Categories
Tips Kesehatan

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia , Cara Alami Mengobati Migrain , Obat Alami Menghilangkan Bau Badan , Obat Tradisional Penghilang Gatal , Dampak Insomnia Bagi Tubuh , Gejala Asam Lambung Kronis , Obat Tradisional Asam Lambung , Cara Mencegah Kanker Payudara , Deteksi Penyakit Dari Warna Lidah , Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan , Cara Mengatasi Nyeri Pinggang , Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan , Makanan Yang Berbahaya Untuk Bumil , Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut , Cara Mengatasi Telat Haid , Jamu Setelah Melahirkan , Jenis Jamu Pelancar Asi
Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan adalah suatu kondisi tidak nyaman yang dialami seseorang ketika berpergian dengan kendaraan, seperti mobil, bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang. Mabuk perjalanan lebih sering dialami oleh anak-anak berusia 5-12 tahun, wanita hamil, dan orang lanjut usia.

Gejala Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan bukan merupakan kondisi yang berbahaya, tetapi hal ini dapat menyebabkan rasa mual hingga muntah. Selain itu, mabuk perjalanan juga dapat membuat penderitanya mengalami pusing, wajah pucat, peningkatan produksi air liur, tidak nyaman pada bagian perut, lemas, mengeluarkan keringat dingin, serta kehilangan keseimbangan.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan terjadi akibat ketidakmampuan otak menerima dengan baik campuran sinyal dari beberapa anggota tubuh. Dalam suatu perjalanan, mata dapat melihat ke arah yang berbeda dengan yang dirasakan otot dan sendi. Ditambah lagi, telinga bagian dalam yang berisi cairan untuk mengatur keseimbangan tubuh, akan merasakan adanya goncangan ketika kendaraan sedang melaju. Ketiga sinyal ini akan dikirim ke otak, namun otak tidak mampu memproses dengan baik sinyal-sinyal yang berbeda tersebut. Hal ini membuat kerja otak menjadi kacau dan timbul keluhan mabuk perjalanan.

Berikut adalah berbagai Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan :

Yang pertama yaitu dengan memastikan tubuh berada dalam keadaan sehat. Saat ingin melakukan perjalanan yang jauh pastikan tubuh berada dalam keadaan sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan terlebih dahulu seperti nasi beserta lauk pauknya. Namun, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan berat sehingga menyebabkan lamanya proses pencernaan. Hindari juga makanan yang terlalu pedas, berlemak dan juga makanan yang memiliki bau yang kuat misalnya daging ikan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan  selanjutnya adalah dengan memperhatikan pandangan Anda saat perjalanan. Saat perjalanan di dalam kendaraan ada baiknya memperhatikan objek pandangan Anda. Buatlah mata dalam keadaan fresh dengan cara memperhatikan beberapa objek melalui kaca. Ada baiknya jika tidak terpacu pada gadget Anda. Ketika sudah merasa pusing dan mual, maka segeralah menghirup minyak kayu putih atau sejenisnya. Kalau pun perlu Anda bisa mendengarkan lagu agar tidak merasa bosan saat berlama-lama duduk di kendaraan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan  selanjutnya apabila kemacetan melanda perjalanan Anda, maka ada baiknya Anda menepi sejenak dan segera beristirahat supaya otak kembali fresh. Membuka jendela dan segera menghirup udara segar agar mengurangi rasa pusing dan mual yang terasa. Anda juga bisa sejenak pergi ke swalayan terdekat untuk berbelanja minuman atau obat lain yang bisa mengatasi mabuk perjalanan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan  selanjutnya yaitu apabila Anda melakukan perjalanan laut, maka pilihlah tempat yang di tengah dan dekat dengan air. Apabila dengan kereta api atau kendaraan darat lainnya, maka usahakan duduk di depan. Jangan terfokus dengan kegiatan membaca, menonton video ataupun asyik bermain handphone. Selanjutnya jika menggunakan jalur udara, maka pilihlah tempat duduk di dekat sayap pesawat. Anda juga bisa membatasi pengonsumsian makanan selama dalam perjalanan.