Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Cara Mengatasi Batuk Berdahak

Cara Mengatasi Batuk Berdahak

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak
Cara Mengatasi Batuk Berdahak

Siapapun yang mengalami batuk berdahak, tentu merasa tak nyaman akibat dahak yang terasa mengganjal di tenggorokan atau bahkan membuat dada terasa berat. Berbagai cara menghilangkan batuk berdahak mungkin sudah dicoba, namun jika tak kunjung membuahkan hasil, maka simaklah tips di bawah ini. Pada umumnya, keluhan batuk bermula dari serangan flu atau pilek biasa yang disebabkan oleh virus. Pada kondisi ini, yang umum dirasakan pertama kali adalah demam, pilek, dan batuk kering, namun lambat laun batuk menjadi basah atau berdahak. Menghilangkan batuk berdahak seperti ini tergolong mudah, dan tidak perlu menggunakan obat khusus. Namun disisi lain, batuk berdahak terkadang menjadi tanda adanya masalah lain, seperti asma, pneumonia, gagal jantung atau bronkitis kronis dengan gejala lain yang menyertainya. Semakin lama batuk berlangsung dan semakin kompleksnya gejala yang menyertai, maka semakin besar kemungkinan penyebabnya adalah kondisi yang lebih serius. Anda juga bisa Mengobati Batuk Dengan Bahan Alami :

1. Minum Cukup Air Putih

Pernah mendengar nasihat untuk banyak minum air ketika sakit? Nasihat tersebut bukan sekadar saran asal. Minum air putih dapat membantumu meredakan batuk berdahak membandel.

Saat kamu sedang sakit flu dengan gejala batuk berdahak cobalah untuk tetap minum air yang cukup. Selain mencegah dehidrasi, cairan akan membantu mengencerkan dahak dan menenangkan iritasi tenggorokan.

Dahak yang terkumpul di tenggorokan akan menyebabkan munculnya batuk. Minum air putih dapat pula membantu lapisan lendir tetap lembap.

2. Manfaatkan Ekspektoran Alami

Ekspetoran mampu membantu menipiskan lendir dan mempermudah pengeluarannya saat batuk. Cara ini terutama dibutuhkan ketika lendir sulit untuk dikeluarkan meski kamu sudah batuk terus menerus.

Selain pada obat, kamu juga bisa menemukan ekspektoran dari bahan-bahan alami. Salah satunya madu yang tak hanya lezat, tetapi juga dipercaya mampu meredakan batuk berdahak.

Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu daun mint. Kandungan mentolnya dapat menipiskan lendir dan membantu mengeluarkan dahak. Kedua bahan ini bisa kamu campurkan dalam secangkir teh hangat sebelum tidur.

Perlu dicatat bahwa ekspektoran tidak akan mengobati infeksi. Manfaatnya lebih mengarah pada meredakan gejala batuk berdahak, membuatmu tidur lebih baik, dan merasa jauh lebih nyaman.

3. Mandi Air Hangat

Satu lagi saran yang pasti sudah sering kamu dengar saat sedang sakit flu disertai batuk berdahak, yaitu mandi air hangat. Langkah ini ternyata tidak hanya dilakukan untuk membersihkan tubuh, namun juga berguna untuk melegakan batuk berdahak.

Cara mengobati batuk berdahak dengan mandi air hangat dilakukan untuk memeroleh udara yang hangat dan lembap. Udara ini mampu meringankan batuk yang membandel dengan melonggarkan lendir di jalan napas.

Selain mandi, kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang sama melalui humidifier. Bahkan hanya dengan bernapas pada kain bersih yang sudah direndam dalam air hangat dapat membantu menipiskan lendir dan menangani lendir yang mengeras.

4. Oleskan Minyak Kayu Putih

Selain memberikan rasa hangat pada kulit, mengoleskan minyak kayu putih mungkin menolong keluhan batuk berdahak.

Minyak kayu putih tampaknya membantu melonggarkan lendir yang mengganggu, sehingga ketika batuk dahak akan lebih cepat keluar. Rasa hangat yang muncul juga bisa membantu meredakan gejala batuk berdahak.

Cukup oleskan minyak kayu putih pada bagian dada. Selain minyak kayu putih, manfaat ini bisa pula didapatkan dari penggunaan balsem yang memiliki kandungan mirip minyak kayu putih.

