Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Cara Mengatasi Nyeri Pinggang

Cara Mengatasi Nyeri Pinggang

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia , Cara Alami Mengobati Migrain , Obat Alami Menghilangkan Bau Badan , Obat Tradisional Penghilang Gatal , Dampak Insomnia Bagi Tubuh , Gejala Asam Lambung Kronis , Obat Tradisional Asam Lambung , Cara Mencegah Kanker Payudara , Deteksi Penyakit Dari Warna Lidah , Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan , Cara Mengatasi Nyeri Pinggang , Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan , Makanan Yang Berbahaya Untuk Bumil , Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut , Cara Mengatasi Telat Haid , Jamu Setelah Melahirkan , Jenis Jamu Pelancar Asi
Cara Mengatasi Nyeri Pinggang

Sakit pinggang atau lumbago adalah nyeri yang dirasakan di sekitar tulang lumbar, di antara cakram, jaringan, otot dan saraf tulang punggung hingga organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Kondisi ini dialami 80 persen penderita dewasa berusia 30-50 tahun dengan intensitas nyeri ringan hingga berat.

Sebagian besar penderita mengalami sakit pinggang dikarenakan alasan mekanis seperti gaya hidup yang menuntut mereka duduk untuk waktu yang lama tanpa diseimbangi dengan olahraga cukup, mengangkat barang berat, atau mengalami kecelakaan yang mencederai pinggang dan sekitarnya. Nah untuk anda yang menderita nyeri pinggang yang tak kunjung sembuh , berikut ini kami akan memberikan anda Cara Mengatasi Nyeri Pinggang  , yuk guys langsung kita simak ke intinya :

1. Pijat Urat

Cara alami untuk menyembuhkan sakit nyeri pinggang adalah datang ke tukang pijat urat, tentu saja yang sudah professional dan sudah terpercaya. Pijat urat ini berfungsi untuk melemaskan urat syaraf yang kemungkinan terjepit atau sebagainya. Bisa juga pijat urat ini untuk mencari bagian yang terkilir dan sebagainya. Pijat ini tentu saja juga harus pelan-pelan, agar tidak menimbulkan trauma pada tulang belakang.

2. Minum Ramuan Herbal

Ramuan herbal yang bisa jadi obat sakit nyeri pinggang adalah daun kelor dan daun sirih. Kedua daun tersebut memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk menyembuhkan sakit nyeri pinggang.

Caranya sangatlah mudah sekali, lima lembar daun sirih direbus dengan daun kelor ditambahkan sedikit garam. Setelah airnya menjadi sedikit, kemudian diminum selagi hangat. Rutin minum ramuan herbal ini pastinya akan memberikan dampak yang positif bagi sakit nyeri pinggang yang sudah anda derita.

3. Renang

Berenang adalah salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan. Ternyata cara ini cukup ampuh mengurangi sakit nyeri pinggang. Pinggang yang sering diterapi dengan cara renang bisa berangsur-angsur pulih. Hal ini karena otot-otot maupun syaraf yang ada di sekitar punggung bisa menjadi lebih lemas serta kembali lebih sehat tentunya. Berenang juga membuat tubuh menjadi segar dan lebih kuat.selain itu sendi-sendi yang kaku bisa menjadi kembali segar.

4. Jogging Rutin

Jogging atau lari-lari santai dapat dilakukan di setiap pagi atau sore hari. Jogging ini dapat dimanfaatkan sebagai terapi untuk menyembuhkan sakit nyeri pinggang. Jogging ini membuat kalori dalam tubuh bisa terbakar, pasalnya jogging bisa membuat keringat akan keluar bersama penyakit-penyakit yang ada dalam tubuh.

Jogging selain membuat tubuh sehat, juga akan meringankan sakit nyeri pinggang yang tak juga kunjung hilang. Sakit pada pinggang ini bisa jadi karena kurangnya olahraga. Olahraga yang rutin sangat membantu pemulihan pada bagian pinggang.

5. Minum Susu

Susu adalah minuman yang mengandung kalsium yang sangat tinggi. Untuk menguatkan tulang pinggang bisa juga dengan minum susu. Susu yang tinggi kalsium ini bisa jadi sebagai salah satu obat untuk sakit nyeri pinggang. Sebaiknya konsumsi susu di pagi hari agar bisa dicerna sebagai kalsium yang baik untuk tubuh. Susu yang baik bisa susu murni yang tak banyak gula.

6. Makan Buah dan Sayur yang Banyak

Sayur dan buah adalah sumber serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat tentunya dambaan banyak orang. Pun dengan sakit nyeri pinggang yang menyergap, anda bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin.

Sayur hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong, sawi, selada, dan daun kelor cocok sekali untuk terapi kesehatan tubuh. Buah segar seperti melon, semangka, jeruk, apel, dan mangga juga sangat banyak serat yang baik untuk tubuh.

7. Senam

Senam adalah salah satu olahraga yang bisa membuat sakit nyeri pinggang bisa berkurang. Senam yang dilakukan tidak harus senam yang berat atau terlalu energik. Cukup yang membuat tubuh bergerak aktif serta bisa membuat pinggang relaks. Relaksasi ini tentunya bermanfaat untuk kesehatan pula.