Categories
Tentang Pengobatan

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat , Cara Mengobati Eksim Basah , Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis , Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh , Khasiat Alpukat , Manfaat Sagu , Cara Menghaluskan Kulit Wajah , Cara Menangani Gigi Ngilu , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang
Cara Mengatasi Pengapuran Tulang
Pengapuran tulang & sendi dalam bahasa medis di sebut dengan osteoarthritis yg mana hal ini berkaitan dengan adanya peradangan sendi dampak bantalan di ujung tulang yg dapat menipis seiring dengan waktu.
Hal utama yg mengakibatkan terjadinya pengapuran tulang di karenakan oleh adanya sebagian perkara seperti faktor umur merupakan salah satu perkara utama yg menaikan terjadinya pengapuran tulang & perempuan lebih sangat berisiko menderita gangguan ini.
Selain itu, obesitas juga jadi faktor faktor penyebab pengapuran tulang sebab dapat memunculkan adanya beban yg berlebih di sendi-sendi penahan berat tubuh & adanya keadaan medis lainnya yg mengakibatkan pengapuran tulang seperti penyakit diabetes & rematik. Berikut ini kami akan memberikan anda Cara Mengatasi Pengapuran Tulang :

Jika pengapuran tulang sudah diderita, beberapa hal terkait gaya hidup berikut bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan, di antaranya:

  • Menurunkan berat badan
    Sendi yang mengalami tekanan berlebih kian memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Solusi mudahnya adalah menurunkan berat badan.
  • Olahraga
    Olahraga secara teratur penting dilakukan untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Hal ini akan membuat sendi menjadi lebih stabil sehingga dapat mengurangi tingkat keparahan osteoarthritis. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak berlebihan karena justru akan memperburuk masalah yang diderita.
  • Kompres hangat atau dingin
    Saat kondisi oateoarthritis menimbulkan rasa sakit, cobalah gunakan kompres hangat atau air dingin untuk meringankannya. Pemakaian kompres hangat juga berperan untuk melemaskan otot, sedangkan kompres dingin dapat meredakan kram otot dan nyeri.
  • Memakai obat pereda rasa sakit
    Pemakaian obat pereda rasa sakit berupa krim atau gel yang dijual bebas di apotik juga bisa dilakukan. Krim atau gel pereda rasa sakit cocok dipakai pada sendi yang dekat dengan permukaan kulit, seperti persendian pada lutut dan jari-jari.
  • Memakai alat bantu
    Alat bantu, seperti tongkat, mungkin dibutuhkan untuk memudahkan penderita pengapuran tulang dalam beraktivitas. Penggunaan alat bantu ini terutama pada kasus pengapuran tulang akibat kerusakan tulang dan sendi yang sudah berlanjut. Untuk menentukan jenis alat bantu yang tepat, konsultasikan kepada dokter.

Obat dan Terapi Yang Bisa Dijalani

Selain melakukan tindakan mandiri di atas, Anda mungkin memerlukan obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), yang dapat diresepkan oleh dokter. Dokter juga mungkin akan merekomendasikan beberapa hal berikut untuk mengatasi pengapuran tulang:

  • Terapi fisik
    Terapi fisik atau fisioterapi dalam bentuk penguatan otot, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penderita dalam bergerak dan untuk mengurangi rasa sakit. Terapi ini mampu memperkuat otot-otot di sekitar sendi yang mengalami penipisan.
  • Terapi okupasi
    Terapi ini bertujuan agar kegiatan sehari-hari dan bekerja mampu dilakukan tanpa memperburuk kerusakan sendi. Ahli terapi akan menjelaskan tentang cara-cara tertentu bagaimana melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit berlebih akibat pengapuran tulang.
  • Sepatu khusus
    Sepatu pasien akan diberi bantalan khusus yang mampu mengurangi rasa sakit saat berdiri atau berjalan.

Apabila hal-hal di atas telah diterapkan namun kondisi tidak juga membaik, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menjalani prosedur-prosedur tertentu, misalnya suntik kortikosteroid atau tindakan operasi untuk mengganti sendi yang rusak.

Pada kondisi osteoarthritis yang sudah parah, penanganannya tidak cukup lagi hanya dengan perubahan gaya hidup. Konsultasikan kepada dokter mengenai pilihan-pilihan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.