5. Kenali Penyebab Batuk Berdahak

Batuk berdahak bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari flu hingga alergi. Sayangnya, beberapa orang terkadang salah mengira penyebab batuknya. Dahak yang tebal sering disangka sebagai reaksi alergi.

Akibatnya, hal ini dapat memicu salahnya cara mengobati batuk berdahak. Karena dikira disebabkan oleh alergi, maka antihistamin dikonsumsi untuk menurunkan gejala. Padahal penggunaan yang tidak tepat justru membuat dahak lebih sulit keluar.

6. Rutin Mengonsumsi Madu Soba

Untuk membuat saluran pernapasanmu kembali lancar, cobalah rutin mengonsumsi madu soba. Sebuah penelitian menyatakan konsumsi madu jenis ini secara rutin mampu menurunkan gejala batuk berdahak layaknya pemberian obat ekspektoran seperti dextromethorphan.

Konsumsi madu langsung tanpa mencampurkannya dengan teh herbal untuk mengobati batuk berdahak, radang tenggorokan, hingga pilek. Namun ingatlah, madu ini sebaiknya tidak diberikan kepada bayi berusia di bawah satu tahun.

7. Gunakan Alat Pelembap Udara

Gunakan alat pelembap udara untuk mengobati batuk berdahak – OkayDoc

Melembapkan udara dapat kamu jadikan solusi untuk mengobati batuk berdahak tanpa obat. Tahap ini dipercaya dapat membantu mengencerkan lapisan dahak dan membuatnya mudah dikeluarkan dari saluran napas. Cara ini juga dapat membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Dibandingkan dengan penggunaan uap air panas, kamu dapat menggunakan alat pelembap udara (humidifier). Namun, pastikan untuk membersihkannya secara rutin agar tidak terkontaminasi jamur.

8. Kompres dengan Air Hangat

Jika kamu enggan menggunakan alat pelembap udara, cobalah kompres wajahmu dengan air bersuhu suam-suam kuku. Meskipun cara ini banyak digunakan untuk meringankan sakit kepala pada penderita sinus, kamu tetap bisa mencobanya.

Menghirup uap hangat yang keluar dari handuk atau waslap dapat mengencerkan dahak yang menyumbat tenggorokanmu. Lakukan prosedur itu beberapa kali di malam hari. Pastikan juga untuk mencelupkan handuk atau waslap tersebut ketika sudah dingin.

9. Berkumur dengan Air Garam

Kamu bisa berkumur dengan air garam sebagai cara mengobati batuk berdahak yang mengganggu tenggorokan. Selain menghilangkan dahak yang mengganggu napas, air garam juga dapat membunuh kuman dan meredakan radang tenggorokan.

Coba campurkan satu cangkir air hangat dengan ½ atau 1 sendok teh garam. Dan berkumurlah selama 30-60 detik hingga air pada cangkir habis. Prosedur ini dapat kamu lakukan sekitar 2-4 kali sehari.

10. Kurangi Konsumsi Kopi dan Teh

Kamu seharusnya tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi dan teh saat batuk. Minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan kamu kehilangan cairan hingga dehidrasi akibat sering buang air kecil. Padahal hidrasi tubuh yang cukup sebenarnya sangat membantu pemulihan batuk berdahakmu.

Saat kamu minum kopi atau teh berlebihan, dahak bisa menjadi lebih kental dan sulit dikeluarkan dari saluran napas. Hal tersebut secara otomatis membuat tubuh melakukan refleks batuk lebih sering agar dahak tak mengganggu jalannya napas.

Jika terus dibiarkan, batuk yang parah bisa menyebabkan tenggorokanmu mengalami radang hingga kehilangan suara. Jadi, segera kurangi konsumsinya selama batuk ya!

11. Hindari Kebiasan Merokok

Bagi kamu perokok aktif, sebaiknya terapkan cara mengobati batuk berdahak ini. Rokok ternyata dapat menyebabkan batuk tak kunjung sembuh. Selain mengandung banyak sekali zat yang mengiritasi, rokok juga dapat menyebabkan dahak semakin kental dan sulit dikeluarkan dari dalam tenggorokan.

Batuk berdahak karena flu biasanya akan hilang meski tanpa pengobatan khusus. Namun, kamu pasti menginginkan sakit segera sembuh. Cara mengobati batuk berdahak ini akan membantu menangani dahak dan gejala yang menyertainya.