Cara Mengatasi Sakit Perut saat Haid

Cara Mengatasi Sakit Perut saat Haid

Untuk para wanita, tidak jarang kram perut muncul saat Anda sedang menstruasi. Hal ini biasanya sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Kabar baik untuk Anda, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri haid Anda. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Mengatasi Sakit Perut saat Haid yang wajib anda ketahui , maka simaklah ulasan yang akan kami berikan berikut ini :

 

  1. Mandi Air Hangat

Pada waktu mulai haid, Anda mungkin akan merasakan sakit perut yang tak tertahankan dan bingung bagaimana cara meredakannya. Sebagai salah satu solusi yang layak dicoba, Anda bisa mandi menggunakan air hangat selama haid. Ini karena tubuh akan merasa jauh lebih rileks sehingga rasa sakit perut juga akan ikut hilang.

  1. Minum Teh Kamomil

Mengonsumsi teh kamomil tak hanya bisa dilakukan sebagai cara mengatasi stres, tapi juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit perut saat haid hari pertama. Sediakan 1 kantong teh kamomil berikut juga 1 cangkir air panas. Sesudah diseduh sekitar 10 menit, tunggu dingin sebelum menambahkan madu dan minumlah hangat-hangat sampai tak lagi sakit perut.

  1. Minum Teh Hijau

Sama seperti teh kamomil, Anda bisa memanfaatkan teh hijau sebagai obat sakit perut karena haid pertama. 1 sendok teh daun teh hijau bisa diseduh di dalam secangkir air panas selama 5 menit, barulah disaring dan dinginkan. Tambahkan madu sebelum dinikmati paling tidak sehari 3 kali untuk meredakan sakitnya.

  1. Minum Air Lemon

Cara lainnya lagi dalam mengatasi sakit perut di kala haid hari pertama adalah dengan meminum air lemon. Siapkanlah ½ lemon berikut segelas air hangat, campurkan merata dan tambahkan madu secukupnya sebelum nda bisa menikmatinya. Alangkah lebih baik kalau mengonsumsi air lemon ini dalam kondisi perut masih kosong.

  1. Minum Jus Lidah Buaya

Jus aloe vera atau lidah buaya bisa Anda minum ¼ cangkir setiap hari tak hanya saat sakit perut haid di hari pertama. Anda bahkan bisa memulai meminumnya beberapa hari sebelum datang bulan sehari sekali untuk pencegahan sakit perut yang berlebihan.

  1. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt tanpa rasa 1 cangkir bisa Anda konsumsi 3-4 kali dalam sehari ketika sakit perut melanda karena haid hari pertama. Kaya akan vitamin D dan kalsium, tanda haid pertama seperti nyeri di perut pun bisa diatasi secara alami.

  1. Minum Teh Jahe

Jahe 1 inci bisa Anda siapkan berikut 1 cangkir air panas, lalu seduhlah jahe tadi selama 10 menit. Sesudah itu, tunggu agak dingin sebelum bisa ditambahkan madu, barulah Anda siap menikmatinya. Rasa sakit perut bisa teratasi karena sifat anti-inflamasi di dalam jahe.

  1. Memakai Minyak Peppermint

Minyak peppermint sebanyak 4 tetes bisa dicampurkan ke minyak kelapa 2 sendok makan. Hasil campuran kedua minyak itulah yang bisa dijadikan obat oles ke bagian perut yang sakit sambil memijat-mijatnya perlahan. Menthol pada minyak peppermint siap meredakan rasa sakit di perut dan merilekskan tubuh.

  1. Memakai Minyak Lavender

Satu lagi minyak yang bisa digunakan sebagai obat oles, yakni 4 tetes minyak lavender yang bisa dicampur bersama minyak kelapa 1-2 sendok teh. Larutan yang sudah jadi bisa Anda terapkan dengan mengoleskan langsung ke bagian perut yang sakit sampai sembuh. Sifat antiradang dan penenang alami dari minyak lavender akan sangat bermanfaat.

  1. Mengompres Panas

Selain mandi air hangat, kompres panas menggunakan bantalan panas bisa Anda lakukan saat sakit perut haid hari pertama melanda. Bahkan Anda bisa melakukannya beberapa kali sehari hingga sakit perut benar-benar reda. Efek kompres panas ini telah terbukti sama ampuhnya dengan ketika Anda menggunakan obat pereda rasa sakit.

  1. Memijat Bagian Kaki

Perut yang terasa sakit mengapa bagian kaki yang harus dipijat? Pemijatan khusus di bagian jari dan ibu jari kaki Anda bisa mengatasi dan meredakan kram perut pada haid hari pertama secara efektif. Tak hanya itu, rupanya cara ini pun berguna dalam mengatasi sakit kepala, perut kembung, dan juga masalah susah tidur atau insomnia.

  1. Minum Air Biji Fenugreek

Biji fenugreek bisa Anda sediakan sebanyak 2 sendok teh bersama segelas air, lalu rendamlah biji-biji fenugreek tersebut semalaman di dalam air tersebut. Esok paginya bisa Anda minum dalam keadaan perut belum terisi apapun. Tak hanya bisa mencegah sakit perut haid hari pertama, tapi juga bisa mengatasi nyeri sebelum haid.

  1. Minum Jamu

Jamu tradisional bisa juga Anda andalkan sebagai solusi pengobatan sakit perut haid hari pertama, yakni dengan menyediakan air 700 cc, daun dewa 40 gr dan kunyit 30 gr yang dicampur dan direbus. Setelah mendidih, Anda saring dulu dan setelah hangat bisa Anda minum sehari 2 kali sampai sakit perut hilang.

Image result for Cara Mengatasi Sakit Perut saat Haid