Cara Mengatasi Sariawan

Cara Mengatasi Sariawan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Cara Mengobati Anyang Anyangan , Hal Yang Merusak Daya Tahan Tubuh , Bahan Alami Penangkal Flu , Tips Untuk Diet Jantung Sehat , Cara Ampuh Mengobati Bibir Bengkak , Cara Mengatasi Sariawan , Khasiat Minyak Bunga Geranium , Manfaat Minyak Oregano , Obat Demam Alami Paling Manjur , Manfaat Sambal Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan , Khasiat Buah Tomat Untuk Bumil

Cara Mengatasi Sariawan

Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya sariawan. Entah itu di pipi dalam, bibir, atau lidah, sariawan bisa terasa sangat sakit hingga bikin malas makan dan bicara. Sedang cari obat sariawan tapi bingung menentukannya? Nah, tahukah Anda obat sariawan ampuh tidak melulu harus pakai resep dokter? Beberapa pilihan obat sariawan alami ini bahkan mungkin sudah Anda miliki di rumah. Lalu, bagaimana jika anak-anak Anda yang sedang sariawan? Apakah obat sariawan untuk anak juga sama seperti orang dewasa?. Nah berikut ini adalah Cara Mengatasi Sariawan  :

1. Kumur dengan air garam

Larutan garam dapat dikumur untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan di langit-langit mulut. Berkumur dengan air garam selama kurang lebih 1-2 menit dapat menjadi obat alami sariawan.

Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan semakin parah. Selain itu, garam juga bermanfaat untuk mencegah infeksi.

Membuat larutan garam untuk mengatasi sariawan di langit-langit mulut cukup mudah. Tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga rata dan gunakan untuk kumur-kumur. Jangan ditelan.

Segera buang setelah selesai dan bilas dengan minum air putih. Ulangi berkumur air garam untuk beberapa kali dalam sehari sampai sariawan mulai membaik.

2. Minum banyak air

Dehidrasi bisa menyebabkan mulut kering dan tak jarang membuat sariawan di langit-langit mulut. Untuk mengatasinya, Anda perlu meningkatkan asupan cairan, cara yang terbaik adalah minum air putih yang banyak atau teh herbal. Hindari minuman yang bisa menyebabkan dehidrasi seperti alkohol atau kafein.

3. Menghindari makanan tertentu

Hindari makanan yang sangat pedas, asin, atau asam karena bisa mengiritasi sariawan dan mempersulit penyembuhan. Selain itu, hindari juga minuman yang sangat panas dan makanan dengan tekstur atau pinggiran tajam seperti kerupuk.

Pilihlah makanan atau minuman yang rasanya tidak terlalu kuat. Perbanyak makan sayuran hijau, susu, air kelapa, dan teh.

4. Getah lidah buaya

Getah lidah buaya dapat membantu Anda meredakan iritasi dan mengurangi rasa sakit serta peradangan akibat sariawan. Lidah buaya ampuh untuk mengatasi sariawan karena memiliki sifat antiradang dan pereda nyeri yang alami.

Oleskan getah lidah buaya secukupnya langsung ke sariawan dan biarkan selama beberapa jam. Ulangi cara ini 2-3 kali sehari. Hati-hati, jangan sembarangan pakai gel lidah buaya yang dijual di pasaraan saat ini karena belum tentu aman digunakan dalam mulut.

Bukti ilmiah soal seberapa ampuh gel lidah buaya dalam membantu mengatasi sariawan juga masih terbatas, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

5. Kompres es batu

Kompres es batu bisa digunakan untuk mengatasi sariawan karena rasa dingin akan mengurangi rasa nyeri atau pembengkakan.

Kompres es batu yang dibungkus kain lembut ke bagian langit-langit mulut yang sariawan. Anda juga bisa mengisap es batu pada langit-langit mulut yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

6. Minum teh chamomile dengan madu

Chamomile dan madu dapat membantu mengatasi sariawan dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan. Madu memiliki sifat antiseptik dan chamomile memiliki sifat antiradang. Keduanya dapat dicampur bersama dan diminum hangat-hangat.

Namun, Anda juga bisa mengoleskan langsung madu ke sariawan. Sementara bekas kantong teh chamomile dalam air hangat juga bisa Anda tempelkan langsung ke sariawan.