kapur sirih kemudian ditempelkan di bagian permukaan kulit yang ada panunya. Cara itu bisa digunakan untuk menghilangkan panu yang ada di wajah. Jika dilakukan secara teratur maka panu yang ada di wajah tersebut akan memudar kemudian menghilang sedikit demi sedikit jika anda rutin melakukannya.

  1. Menggunakan Belerang

Bagi anda yang memiliki penyakit asma sebaiknya anda tidak menggunakan cara ini sebab belerang bisa mempersempit saluran pernafasan yang ada di dalam tubuh anda. Jika saluran nafas sudah menyempit resiko asma kambuh pun semakin tinggi. Bagi yang tidak memiliki asma akan syah-syah saja jika anda menggunakan belerang sebagai cara menghilangkan panu di wajah.

Memang menemukan belerang tergolong suit, namun jika anda suatu saat menemukannya atau anda tinggal di dekat tebing yang mengandung belerang anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan panu anda. Belerang bisa digunakan untuk menghilangkan panu di wajah dikarenakan di dalam belerang tersebut mengandung gas sufur yang bisa menghilangkan panu dengan cara membunuh kuman dan jamur penyebab panu. Cara menghilangkan panu dengan menggunakan belerang adalah berikut ini :

  • Tumbuk belerang sampai bentuk belerang benar-benar halus.
  • Campurkan tumbukan belerang dengan 1 sdm minyak kelapa dan 1 sdm perasan air jeruk nipis.
  • Aduk secara merata kemudian tempelkan pada bagian wajah yang ada panunya.
  • Diamkan selama 15 menit agar kinerja belerang tersebut maksimal.
  • Setelah didiamkan bilas menggunakan air hangat.
  • Melakukan cara ini harus rutin selama 2 kali dalam sehari agar panu mudah hilang dan tidak kembali lagi ke permukaan wajah anda.
  1. Daun Pare dan Kapur Sirih

Apakah anda memiliki pohon pare di rumah?, apakah anda hanya memanfaatkan buahnya saja?, nah saat ini anda juga bisa memanfaatkan daun pare untuk bisa menghilangkan panu di wajah atau di kulit. Untuk menghilangkan panu daun pare itu harus dicampurkan dengan kapur sirih agar fungsinya menjadi maksimal. Di dalam daun pare ada rasa pahit dari zat kukerbitin dimana zat penghasil rasa pahit itu berguna untuk menghilanghkan panu yang ada di wajah. Berikut ini cara membuat ramuan dari daun pare untuk menhilanhkan panu:

  • Ambil segenggam daun pare kemudian cuci bersih.
  • Tumbuk dan haluskan daun pare tersebut bersamaan dengan kapur sirih.
  • Aduk kedua bahan tersebut agar tercampur secara sempurna.
  • Oleskan bahan tersebut di permukaan kulit yang ada panunya kemudian didiamkan selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit didiamkan, bilaslah menggunakan air hangat dimana air hangat berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab panu.
  • Lakukanlah cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.
  1. Getah Daun Jarak

Pohon jarak saat ini memang jarang dijumpai meski pohon jarak daun dan buahnya sangat berguna. Buah jarak bisa diolah menjadi bahan bakar pesawat sedangkan daun jarak bisa digunakan untuk menghilangkan panu. Getah pada daun jarak bisa digunakan untuk menghilangkan panu. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan mengoleskan getah yang ada di daun jarak di permukaan kulit yang ada panunya, setelah diolesi menggunakan getah daun jarak diamkanlah selama 5 menit kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Jarak ini sangat bermanfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai cara mengobati masuk angin  dengan cara tradisional, sebagai obat sakit gigi, pengobat perut kembung, sebagai penghindar dari bahaya rematik, obat sariawan, penghilang sembelit dan masih banyak lagi lainnya. Semua manfaat itu tidak terlepas dari berbagai macam kandungan yang ada pada pohon jarak tersebut. Berikut ini adalah kandungan yang ada pada pohon jarak yang harus anda ketahui :

  • Getah. Untuk menghilangkan panu di wajah kita membutuhkan getah dari tanaman jarak tersebut. Getah tanaman jarak sebagai penghilang panu memiliki berbagai macam zat misalnya saja adalah zat flavonid, saponin dan juga jatrophie yang bersifat sebagai anti jamur.
  • Daun. Pada bagian daun juga memiliki berbagai macam zat yang bermanfaat yaitu zat bermana senyawa kaemfesterol, sutosterol, stigmasterol, amirin dan juga teraksrol.
  • Biji. Biji tanaman jarak pun memiliki banyak zat yang berguna yaitu kandungan β-glukanase dimana berfungsi sebagai antifungi atau antijamur serta bersifat sebagai anti kanker.
  • Ampas. Ampas dari biji jarak juga bisa dimanfaatkan sebab di dalam ampas itu ada kandungan nitrogen, fosfat dan juga kalium.
  • Kulit batang. Bagian kulit batang jarak mengandung tannin, malam, resin dan juga saponin. Bisa dikatakan bahwa pohon jarak ini mirip dengan pohon kelapa dimana semua bagian pohonnya bisa digunakan semua dan dimanfaatkan.
  1. Berendam di Air Panas

Tadi telah disebutkan bahwa menghilangkan panu di wajah bisa menggunakan belerang yang digosokkan ke wajah. Namun tidak hanya itu saja, untuk menghilangkan panu di wajah bisa juga dengan cara merendam wajah kita di pemandian air panas yang mengandung sulfur atau belerang. Sayangnya cara ini memiliki bahaya yang sama dengan bahaya mandi di kolam renang umum. Bisa kita lihat bahwa pemandian air panas digunakan untuk umum, resiko anda untuk tertular penyakit kulit lumayan besar. Hal itu dikarenakan bakteri dan kuman bisa dengan mudah hidup di air dan berpindah tempat.

