Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Tips Mengatasi Perut Kembung

Tips Mengatasi Perut Kembung

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Cara Memutihkan Selangkangan , Cara Menghilangkan Bau Mulut , Cara Menghilangkan Bau Ketiak , Cara Ampuh Mencegah Leukimia , Cara Membersihkan Miss V Yang Benar , Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur , Manfaat Menari Untuk Tubuh , Obat Alami Asam Urat , Manfaat Buah Manggis , Cara Mengatasi Perut Kembung , Gejala Lambung Luka
Cara Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling sering dialami. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan gas atau udara pada saluran pencernaan. Penyebabnya beragam, mulai dari kebiasaan makan dan minum terlalu cepat, merokok, mengunyah permen karet, hingga penggunaan gigi tiruan yang longgar.

Selain rasa tidak nyaman, perut kembung dapat menimbulkan tanda dan gejala berupa nyeri pada perut, buang angin secara berlebihan, sendawa terus-menerus, dan perut yang membesar. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya berikut ini kami akan memberikan Cara Mengatasi Perut Kembung :

1. Minum Air Putih

Dalam menghilangkan perut yang kembung dan penuh, cara sederhana untuk Anda di sini adalah minum air putih. Ingat bahwa air putih tak sekadar menjauhkan tubuh kita dari bahaya dehidrasi, tapi juga membuat proses pembuangan segala bentuk zat racun yang ada di dalam tubuh lebih lancar.

Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, air akan ditahan secara otomatis oleh tubuh sehiingga akhirnya perut bakal penuh dan malah menjadi kembung. Bahaya akibat kurang minum air putih perlu juga untuk Anda ketahui agar mulai mengubah kebiasaan menjadi lebih rajin mengonsumsinya. Konsumsi ideal yang dianjurkan adalah 8-10 gelas dan pastikan dilakukan setiap hari.

2. Mengonsumsi Sup Hangat

Perut terasa kembung tidak ada salahnya untuk dihilangkan dengan cara mengonsumsi sup hangat. Anda mungkin merasa terbeban dan tak nyaman ketika perut terasa tak enak, jadi ketika Anda berada di rumah atau di suatu tempat yang bisa dengan mudah membeli makanan berupa sup, cobalah untuk mengonsumsinya.

Sup adalah makanan berkuah di mana sama halnya dengan air putih, ini bisa secara efektif menghilangkan gas atau udara yang seolah tak bisa keluar dari dalam perut. Sup hangat jauh lebih disarankan karena efektivitasnya termasuk tinggi dalam membuat tubuh mampu dalam mengeluarkan dan meredakannya dari dalam perut.

3. Bergerak sehabis Makan

Kebanyakan orang terbiasa sehabis makan langsung duduk, dan bahkan ada pula yang langsung tidur. Ketika sudah makan dengan kenyang, memang ada hasrat untuk santai-santai saja karena efeknya pun membuat mengantuk. Tapi jangan lakukan itu, ada bahaya tidur setelah makan yang harus diwaspadai.

Bergerak bukan berarti Anda harus melakukan olahraga tepat sesudah makan, tapi pastikan Anda melakukan jalan kaki santai selama kurang lebih 10-17 menit. Jalan berwara-wiri di dalam rumah atau sekitar rumah/kantor bisa juga menjadi solusi. Ini karena bergerak sehabis makan akan membantu supaya tumpukan gas di saluran pencernaan bisa berkurang dan tak membuat kembung.

4. Mengonsumsi Jahe

Jenis rempah satu ini memang sangat terkenal akan manfaatnya dalam menghangatkan tubuh. Walau diketahui pula ada efek samping jahe, rempah ini berkandungan shogaols dan gingerol yang mampu menjadi obat bagi radang usus. Untuk saluran pencernaan yang terganggu, termasuk perut kembung, jahe juga bisa diandalkan.

Cara penggunaannya pun terbilang mudah karena Anda hanya cukup mengonsumsi air rebusannya saja dan jumlah penimbunan gas pada usus kecil juga bisa dikurangi. Ketika gas berkurang, otomatis masalah perut kembung juga dapat diatasi dan diredakan. Sebagai minuman penghangat tubuh, air rebusan jahe juga akan membuat tubuh berkeringat, pencernaan menjadi lancar, dan perut lebih tenang.

