Categories
Tentang Pengobatan Tentang Penyakit

Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis

Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Susu Bumil Merek Paling Bagus , Cara Mengatasi Vertigo , Khasiat Petai Untuk Kesehatan , Makanan Penyembuhan Kanker Paru Paru , Cara Menangani DBD Di Rumah , Khasiat Buah Jeruk Untuk Tubuh , Tips Memakan Mie Instan Agar Tetap Sehat , Manfaat Minum Vit C Sebelum Tidur , Cara Mengatasi Kurap Secara Alami , Bahaya Mengucek Mata Dengan Tangan , Jus Untuk Flu Agar Cepat Sembuh , Jus Untuk Diare Lekas Sembuh , Buah Untuk Sariawan Cepat Sembuh , Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan , Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan , Makanan Penderita Penyakit Ginjal , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Gejala Angin Duduk Yang Berbahaya , Makanan Penyebab Keputihan Berlebihan , Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam , Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis , Gejala Stress , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Langkah Mencegah Batu Empedu
Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis

Bau mulut adalah masalah umum yang dialami banyak orang dari segala usia. Di sisi lain, bau mulut tidak sedap ternyata juga dapat menjadi indikasi adanya penyakit tertentu. Meski tampak sederhana, tapi bau mulut yang tidak ditangani dapat membuat orang tidak percaya diri. Tidak jarang, kondisi ini mengganggu hubungan personal. Apalagi kondisi ini ternyata bersifat menetap pada sekitar seperempat orang yang mengalaminya. Selain bau mulut ini sangat mengganggu , bau mulut dapat membuat seseorang tidak percaya diri , berikut ini kami akan memberikan anda Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis :

1. Melakukan Perawatan Gigi Rutin

Merawat gigi secara rutin adalah salah satu tindakan yang sangat penting untuk mencegah bau mulut. Perawatan gigi bisa dilakukan minimal selama enam bulan sekali. Dokter gigi biasanya akan memeriksa kondisi gigi, menghilangkan plak yang bisa menyebabkan bau mulut dan memeriksa kondisi kesehatan mulut secara keseluruhan. Selain itu, perawatan gigi secara teratur mencegah terjadinya abrasi gigi.

2. Gosok Gigi Secara Rutin

Gosok gigi yang rutin juga bisa menghilangkan resiko bau mulut yang kurang sedap. Gosok gigi akan membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang berada pada sela gigi dan gusi. Cara mengatasi bau mulut dengan menggosok gigi juga akan menghilangkan plak, yang menjadi habitat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Gosok gigi akan memelihara kesehatan gigi dan mulut sehingga mengurangi bau mulut.

3. Bersihkan Lidah

Membersihkan lidah adalah hal ringan yang paling sering diremehkan. Ketika sedang gosok gigi maka gunakan kaca pembersih lidah khusus yang bisa mengurangi potensi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Gosok lidah dari bagian atas ke bawah secara lembut. Selain gigi dan gusi, maka bakteri penyebab bau mulut juga berkembang pesat di bagian lidah.

4. Menggunakan Produk atau Obat Kumur

Obat kumur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut. Konstruksi obat kumur biasanya berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut dan membersihkan sisa makanan yang masih berada di sela gigi dan gusi. Anda tidak bisa meninggalkan gosok gigi jika sudah memakai obat kumur. Jadi tetap lakukan gosok gigi dan kumur dengan cairan khusus.

5. Pacu Produksi Air Liur

Terkadang tanpa kita sadari kita membiarkan mulut menjadi sangat kering. Mulut kering akan memicu pertumbuhan bakteri anaerob yaitu bakteri yang menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk mengatasi masalah mulut yang kering maka bisa mengkonsumsi permen yang mengandung bahan mint. Kunyah permen karet tanpa gula dan beberapa jenis permen netral tanpa gula dan bahan pemanis tambahan.

6. Basmi Bakteri Mulut dengan Makanan

Bau mulut juga bisa dipengaruhi dari menu makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari. Jika kekurangan buah dan sayuran maka bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Untuk menghindari hal ini maka bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan kaya serat seperti buah dan sayuran.

7. Terapi dengan Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh alami yang banyak ditemukan di Jepang. Teh hijau bisa meningkatkan kesehatan karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Namun ternyata teh hijau juga bisa menghilangkan bau mulut. Teh hijau mengandung polifenol yang bisa mengurangi produksi bakteri berlebihan pada mulut dan menghilangkan bau belerang dari sisa makanan pada gigi dan gusi.

Tapi jangan samakan manfaat teh hijau dengan bahaya es teh yang mungkin sering anda konsumsi.

8. Hindari Obat yang Membuat Mulut Kering

Jika sedang sakit maka jangan minum obat yang bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Beberapa jenis obat ini termasuk adalah obat penghilang rasa sakit dan obat antidepresan. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa meminta resep obat lain. Obat ini termasuk :

  • obat analgesik
  • obat tramadol

9. Hindari Merokok

Apakah Anda memiliki kebiasaan merokok? Jika masih terbiasa merokok dan ingin menghilangkan bau mulut, maka hentikan kebiasaan merokok. Bahaya merokok akan meninggalkan zat asam dalam mulut yang bisa membuat nafas menjadi lebih berbau. Selain itu rokok juga bisa membuat mulut menjadi kering sehingga kondisi kesehatan mulut tidak terlalu baik.

10. Minum Banyak Air Mineral

Kebiasaan minum air mineral juga bisa mengatasi bau mulut. Air mineral akan mempertahankan kesehatan mulut dan menghindari bau mulut yang berlebihan. Jika suka dengan minuman manis dan bersoda maka hentikan kebiasaan itu dan ganti dengan air putih. Air mineral juga sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh.

11. Rawat Gigi Palsu

Jika memakai gigi palsu maka sangat disarankan untuk selalu membersihkan dan merawat gigi palsu. Gigi palsu juga bersifat seperti gigi asli pada umumnya. Cara menghilangkan bau mulut harus selalu membersihkannya, karena bisa memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

12. Batasi Minuman Kopi

Jika memang menyukai minuman kopi, maka sebaiknya mulai sekarang lebih dikurangi. Kopi bisa menimbulkan zat asam yang bisa membuat pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat. Anda tetap bisa minum kopi dalam jumlah yang lebih kecil dan selalu gosok gigi setelah minum kopi. Jangan meninggalkan gosok gigi setelah minum kopi karena akan membuat bakteri tumbuh dengan cepat.