Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Cara Mengatasi Mata Bengkak

Cara Mengatasi Mata Bengkak

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami
Cara Mengatasi Mata Bengkak

Pada dasarnya, mata bengkak disebabkan oleh akumulasi cairan di area mata dan jaringan kulit di sekitarnya. Jaringan di area mata termasuk jaringan paling tipis sehingga pembengkakan sangat mudah terlihat dan sulit disembunyikan. Nah, akumulasi cairan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti tangisan, kurang tidur, efek konsumsi sodium berlebih, dan bahkan infeksi. Jadi, memang nggak selalu karena habis nangis ya,Untuk mengatasi mata bengkak, sebaiknya Ladies kenali dulu penyebabnya agar penanganannya dapat dilakukan secara tepat. Seperti berikut ini kami akan memberikan anda Cara Mengatasi Mata Bengkak :

1. Minum Banyak Air

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengobati mata bengkak adalah dengan minum banyak air. Saat kebutuhan air tubuh tercukupi, kemungkinan terjadinya penumpukan cairan di sekitar mata yang menyebabkan mata bengkak akan semakin kecil. Air juga sangat membantu untuk meluruhkan racun untuk keluar tubuh.

Untuk menjaga kandungan air dalam tubuh, minumlah paling tidak 8-10 gelas per hari. Jika memungkinkan pula, hindari terlalu banyak mengonsumsi garam, karena garam dapat membuat cairan tubuh berkurang. Hindari pula minuman berkafein serta minuman bersoda yang dapat membuat seseorang cepat dehidrasi.

2. Sendok Dingin

Cara yang satu ini juga secara mengejutkan dapat mengobati mata bengkak secara kilat. Caranya cukup mudah, terlebih dahulu cuci sekitar 5-6 sendok, dan kemudian masukkan ke dalam freezer atau kulkas sehingga membuatnya dingin. Kemudian, setelah sekitar 10-15 menit sendok didinginkan, letakkan sentok di atas mata sambil mata terpejam. Sesuaikan bentuk sendok dengan bentuk mata, baiknya Anda menggunakan sendok makan yang pas ukurannya dengan mata.

Perlahan-lahan, sendok yang diletakkan di mata akan menghangat dan bengkak di mata berkurang. Jika bengkak masih terasa, gantilah sendok yang sudah hangat dengan sendok baru yang masih ada di kulkas atau freezer.

3. Kantung Teh

Baik kantung tek hijau, kantung teh hitam, atau teh jenis apapun, ternyata juga sangat ampuh untuk mengobati mata yang sedang bengkak. Daun teh yang terdapat di dalam kantung teh memiliki zat anti iritan yang dapat mengurangi pembengkakan pada mata. Jika saat bengkak mata juga memerah, menggunakan kantung teh Anda dapat menghilangkan tanda-tanda peradangan tersebut. Cara menggunakan kantung teh juga cukup mudah.

Caranya:

  • Dinginkan 2 buah kantung teh yang telah selesai diseduh ke dalam kulkas selama 30 menit.
  • Kemudian gunakan kantung teh untuk memaskeri mata yang terpejam.
  • Diamkan selama 10-15 menit
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari jika bengkak belum juga hilang.

4. Mentimun

Sering melihat wanita yang menggunakan masker kemudian menutup matanya dengan irisan mentimun? Mentimun memang sudah sangat populer manfaatnya untuk mata yang segar dan sehat. Enzim yang terdapat dalam mentimum memiliki sifat astringen yang dapat mengurangi peradangan dan membantu membuat kulit terlihat lebih kencang, sehingga bengkak berkurang.

Menggunakan mentimun juga memiliki manfaat lainnya, yaitu mengilangkan kerutan dan lingkaran hitam di sekitar mata. Untuk menggunakan mentimun, terleih dahulu masukkan irisan mentimun ke dalam kulkas selama 10 menit. Kemudian gunakan untuk memaskeri mata selama 10 menit hingga sensasi dinginnya menghilang. Lakukan sebelum tidur dan sewaktu bangun tidur.

5. Putih Telur

Cara mengobati mata bengkak dengan putih telur. Putih telur memiliki kemampuan untuk mengencangkan kulit, sehingga sangat baik untuk mengobati bengkak. Selain itu, putih telur juga dapat menghilangkan kantung mata serta mencegah kerutan terbentuk. Jika bengkak terbentuk di bagian bawah mata, baiknya Anda menggunakan putih telur.

Caranya:

  • Pisahkan bagian kuning dan putih dari 2 butir telur,
  • Kocok putih telur hingga teksturnya kaku.
  • Gunakan sikat atau kain halus untuk mengaplikasikan putih telur di bagian bawah mata, dan
  • Diamkan sesaat hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat.

6. Kentang

Umbi yang satu ini selain enak dimakan ternyata juga sangat ampuh dalam menghilangkan mata bengkak. Kentang mengandung pati yang memiliki zat anti peradangan untuk mengurangi pembengkakan di bagian bawah mata atau kantung mata.

Caranya:

  • Pertama-tama, kupas kentang dan cuci denga air bersih.
  • Parut kentang mentah tersebut dan letakkan di kain perca, k
  • Kmudian ikat kain tersebut.
  • Letakkan kain di atas kelopak mata yang membengkak, dan biarkan jika cairan kentang keluar membasahi kelopak mata.
  • Lakukan 2 kali sehari untuk menghilangkan bengkak pada mata secara efektif.

7. Air Garam

Air hangat yang dicampurkan dengan garam dapat berfungsi sebagai bahan sederhana ang dapat mengurangi bengkak pada mata pula. Air garam bekerja dengan cara menghilangkan penimbunan cairan pada daerah sekitar mata yang membuat mata membengkak.

Caranya: 

  • Campurkan setengah sdt garam pada mangkuk yang berisi 4 gelas air panas.
  • Kemudian aduk hingga garam seluruhnya larut.
  • Gunakan kapas untuk membantu larutan ini mengobati mata bengkak.
  • Letakkan kapas yang sudah dibasahi ke atas kelopak mata yang terpejam.
  • Diamkan selama 15-20 menit.

8. Air Dingin

Jika penyebab mata bengkak adalah Anda kurang tidur, maka yang Anda butuhkan hanyalah bahan sederhana berupa air dingin. Air dingin dapat membantu untuk mengecilkan pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan.

Cara menggunakan air dingin cukup mudah, hanya dengan mencuci dan melap bagian mata dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin. Lakukan hingga bengkak berkurang dan ukuran mata kembali normal.

9. Stroberi

Stroberi mengandung zat asam alfa hidroksi yang mampu membuat kulit terlihat lebih lembut dan kencang. Dengan begitu, jika digunakan untuk mengobati mata yang bengkak, stroberi juga cukup ampuh. Caranya mudah saja, dinginkan beberapa buah stroberi di dalam kulkas selama 30 menit. Kemudian iris-iris tebal dan letakkan secara merata ke bagian kelopak mata selama beberapa menit.

10. aloe Vera

Aloe Vera atau lidah buaya mengandung antioksidan dan vitamin E yang juga sangat efektif untuk mengobati mata bengkak. Aplikasikan saja gel lidah buaya ke bagian bawah mata. Selanjutnya pembuluh darah aka mengalirkan darah dengan lebih lancar sehingga mengurangi pembengkakan. Hati-hati agar jangan sampai gel lidah buaya memasuki bagian mata karena dapat menimbulkan sensasi perih.