Cara Mengatasi Pusing Saat Berdiri

Cara Mengatasi Pusing Saat Berdiri

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Cengkeh , Manfaat Daun Bidara , Manfaat Makan Bubur Kacang Hijau , Manfaat Kelapa Merah Untuk Kesehatan , Manfaat Sendok untuk Kecantikan , Penyebab Beruntusan di Dahi , Mengatasi Jerawat Dengan Cuka Apel , Alasan Terjadinya Rahim Turun , Manfaat Jengger Ayam Jago , Cara Mengatasi Sakit Tulang Belakang , Manfaat Pucuk Pepaya , Penyakit Yang Disebabkan Kuman Gigi , Manfaat Kulit Apel Hijau , Manfaat Daun Durian Belanda , Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan , Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal , Pengertian Dehidrasi , Makanan Sehat Untuk Kulit , Efek Samping Bawang Putih , Bahaya Obat Nyamuk Bakar Dan Semprot , Faktor Penyebab Asma , Makanan Penurun Darah Tinggi , Makanan Peninggi Badan Alami , Penyebab Kulit Kering , Manfaat Rutin Minum Susu Almond , Efek Samping Minum Jeruk Nipis Setiap Hari , Gejala Migrain , Cara Mencuci Wajah Dengan Benar , Penyebab Obesitas , Manfaat Kembang Kantil , Manfaat Makan Bawang Merah , Manfaat Omega 9 Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Pusing Saat Berdiri , Manfaat Tahu Bagi Kesehatan , Cara Melancarkan Peredaran Darah

Cara Mengatasi Pusing Saat Berdiri

Pernahkah Anda merasa pusing saat berdiri secara tiba-tiba atau saat bangun dari tempat tidur? Dalam beberapa kasus, biasanya rasa pusing ini disertai dengan pengelihatan yang kabur.

Rasa pusing ini tidak akan berlangsung lama. Biasanya orang hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk berdiam diri hingga rasa pusing tersebut hilang. Namun, tahukah Anda mengapa rasa pusing tersebut muncul saat kita berdiri?

Seperti dikutip dari Time, ahli menamai kondisi ini dengan sebutan hipotensi ortostatik awal (OH). Jika Anda sering mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Berikut adalah beberapa Cara Mengatasi Pusing Saat Berdiri :

  1. Duduk atau Tiduran Kembali

Ketika rasanya terlalu pusing saat dari posisi tidur atau duduk ke berdiri, Anda perlu untuk berbaring atau berada dalam posisi duduk kembali secara perlahan. Hal ini dapat dilakukan sebagai pereda gejala yang cukup efektif. Hindari memaksakan diri untuk tetap beraktivitas ketika terasa pusing dan gunakan waktu untuk berbaring saja sampai terasa baikan.

  1. Mengasup Cairan Lebih Banyak

Apabila penyebab utama dari rasa pusing saat berdiri mendadak adalah dehidrasi, penting untuk mengasup cairan lebih banyak. Akan jauh lebih baik lagi kalau Anda bisa minum lebih banyak air putih karena jauh lebih menyehatkan daripada cairan dalam bentuk lainnya.Bahaya dehidrasi pun akan menurun risikonya setelah ini.

  1. Menghindari Perubahan Posisi dengan Gerakan Cepat

Rasa pusing dapat muncul ketika Anda bergerak ke posisi berdiri secara mendadak dan terlalu cepat, jadi untuk mengatasinya untuk tidak kembali terjadi adalah dengan berdiri secara pelan-pelan saja. Perubahan posisi tubuh sebaiknya tidak terlalu cepat sehingga tak menyebabkan pusing mendadak.

  1. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Karena penyakit diabetes adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko terjadinya rasa pusing ketika Anda terlalu cepat berdiri, maka Anda perlu menstabilkan kadar gula darah yang tinggi untuk kembali normal. Bahkan terlalu rendahnya kadar gula darah bisa berdampak pada rasa pusing saat berdiri dadakan, jadi pastikan Anda melakukan rangkaian tips diet sehat yang bisa membuat kadar gula kembali normal dan stabil.

  1. Menghindari Alkohol

Konsumsi alkohol apalagi terlalu sering dapat menjadikan dehidrasi menyerang berikut juga berbagai bahaya kesehatan lainnya seperti terganggunya kesehatan sistem saraf otak. Karena dehidrasi dan sistem saraf otak yang terganggu, hal ini dapat juga berakibat pada kondisi pusing yang muncul saat berdiri secara mendadak.

  1. Posisi Kepala Lebih Tinggi saat Tidur

Jika Anda ingin terasa lebih baik ketika pusing melanda gara-gara berdiri dadakan, kembalilah pada posisi tidur namun pastikan untuk kepala bisa berada di posisi yang lebih tinggi. Ganjal dengan tumpukan bantal, tapi juga jangan terlalu tinggi agar tak menimbulkan ketidaknyamanan nantinya.

  1. Mengenakan Stoking Kompresi

Bila pusing saat berdiri merupakan keluhan karena hipotensi ortostatik, maka penting untuk mencoba mengatasinya dengan cara memasang kaus kaki kompresi atau yang biasanya juga kita kenal dengan istilah stoking kompresi. Tujuan penggunaan stoking ini adalah sebagai penurun risiko darah menumpuk pada kaki.

  1. Terapi Obat

Kemungkinan terbesar dari terjadinya pusing saat berdiri biasanya adalah karena hipotensi ortostatik. Jika demikian, maka obat seperti pyridostigimine adalah obat yang paling tepat untuk digunakan. Penggunaan dosis biasanya harus ada penyesuaian lebih dulu dengan keluhan dan gejala yang dialami penderita selain rasa pusing tersebut.

  1. Olahraga Intensitas Ringan

Kurang olahraga mampu meningkatkan risiko berbagai gangguan kondisi kesehatan, oleh sebab itu rajinlah berolahraga sekalipun intensitasnya ringan supaya kekuatan otot pada bagian dinding pembuluh darah meningkat. Dengan begitu, darah menggumpal atau menumpuk pada area kaki jelas akan tercegah dan ini juga merupakan sebuah cara melancarkan peredaran darah yang alami dan terampuh.