Jika anda ingin ingin menghilangkan panu dengan cara berendam di air panas belerang pilihlah pemandian air panas dengan ruangan pribadi dan tertutup sehingga hanya anda sendiriah yang ada di pemandian itu. Memang tarif yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan berendam di kolam umum. Namun cara ini dirasa lebih efektif untuk menghindarkan anda dari penyakit kulit dan penyakit yang lainnya. Untuk menghilangkan panu anda tinggal berendam di pemandian air panas secara teratur dan beberapa menit saja.

  1. Getah Pohon Pepaya

Pohon pepaya memiliki getah dan getah tersebut memang bisa digunakan untuk menghilangkan panu yang ada di wajah. Sayangnya cara ini tidak berlaku bagi kulit yang sensitif dan orang yang memiliki alergi. Getah pohon pepaya bisa anda temukan pada bagian batang daun papaya. Petiklah daun pepaya bersamaan dengan batangnya. Dari pangkal batang akan mengeluarkan getah, kemudian tempelkan getah tersebut di bagian kulit anda yang memiliki panu. Jika dilakukan secara teratur maka panu yang menempel di wajah anda akan segera menghilang.

  1. Biji Jinten

Pernahkan anda melihat biji jinten?, jika iya berarti anda telah menemukan bahan penghilang panu di wajah secara alami. Selama ini buah jinten atau biji jinten hanya digunakan dalam memasak saja, namun siapa sangka jika biji jinten itu bisa digunakan untuk menghilangkan panu yang ada di wajah. Caranya pun tergolong sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Tumbuk agar biji jinten lebih halus.
  • Campurkan biji jinten dengan satu sendok teh air, kemudian aduk agar biji jinten yang telah halus tercampur merata dengan air hingga menyerupai pasta.
  • Oleskanlah pasta biji jinten itu di bagian kulit anda yang ada panunya kemudian balutlah menggunakan kain kasa dan di plester dengan plester kesehatan.
  • Diamkanlah selama 30 menit lamanya setelah itu buka kain kasa dan bilas menggunakan air hangat.
  • Cara tersebut agar lebih efektif bisa anda gunakan sebanyak 3 kali dalam sehari.
  1. Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya?, selama ini lidah buaya dipercaya untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Ada banyak khasiat lidah buaya untuk kulit  salah satunya adalah untuk melembabkan kulit. Untuk kecantikan rambut, lidah buaya bisa menebalkan rambut, menghitamkan rambut, menghindarkan dari kerontokan rambut dan masih banyak lagi lainnya. Untuk kecantikan dan kesehatan lidah buaya bisa digunakan untuk menghilangkan panu. Cara mennghilangkan panu menggunakan lidah buaya adalah berikut ini :

  • Ambil beberapa batang lidah buaya yang segar, kemudian cuci bersih.
  • Potong lidah buaya menjadi dua bagian sehingga bagian gel lidah buaya yang berwarna putih terlihat.
  • Oleskan gel lidah buaya itu pada panu yang menempel pada wajah anda.
  • Diamkan selama 15 menit sampai gel tersebut mengering.
  • Bilas menggunakan air hangat.
  • Agar maksimal, anda bisa melakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.
  • Lidah buaya akan cepat menghilangkan panu yang ada di wajah anda sebab lidah buaya kaya dengan kandungan aloe vera serta asam salisilat yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur yang terjadi di kulit. Oleh sebab itulah gel ini banyak digunakan untuk perawatan kulit.
  1. Baking Soda

Selama ini baking soda hanya dipercaya sebagai bahan pembuatan kue saja. Namun siapa sangka jika baking soda yang digunakan dalam pembuatan kue itu bisa digunakan sebagai cara menghilangkan keloid secara alami, penghilang panu, penghitam rambut dan juga pemutih gigi. Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan panu dikarenakan di dalam baking soda terdapat kandungan natrium karbonat yang bisa digunakan sebagai pembunuh jamur secara alami. Cara menghilangkan panu dengan soda kue adalah berikut ini :

  • Ambil dua sendok makan soda kue.
  • Tambahkan ke dalam soda kue itu sedikit air.
  • Aduk secara merata sampai adonan tersebut membentuk seperti pasta.
  • Oleskan ke bagian wajah yang ada panunya.
  • Diamkan sampai pasta itu mengering.
  • Bilaslah menggunakan air bersih dengan menggosok secara halus bagian wajah yang ditempeli dengan soda kue tersebut. Lakukanlah cara itu secara teratur sebanyak dua hari sekali.
  1. Krim Anti Jamur

Untuk menghilangkan panu secara modern bisa dengan cara menggunakan krim anti jamur. Krim anti jamur itu berguna untuk membunuh dan menghilangkan jamur yang hidup di jaringan kulit. Di pasaran, ada banyak sekali krim antijamur yang bisa anda gunakan meski begitu anda harus memilih krim anti jamur dengan bahan aktif.

Penggunaan krim ini cukup mudah yaitu sebelum anda menggunakan krim tersebut anda harus cuci tangan terlebih dahulu setelah itu keringkanlah tangan agar benar-benar bersih dan kering. Oleskan krim tersebut tipis-tipis di bagian wajah anda yang ada panunya. Teslah terlebih dahulu apakah kulit anda mengalami alergi atau tidak. Jika alergi carilah krim lain yang sesuai dengan kulit anda. Ketika anda tidak mendapatkan perubahan setelah memakai krim tersebut selama satu bulan segeralah konsultasi ke dokter kulit dan kelamin. Berikut ini adalah krim anti jamur yang bisa anda gunakan :

  • Klomatizol
  • Miconazole
  • Terbinafine

Image result for Panu Di Wajah