5. Tidak Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki banyak penggemar karena memang selain memang bermanfaat dalam menghilangkan rasa dahaga, minuman jenis ini sangat segar dan nikmat secara lebih. Tapi sayangnya, minuman ini tak baik untuk organ pencernaan kita dan justru bisa menjadi pemicu gangguan pencernana kalau dikonsumsi terlalu sering.

Minuman bersoda sangat berisiko dalam membuat tubuh mengalami penumpukan gas sehingga memang kondisi perut yang kembung menjadi lebih parah nantinya. Daripada minum minuman bersoda, kembali lagi lebih dianjurkan untuk minum air putih saja. Karena sata perut mengandung gas berlebih dari soda, jangan heran kalau Anda jadi lebih sering bersendawa.

6. Makan secara Teratur

Perut kembung bisa jadi disbebabkan oleh kondisi kosong yang terlalu lama dan ini biasanya dipicu oleh kebiasaan menunda waktu makan. Telat makan tak hanya bisa menimbulkan penyakit maag semacam naiknya asam lambung, tapi gangguan pencernaan seperti kembung juga sangat memungkinkan.

Ketika perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama, otomatis tubuh juga menjadi lebih mudah terserang masuk angin. Pada waktu masuk angin, jelas udara bakal memenuhi bagian perut yang dalam kondisi kosong tadi. Maka dari itu, ada baiknya Anda mulai makan sehari 3 kali secara teratur, yakni sarapan, makan siang dan juga makan malam; asalkan porsi tak berlebihan tak akan membuat gemuk.

7. Menghindari Makanan/Minuman Dingin

Perut kembung bisa saja berasal dari masuk angin dan kondisi masuk angin bisa terjadi dikarenakan suhu udara atau lingkungan begitu dingin. Demi menghilangkan perut kembung, itu artinya Anda perlu mengonsumsi yang hangat-hangat. Salah satu contohnya sudah disebutkan sebelumnya, yakni sup hangat.

Dengan demikian, itu artinya Anda perlu menghindari makanan maupun minuman dingin agar perut kembung tak makin menjadi-jadi. Ketika perut sudah terasa tak enak dan masih ditambah dengan konsumsi makanan/minuman dingin, tubuh akan merasa semakin tak nyaman nantinya. Jadi, lebih baik buatlah perut lebih nyaman dengan makanan/minuman hangat saja.

8. Mengenakan Jaket saat Keluar/Berkendara di Malam Hari

Mungkin Anda cukup sering berada di luar ketika malam hari, hati-hati akan serangan angin malam yang bisa dengan mudah menyebabkan masuk angin. Ketika berada di luar atau berkendara (terutama melakukan perjalanan jauh) di malam hari, pesiapkanlah secara lengkap akan perlindungan bagi diri Anda.

Tubuh Anda memerlukan pelindung berupa jaket, terutama ketika mengendarai sepeda motor yang bisa dengan mudah terekspos angin. Jaket tebal adalah yang perlu Anda persiapkan saat hendak pergi, apalagi kalau perut sudah terasa tak enak. Untuk menghilangkan perut yang sudah terasa kembung, berikan kehangatan pada tubuh, salah satunya memakai jaket ketika pergi di malam hari.

9. Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya adalah bahan alami yang mampu memberikan kenyamanan bagi yang mengalami perut kembung. Dalam menghilangkan perut kembung, Anda bisa merebus daun pepaya di mana hasil air rebusannya bisa Anda minum selagi hangat. Memang daun pepaya itu sendiri terbilang pahit, tapi efektivitasnya tak akan membuat Anda menyesal.

Cita rasa yang pahit bukanlah masalah karena manfaat dari daun pepaya sangat besar untuk perut kembung. Ketika perut terasa kembung, terutama yang disebabkan oleh masuk angin, maka Anda bisa mencoba menggunakan ramuan ini. Ketika tak kuat karena saking pahitnya, madu murni bisa ditambahkan ke ramuan, tapi sedikit saja.

10. Minum Jus Jeruk

Untuk mengatasi perut yang kembung, Anda juga bisa memanfaatkan jus jeruk di mana memang jeruk adalah buah yang bagus untuk yang sedang masuk angin. Seperti kita ketahui, makanan yang mengandung vitamin C paling besar salah satunya adalah buah jeruk. Vitamin C di dalam buah ini bermanfaat dalam menyehatkan tubuh.

