Categories
Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan Tentang Penyakit

Cara Mengatasi Sakit Gusi Dirumah

Cara Mengatasi Sakit Gusi Dirumah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Mengandung Vit C Tinggi , Makanan Kaya Serat Alami , Infeksi Saluran Kencing , Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh , Bahaya Kafein , Cara Menghilangkan Bekas Luka , Cara Merawat Lensa Kontak , Pertolongan Pertama Untuk Luka Bakar , Penyakit Paling Mematikan di Dunia , Ciri Ciri Darah Tinggi dan Cara Mencegahnya , Cara Menghilangkan Mata Panda , Penyebab Menstruasi Tidak Lancar , Manfaat Terapi Lintah , Risiko Ciuman Bibir , Tanda Tubuh Kekurangan Gizi , Deodoran Memicu Kanker Payudara , Penyebab Pendarahan Otak , Cara Mengatasi Sakit Gusi Dirumah , Manfaat Vitamin D , Manfaat Sarang Walet , Kista Ganglion , Tanda Penyakit Reproduksi Pria , Cara Menghilangkan Selulit
Cara Mengatasi Sakit Gusi Dirumah

Gingivitis menyebabkan gusi meradang dan bengkak memerah. Penting untuk segera mengatasi radang gusi karena jika dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan periodontitis yang bisa mengakibatkan gigi lepas sendiri. Jika Anda sudah bikin janji berobat di dokter gigi terdekat, untuk sementara waktu Anda bisa mencoba berbagai obat radang gusi alami berikut untuk meredakan rasa sakitnya.

Tunggu dulu. Sebelum Anda mencobanya, pastikan dulu Anda telah melakukan perawatan mulut yang baik. Jika Anda tidak merawat gusi dan gigi dengan baik, bahkan selama sakit pun, pengobatan alami ini tidak akan bisa menyembuhkan radang gusi Anda. Menjaga kesehatan mulut yang baik sangat penting untuk mengatasi radang gusi dan masalah gigi lainnya. Nah berikut ini kami akan memberikan anda tips atau Cara Mengatasi Sakit Gusi Dirumah  :

Guna mengatasi radang gusi, berikut ini adalah obat sakit gusi yang bisa Anda olah di rumah.

  • Baking soda dan air
    Baking soda tidak hanya digunakan untuk membuat kue. Jika dicampurkan dengan air, maka kedua bahan ini bisa dijadikan obat sakit gusi. Gosok gigi dengan campuran ini dapat menetralisir asam yang ada di dalam mulut penyebab masalah gusi.
  • Air hangat dan garam
    Selain campuran air dan baking soda, air hangat yang dicampurkan dengan garam dapat membantu Anda mengatasi sakit pada gusi. Campuran ini dapat membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Campurkan segelas air hangat dengan sedikit garam, kemudian kumur-kumurlah selama 30 detik. Campuran air hangat dan garam ini juga dapat mengempeskan gusi yang membengkak. Tapi yang perlu Anda ingat, terlalu sering berkumur dengan campuran air garam juga tidak baik untuk gigi Anda. Jadi, pastikan Anda tidak berlebihan dalam menggunakannya.
  • Teh hijau
    Teh hijau tidak hanya dapat menurunkan kolesterol dan bagus untuk kulit, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga bermanfaat untuk mengurango inflamasi atau peradangan yang terjadi di dalama tubuh. Sehingga, teh hijau juga dipercaya dapat meredakan sakit gusi dan efektif dalam mengurangi bau mulut.
  • Madu
    Obat sakit gusi yang satu ini, meski manis, namun mengandung antiseptik dan antibakteri alami yang dipercaya dapat mengatasi gusi yang terinfeksi. Penggunaan madu sebagai obat sakit gusi bisa Anda lakukan setelah menyikat gigi. Oleskan sedikit madu hanya di bagian gusi yang sakit dan hindari mengoleskan madu di bagian gigi.

Selain menggunakan beberapa bahan alami di atas, Anda juga dapat mengatasi sakit gusi karena radang gusi dengan memakai obat kumur, sikat gigi, dan menggosok bagian gusi dengan pasta gigi fluoride, minum cukup air, tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin dan terlalu panas, serta tidak merokok.

Radang gusi yang didiamkan begitu saja dapat berkembang menjadi periodontitis, dan dapat menyebabkan komplikasi serius seperti inflamasi pada bagian dalam gusi. Jaga terus kesehatan gigi dan mulut Anda. Jika sakit gusi muncul, cobalah menggunakan beberapa bahan di atas sebagai obat sakit gusi dan konsultasikan kondisi Anda kepada dokter gigi agar mendapat penanganan yang tepat.