Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Cara Mengatasi Telat Haid

Cara Mengatasi Telat Haid

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia , Cara Alami Mengobati Migrain , Obat Alami Menghilangkan Bau Badan , Obat Tradisional Penghilang Gatal , Dampak Insomnia Bagi Tubuh , Gejala Asam Lambung Kronis , Obat Tradisional Asam Lambung , Cara Mencegah Kanker Payudara , Deteksi Penyakit Dari Warna Lidah , Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan , Cara Mengatasi Nyeri Pinggang , Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan , Makanan Yang Berbahaya Untuk Bumil , Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut , Cara Mengatasi Telat Haid , Jamu Setelah Melahirkan , Jenis Jamu Pelancar Asi
Cara Mengatasi Telat Haid

Datang bulan atau menstruasi yang dialami wanita memiliki banyak masalah
yang umum terjadi. Salah satunya adalah telat datang bulan. Telat datang bulan ini memiliki nama medis oligomenorrhea. Wanita biasanya memiliki 11-13 kali masa datang bulan per tahun dengan oligomenorrhea yang terjadi 6-7 kali.

Berbagai faktor jadi penyebab telat datang bulan seperti kenaikan atau penurunan berat badan yang terjadi secara signifikan, kehamilan atau menyusui, keguguran atau persalinan, konsumsi alkohol, stres, hingga adanya penyakit tertentu seperti ketidakseimbangan hormon, anemia, dan fibroid uterus.

Jika kamu sering mengalami telat datang bulan, maka kamu tak perlu minum
obat-obatan berbahan kimia sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Sebab, berikut adalah beberapa cara mengatasi telat datang bulan secara alami dan tentunya sehat. Berikut ini adalah Cara Mengatasi Telat Haid :

1. Adas

Adas bisa kamu gunakan untuk cara mengatasi telat datang bulan secara tradisional ini. Sebabnya adas akan meningkatkan aliran darah secara efetif. Lalu, sifat antispasmodic di dalamnya mampu meredakan nyeri menstruasi.

2. Anggur Hitam

Buah anggur hitam merupakan salah satu pengobatan rumahan paling efektif untuk mengatasi telat datang bulan. Mengonsumsi jus anggur secara teratur dapat menyempurnakan siklus menstruasi, serta melindungi tubuh dari infeksi bakteri. Hal ini dikarenakan didalam buah anggur hitam mengandung zat besi yang dapat membantu dalam pengaturan siklus haid yang disebabkan anemia.

3. Biji Ketumbar

Biji ketumbar bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Rebus beberapa sendok teh biji ketumbar, saring, dan minumlah 3 kali dalam sehari untuk mengatur siklus menstruasi.

4. Biji Wijen

Si kecil ini ternyata ampuh untuk cara mengatasi telat datang bulan atau siklus menstruasi yang tidak teratur. Minum air rebusan wijen setiap pagi saat perut kosong agar siklus menstruasi selalu tepat waktu.

5. Jahe

Cara mengatasi telat datang bulan yang berlangsung tidak dalam waktu yang lama sekitar 1-3 minggu bisa kamu atasi dengan mengonsumsi jahe. Sebabnya jahe akan meningkatkan aliran darah. Minum air rebusan jahe yang sudah dicampur dengan sedikit gula atau madu untuk meningkatkan rasanya. Minum air rebusan jahe secara teratur juga berguna untuk meredakan rasa nyeri saat menstruasi

6. Jeruk Nipis

Didalam jeruk nipis dipercaya memiliki kandungan yang sangat luar biasa yaitu zinc, asam askorbat, mineral, fosfor, kalori, kalsium dan zat lainnya yang diperlukan tubuh. Kandungan yang ada pada jeruk nipis ini diketahui mampu membantu wanita yang sering telat haid.

7. Kayu manis

Tanaman herbal yang dapat mengatasi telat datang bulan selanjutnya ialah kayu manis. Kayu manis dipercaya memiliki efek menghangatkan yang berguna sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Kemudian kandungan hydroxychalcone di dalamnya membantu untuk mengatur kadar insulin.

8. Kunyit

Kunyit yang memiliki sifat menghangatkan berguna sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Mengonsumsi air rebusan kunyit bermanfaat untuk mengatur ketidakseimbangan hormon dan siklus menstruasi. Sifat anti inflamasi dan antispasmodic di dalamnya juga mampu mengatasi kram.

9. Lidah Buaya

Ambil daging lidah buaya segar dan kemudian campur dengan madu. Konsumsilah setiap hari sebelum sarapan selama 3 bulan sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Sifat penyembuhan yang ada di dalam lidah buaya sangatlah luar biasa untuk mengembalikan siklus menstruasi yang kacau. Namun ingat, jangan mengonsumsi selama masa menstruasi berlangsung.

10. Nanas

Buah nanas merupakan salah satu jenis buah yang tumbuh di tanah tropis. Dimana buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan termasuk sebagai obat telat datang bulan. Karena, di dalam buah nanas yang masih muda terdapat kandungan asam yang cukup tinggi. Dimana kandungan asam inilah yang dapat membantu meluruhkan dinding rahim dan mengaluarkan darah haid secara alami.

11. Pare

Memang tak banyak orang yang suka makan pare. Namun makan pare amatlah ampuh sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Selain dikonsumsi sebagai olahan sayur, kamu juga bisa membuat jus dari pare yang sebaiknya kamu minum 1-2 kali setiap hari selama beberapa minggu.

12. Pepaya Mentah

Makan pepaya mentah sangatlah berguna untuk cara mengatasi telat datang bulan. Sebabnya pepaya akan mengontraksi otot di rahim yang kemudian berguna untuk menginduksi menstruasi.

13. Peterseli

Jangan buang peterseli yang biasanya digunakan sebagai garnish makanan. Sebabnya daun ini berguna sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Caranya adalah dengan menggiling peterseli dan kemudian dicampur dengan air untuk kemudian diminum.

14. Saffron

Si rempah-rempah mahal ini ternyata berguna sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Kamu bisa mendapatkan manfaat sehatnya dengan minum air rebusan safron sebanyak 3 kali sehari selama beberapa hari.

15. Wortel

Wortel merupakan sayuran sumber zat besi yang baik dan bisa mengatur fungsi hormonal dengan tepat. Minumlah jus wortel untuk cara mengatasi telat datang bulan selama 3 bulan berturut-turut.