Mengonsumsi vitamin C termasuk di dalam cara meningkatkan daya tahan tubuh, jadi ketika daya tahan tubuh tetap stabil, kemungkinan sakit apalagi terkena gangguan pencernaan juga berisiko kecil. Untuk perut yang penuh dan kembung, jangan ragu untuk mengonsumsi buah jeruk sampai perut terasa lebih nyaman.

11. Teh Kamomil

Kalau biasanya teh kamomil dikonsumsi sebagai cara untuk menenangkan diri ketika sedang stres, sebetulnya teh ini bukan hanya menjadi cara mengatasi stres saja. Kandungan di dalam teh bunga kamomil memiliki sifat anti-spasmodik dan anti-inflamasi yang memang bermanfaat untuk membuat perut dan pencernaan terasa nyaman.

Itulah mengapa, ada sebagian orang meyakini betul bahwa teh ini bisa membawa perut menjadi lebih baik ketika terasa kembung. Secangkir teh bunga kamomil bisa diseduh dan tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok jika kurang manis hasilnya. Teh ini dipercaya efektif karena sudah ada banyak orang yang membuktikannya, jadi tak salah bila Anda juga turut mencobanya.

12. Minum Tidak dengan Sedotan

Kalau perut sudah terasa tak enak apalagi penuh, itu artinya Anda bisa jadi terkena perut kembung, apalagi ditambah bersendawa. Perut kembung menandakan bahwa di dalam perut sedang dipenuhi udara atau gas sehingga memang harus berhati-hati juga ketika makan atau minum.

Supaya perut kembung cepat hilang, hindari betul penggunaan sedotan ketika sedang minum, apapun minumannya. Kebiasaan menggunakan sedotan sebaiknya dihentikan dulu ketika sedang kembung. Dengan memakai sedotan, otomatis akan adalebih banyak udara yang berkemungkinan masuk ke dalam perut sehingga memang akhirnya nanti membuat perut kembung tak kunjung hilang.

13. Menggunakan Peppermint

Pada peppermint ada kandungan baik yang disebut dengan minyak mentol dan sifat anti-spasmodik pun terkandung di dalamnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sifat anti-spasmodik adalah sifat yang akan membuat perut terasa lebih nyaman. Jadi tentu saja intinya peppermint ini boleh dikonsumsi ketika Anda hendak menghilangkan rasa kembung di perut dengan cara alami.

Kurangi rasa tak nyaman yang datang dari perut kembung dengan mengunyah daun peppermint. Pastikan bahwa daun peppermint yang Anda pilih dan gunakan adalah yang masih dalam kondisi segar supaya khasiatnya juga lebih besar dalam mengatasi perut kembung. Hanya saja, bagi para wanita hamil perlu konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi peppermint.

14. Menggunakan Bawang Putih

Untuk dapat meredakan rasa perut kembung dan menghilangkannya pelan-pelan, bumbu dapur ini juga pilihan yang tepat terlepas dari efek samping bawang putih. Bawang putih diketahui memiliki sifat penyembuh alami yang bisa menolong dalam mengurangi efek kembung yang disertai rasa panas di dari saluran pencernaan.

Sup bawang putih segar bisa jadi pilihan, atau bisa juga merebus sejumlah siung bawang putih yang sudah ditumbuk halus ke dalam air. Tambahkan pula lada hitam dan juga biji jintan bila ada dan setelah mendidih, angkat lalu Anda bisa menyaringnya. Tunggu lebih dingin sebelum bisa dikonsumsi; konsumsilah sehari 3 kali untuk hasil yang lebih memuaskan.

15. Memanfaatkan Cuka Sari Apel

Selain mampu memberikan efek kesembuhan bagi yang menderita tekanan darah tinggi atau penyumbatan pembuluh darah, cuka sari apel juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang rasa kembung pada perut. Tak perlu sulit-sulit, cukup tambahkan saja 2-3 sendok makan cuka sari apel ke air hangat dan minumlah sampai kembung hilang.

