Categories
Tips Kesehatan

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Saat hidung tersumbat, bernapas bisa jadi suatu tantangan berat. Apapun penyebabnya — alergi, pilek, atau flu — sulit bernapas dapat membuat Anda cepat lelah dan kepayahan.

Banyak orang yang mengira bahwa hidung tersumbat adalah akibat dari penggumpalan lendir di saluran hidung. Tapi, hidung tersumbat sebenarnya disebabkan oleh pembuluh darah sinus yang meradang.

“Hidung memiliki jaringan pembuluh darah berkatup yang luas dan bisa membuka-tutup,” ujar Scott P. Stringer, MD, profesor THT di University of Mississippi Medical Center dan kepala direksi Rhinology and Paranasal Sinus Committee of the American Academy of Otolaryngology–Head and Neck Surgery. Saat hidung mengalami iritasi, sistem sarafnya juga terstimulasi, menyebabkan katup pembuluh darah terbuka. Hasilnya, semakin banyak darah yang mengalir ke dalam hidung. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan di saluran hidung dan membuat Anda sulit untuk bernapas. Berikut adalah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat :

1. Banyak minum minuman hangat

Minuman hangat akan membuat lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga cairan bisa keluar. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, Anda bisa memvariasikan dengan teh hangat, jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

2. Menghirup uap air hangat

Menghirup uap dapat melegakan hidung tersumbat karena uap air hangat yang kita hirup juga akan membantu mencairkan lendir yang ada pada hidung.

Caranya :

  1. Masak air hingga mendidih lalu, hirup uapnya
  2. Jangan terlalu dekat agar hidung tidak melepuh

3. Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih

Agar menghirup uap air semakin efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.

4. Mengompres hidung dengan air hangat

Caranya :

  1. Siapkan handuk kecil atau sapu tangan
  2. Celupkan pada air hangat
  3. Letakkan handuk kecil itu di hidung

Mengompres hidung dengan handuk yang dicelupkan pada air hangat juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi hidung pada bayi yang efektif.

5. Membuang cairan hidung (ingus)

Baik Anda maupun anak atau bayi Anda mengalami hidung tersumbat segera keluarkan ingus dalam hidung agar tidak menyumbat jalannya pernapasan. Jika Anda hendak melakukannya pada anak atau bayi, cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi adalah dengan membuang ingus mereka menggunakan aspirator (alat penghisap cairan hidung) yang bisa dibeli di apotek.

6. Menghangatkan badan

Cara mudah lainnya untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menghangatkan badan Anda, bisa dengan mematikan AC atau kipas angin. Kemudian selimuti badan Anda atau anak dan bayi Anda. Cara menghangatkan badan yang lain untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mandi air hangat.

7. Mengonsumsi bawang putih

Cara mengatasi hidung tersumbat secara oral namun tidak meminum obat adalah dengan memakan atau mengunyah langsung bawang putih. Bawang putih berperan sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk memberangus bakteri penyebab hidung tersumbat.

8. Mengonsumsi makanan pedas

Cara ini merupakan cara yang mudah dan menyenangkan, mungkin bagi Anda pecinta makanan pedas. Dengan memakan makanan, dengan sendirinya lendir akan mengalir keluar ketika Anda mengalami kepedasan.

9. Tidur dengan bantal tambahan

Tidur dengan menggunakan bantal tambahan atau 2 bantal di kepala Anda akan menjaga kepala Anda tetap miring sehingga akan membantu pernapasan ketika Anda hendak tidur.

10. Memijat hidung dengan ringan

Memijat bagian atas hidung menggunakan jempol dan telunjuk akan membantu hidung Anda agar lega. Cukup dengan memijat ringan atas hidung Anda dengan gerakan memutar hingga hidung terasa lega.

11. Semprotan saline

Larutan saline yang kemudian akan disemprotkan pada hidung akan membantu mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat. Semprotan saline dapat Anda beli di apotek terdekat.