Categories
Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah

Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah
Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah

Dahak atau sputum adalah mukus yang keluar saat batuk dari saluran pernapasan atas. Dalam dunia kedokteran, sampel dahak biasanya digunakan untuk investigasi mikrobiologi infeksi pernapasan dan investigasi sitologi sistem pernapasan.

Sampel dahak terbaik adalah yang mengandung sangat sedikit saliva atau air liur,  karena air liur dapat mengontaminasi sampel dengan bakteri oral. Sampel kemudian diteliti oleh mikrobiolog klinis dengan memeriksa pewarnaan gram pada dahak. Lebih dari 25 sel epitelia skuamosa diperbesar untuk mengetahui kontaminasi saliva.

Purulent Sputum atau dahak bernanah mengandung nanah yang terdiri dari sel-sel darah putih, sel dan jaringan mati, cairan serus, dan cairan lendir kental (mukus). Dahak ini umumnya berwarna kuning atau hijau dan biasanya terkait dengan gejala bronkiektasis, abses paru, bronkitis stadium lanjut, atau infeksi saluran pernapasan atas akut seperti pilek dan laryngitis. Berikut ini kami akan memberikan Tips Mudah Mengeluarkan Dahak Dari Tenggorokan :

1. Minum banyak air

Biasanya dahak susah keluar karena terlalu kental. Dengan meminum air putih dalam jumlah banyak, maka hal ini akan menjadi cara mengeluarkan dahak dengan mengencerkan dahak. Air putih juga berguna untuk menggantikan cairan yang keluar karena sering mengeluarkan dahak.

2. Mengkonsumsi bawang putih

Cara lain untuk mengeluarkan dahak namun tidak perlu meminum obat adalah dengan cara memakan atau mengunyah bawang putih secara langsung. Bawang putih dapat berfungsi sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk membasmi bakteri penyebab dahak.

3. Daun mint

Daun sudah terkenal khasiatnya sebagai cara melegakan tenggorokan. Anda juga bisa menerapkannya sebagai cara mengeluarkan dahak yang efektif.

Caranya adalah:

  1. Seduh beberapa lembar daun mint yang sudah dicuci bersih.
  2. Minumlah dengan rutin.

4. Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih

Cara agar menghirup uap air hangat bisa semakin efektif untuk mengeluarkan dahak, cobalah menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas.

5. Menghirup uap air hangat

Dengan menghirup uap air hangat dapat membantu untuk mengeluarkan dahak karena uap air hangat yang kita hirup akan membantu mencairkan lendir yang ada dalam paru-paru.

Caranya:

  1. Masaklah air hingga mendidih.
  2. Lalu hiruplah uapnya.
  3. Jaga jarak agar hidung tidak terlalu dekat dengan air, supaya kulit hidung tidak melepuh.

6. Banyak minum minuman hangat

Dengan mengkonsumsi minuman hangat akan membantu untuk mengencerkan lendir yang mengendap pada tenggorokan sehingga cairan bisa keluar. Selain meminum air putih hangat, Anda juga bisa minum air teh hangat, wedang jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat. Minuman-minuman tersebut mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan dahak keluar.

7. Madu dan jahe

Berikut ini juga minuman hangat yang tepat digunakan sebagai cara mengeluarkan dahak, yaitu madu dan jahe. Jahe sejak jaman dulu telah diyakini sebagai rempah-rempah yang dapat mengurangi batuk dan cara mengeluarkan dahak.

Caranya:

  1. Parut 100 g jahe lalu peras airnya.
  2. Campurkan dengan madu dan segelas air hangat.
  3. Minum 2 kali sehari agar dahak segera keluar.

8. Kumur air garam

Selama ini telah menjadi rahasia umum bahwa garam biasa digunakann sebagai obat untuk masalah kesehatan pada gigi. Selain untuk masalah gigi, ternyata garam juga bisa digunakann sebagai cara mengeluarkan dahak yang efektif. Kadar sodium-nya yang tinggi mampu membasmi bakteri penyebab dahak.

Caranya:

  1. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat.
  2. Aduk hingga larut.
  3. Kumur hingga pangkal lidah dengan menengadahkan kepala agar bisa membasmi bakteri penyebab dahak.

9. Kunyit

Kunyit mempunyai kandungan zat yang mampu membasmi kuman dan bakteri penyebab batuk berdahak, fungsi utamanya untuk mengencerkan dahak agar menjadi cair sehingga lebih mudah untuk mengeluarkannya.

Caranya adalah:

  1. Parut kunyit, lalu peras airnya.
  2. Seduh dengan segelas air hangat.
  3. Bisa juga dengan ditambahkan madu.
  4. Minumlah dengan rutin.

10. Lada

Bahan rempah-rempah selanjutnya adalah lada, yang juga bisa digunakan sebagai cara mengeluarkan dahak.

Caranya:

  1. Seduh ½ sdt lada dengan segelas air hangat.
  2. Untuk menambah rasa agar tidak pedas, tambahkan madu sesuai selera Anda.
  3. Minum ramuan ini dengan rutin.