16. Memakai Cuka Putih

Sama seperti cuka sari apel, cuka putih memiliki kegunaan yang sama untuk para penderita perut kembung. Saat cuka sari apel sulit dijumpai, maka Anda bisa memakai cuka biasa atau cuka putih sebagai obatnya. Cara penggunaan pun sama, yakni mencampurkan 2-3 sendok makan cuka putih ke dalam air hangat dan konsumsilah.

17. Meramu Teh Dandelion

Teh kamomil dan teh peppermint mungkin lebih sering terdengar akan khasiatnya, namun bagaimana dengan teh dandelion. Rupanya jenis teh ini pun sama berkhasiatnya dengan jenis teh lain yang sudah direkomendasikan sebelumnya. Untuk perut kembung, manfaatkan akar tanaman dandelion dan jadikan teh.

Teh dandelion ini termasuk di dalam jenis teh herbal yang menawarkan sifat penyembuh efektif serta maksimal. Untuk menghilangkan gas dari dalam perut, Anda bisa menggunakan dandelion (khususnya bagian akar). Tak hanya dijadikan teh, sebetulnya dandelion sendiri bisa dijadikan sebagai bumbu pada masakan, tapi akan lebih efektif bila Anda mengonsumsi tehnya.

18. Menggunakan Peterseli Organik

Dalam menghilangkan perut kembung, Anda juga bisa menggunakan peterseli organik yang dipercaya sangat bagus untuk kesehatan pencernaan. Demi melancarkan pencernaan juga, Anda bisa mencoba mengonsumsi peterseli organik yang tentunya masih dalam kondisi segar. Tapi sebetulnya peterseli kering juga bisa digunakan dengan efek yang sama ampuhnya.

Tak perlu bingung untuk menggunakannya karena pemakaian peterseli sebagai obat perut kembung terbilang sederhana. Iris dan cincang-cincang peterseli yang kemudian bisa Anda tambahkan ke makanan Anda. Ini akan membantu agar perut kembung cepat membaik hanya dalam waktu singkat. Bahkan cara ini juga bisa sebagai langkah pencegahan perut kembung.

19. Minum Air Kelapa

Kalau biasanya kita tahu air kelapa adalah obat alami bagi yang mengalami keracunan, kali ini Anda bisa memanfaatkannya sebagai penghilang kembung pada perut. Air kelapa kaya akan protein dan ini akan sangat baik jika dikonsumsi untuk meredakan masalah kembung. Konsumsi rutin bakal memenuhi asupan protein yang tubuh perlukan, namun jangan sampai berlebihan.

20. Memakai Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga memiliki kemampuan dalam menghilangkan rasa kembung dan penuh pada perut. Jika masalah atau gangguan pencernaan begitu mengganggu, mungkin bawang merah adalah salah satu bahan yang paling mudah untuk Anda dapatkan serta gunakan sebagai obat praktis.

Hanya saja, yang dibutuhkan di sini adalah ekstrak jus dari bawang merah, sehingga Anda perlu mengekstraknya lebih dulu. Ekstrak jus inilah yang perlu dikonsumsi agar masalah kembung bisa hilang tanpa adanya efek samping berbahaya. Efek samping bawang merah memang ada, tapi tak perlu khawatir selama penggunaan tidaklah secara berlebihan yang bisa berakibat buruk bagi tubuh.

21. Memakai Seledri

Satu lagi bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan perut kembung secara aman dan alami. Seledri adalah jenis sayuran yang bisa menurunkan hipertensi sekaligus mampu mengurangi iritasi dan perut kembung. Caranya adalah dengan mengunyah-ngunyah daun seledri secara rutin agar perut lebih baik.

22. Menggunakan Daun Jambu

Perut kembung yang menghambat aktivitas bisa juga diatasi dengan memakai daun jambu untuk menghilangkannya. Ambil beberapa lembar daun jambu yang kemudian dimasukkan ke dalam air secukupnya. Rebuslah dan setelah mendidih, saring dan buang daunnya, sementara airnya bisa diminum ketika sudah lebih hangat.

23. Memakai Daun Kunyit

Selain daun jambu, cara untuk menghilangkan perut kembung yang alami adalah dengan memakai daun kunyit. Kunyit sendiri terkenal akan kandungan penyembuh yang tinggi, namun bagian daunnya pun juga bisa digunakan. Ambil beberapa lembar daunnya untuk kemudian digiling halus dan campurkan ke segelas susu; minumlah rutin sampai rasa kembung hilang.

24. Mengonsumsi Jus Kentang

Kentang yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi ini bisa diambil jusnya dengan cara menggilingnya. Hasil gilingan atau tumbukan dari kentang tersebut bisa Anda peras untuk mendapatkan sari atau ekstrak jusnya. Minumlah jus tersebut setiap sebelum makan yang artinya bisa dilakukan sehari 3 kali.

25. Menggunakan Kayu Manis

Banyak makanan yang ditambah dengan kayu manis agar rasanya lebih sedap atau nikmat, tapi kayu manis bisa digunakan juga sebagai obat. Dalam menghilangkan rasa kembung di perut, sesendok teh bubuk kayu manis bisa ditambahkan ke secangkir susu hangat. Tambahkan madu bila Anda merasa perlu dan minumlah sesudah diaduk rata.

26. Meramu Baking Soda dan Lemon

Ketika hendak memakai kombinasi kedua bahan ini, maka yang perlu dilakukan adalah mengambil 1 buah jeruk lemon segar yang kemudian diambil bagian jusnya. Setelah itu, jus lemon dapat dicampurkan dengan baking soda secukupnya. Dari situ nanti akan mulai timbul gelembung-gelembung.

Belum selesai, tambahkan pula secangkir air putih dan baking soda lagi sedikit. Campurkan dengan mengaduknya sampai benar-benar rata. Ketika memang sudah siap minum, maka minumlah untuk menghilangkan kembung mengganggu. Bahaya baking sodatak perlu terlalu dikhawatirkan asalkan pemakaiannya tak terlalu banyak, sering apalagi berlebihan.

27. Tidak Merokok

Jika ingin menghilangkan perut kembung, maka sebaiknya Anda menghindari kegiatan merokok karena merokok sama dengan menghisap. Menghisap artinya akan menambah banyak jumlah udara yang masuk ke dalam perut karena tertelan. Masalah pencernaan umum yang dihubungkan dengan merokok tak hanya kembung saja, tapi ulu hati yang nyeri, gangguan perut dan lainnya.

28. Mengonsumsi Labu

Gas berlebih di dalam perut juga dapat diatasi dengan mengonsumsi labu. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengukus, memanggang, atau dibuat sebagai sup. Labu adalah bahan alami lainnya yang bisa Anda coba efektivitasnya dalam menghilangkan perut kembung sekaligus masalaha pencernaan lain yang cukup mengganggu.

(Baca juga: gejala lambung luka)

29. Mengonsumsi Nanas

Masalah perut kembung dapat juga dihilangkan dengan mengonsumsi buah nanas dikarenakan kandungannya yang merupakan enzim bromelain. Enzim tersebut memiliki fungsi sebagai pemecah protein, meredakan rasa kembung dan juga membuat penceraan menjadi jauh lebih ringan. Langsung saja dimakan atau bisa juga dibuat jus nanas, tergantung selera dan keinginan Anda dalam menikmatinya.

30. Menggunakan Jeruk Nipis

Selain baik untuk dijadikan obat batuk, jeruk nipis adalah bahan yang bisa meredakan perut kembung secara efektif yang bisa dicoba. Untuk menyembuhkan perut kembung, jeruk nipis yang sudah disiapkan dapat Anda peras dan kemudian dicampurkan dengan air hangat. Setelah dicampur rata, ramuan air jeruk nipis bisa diminum.

31. Olahraga

Kurang olahraga tak hanya berdampak pada ketegangan otot maupun penimbunan lemak di dalam tubuh, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan. Tak hanya mencegah gangguan pencernaan, ketika perut terasa kembung, Anda juga bisa melakukan olahraga sebagai solusi dengan membuat tubuh aktif selama paling tidak 15 menit lamanya. Senam, jogging, jalan kaki, dan juga bersepeda adalah ide yang bagus.

32. Tidak Makan Makanan yang Bergaram Tinggi

Makanan yang mengandung garam tinggi rata-rata tentunya adalah makanan olahan dan cepat saji. Contoh makanan bergaram tinggi salah satunya adalah makanan kemasan, seperti nugget. Walau nikmat, Anda perlu menghindarinya ketika sedang mengalami perut kembung karena makanan-makanan tersebut berpotensi membuat perut makin terasa tak enak.