Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Cara Mendetoksifikasi Usus

Cara Mendetoksifikasi Usus

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Cara Mendetoksifikasi Usus

Usus yang bersih sangat penting untuk meningkatkan sistem pencernaan Anda dan juga membantu untuk mencegah kanker usus besar. Saat usus Anda bersih, hal yang paling mudah untuk Anda rasakan adalah Anda tidak mudah kembung serta berat badan Anda dapat terkontrol.

Proses pembersihan usus dapat dilakukan dengan cara alami. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam usus. Berikut adalah Cara Mendetoksifikasi Usus :

1. Asupan air putih yang cukup

Air yang satu ini memang menjadi primadona bagi setiap masalah kesehatan. Mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari dipercaya mampu membersihkan usus dan juga mengeluarkan racun di dalam tubuh. Zat-zat racun dan juga kotoran yang menempel pad usus akan terbuang dengan air putih sehingga usus akan menjadi lebih bersih.

2. Konsumsi apel

Buah apel kaya akan serat dan juga vitamin yang dipercaya mampu membersihkan usus yang kotor. Apel mengandung pektin yang merupakan jenis karbohidrat yang tinggi sebagai pengental lambung. Anda dapat mengonsumsi jus apel namun tidak disaring ampasnya. Konsumsi rutin dan minumlah segelas air putih untuk mendorong jus apel tersebut sehingga kotoran dapat dengan mudah dibersihkan.

3. Konsumsi buah alpukat

Buah alpukat juga tidak kalah manfaatnya dengan buah apel. Buah yang kaya akan asam folat ini ternyata dapat membantu membersihkan usus yang kotor. Vitamin E dan juga lemak baik yang terdapat di dalam alpukat juga dapat membantu membersihkan kotoran pada usus. Selain itu, alpukat mengandung serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan usus.

4. Konsumsi jahe

Bumbu dapur yang satu ini memang menjadi bahan yang alami dalam merangsang fungsi usus besar dan membuang racun yang berbahaya bagi tubuh. Selain mudah didapatkan, jahe juga merupakan bahan detoks alami pembuang racun dan juga kotoran di dalam usus. Akan tetapi, jahe tidak baik untuk dikonsumsi jika Anda menderita batuk dan juga masuk angin. Anda dapat membuat air rebusan jahe, jus jahe dan juga parutan jahe yang dapat Anda konsumsi secara rutin.

5. Konsumsi lemon

Buah yang memiliki segudang manfaat ini memang tidak diragukan lagi dalam hal menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Buah yang kaya akan vitamin C ini juga memiliki kandungan oksidan yang tinggi untuk pencernaan. Lemon dapat menguras racun dan juga kotoran di dalam tubuh.

Anda dapat menambahkan lemon ke dalam menu harian Anda yang wajib Anda konsumsi. Anda dapat mencampurkan perasan satu buah lemon segar ke dalam madu dan juga garam ke dalam air hangat. Konsumsi setiap pagi tepatnya sebelum sarapan untuk membersihkan usus terlebih dahulu.

Cara lain yang dapat Anda lakukan ialah dengan menggunakan 2 sendok makan perasan lemon yang dicampurkan dengan segelas jus apel. Anda dapat mengonsumsi sajian ini sehari 3-4 kali untuk mendapatkan usus yang bersih dan juga menjaga daya tahan tubuh tetap prima.

6. Konsumsi cuka apel

Selain buah apel, cuka apel ternyata menyimpan segudang manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah apel yang diolah menjadi cuka apel ini ternyata selain berkhasiat membersihkan kotoran, logam dan juga racun di dalam tubuh, juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air putih.

7. Konsumsi stroberi

Jenis buah berry memang kaya akan vitamin c yang dapat membersihkan usus serta meningkatkan sistem imun tubuh yang sangat baik. untuk mendetoksasi racun di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsinya langsung atau dapat dibuat jus sesuai dengan selera. Stroberi juga dapat membuang racun pada usus besar tanpa memiliki efek samping yang tinggi.

8. Konsumsi blueberry

Buah berry berikut ini memang sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi. Buah yang kaya akan aspirin alami ini ternyata dapat diandalkan dalam menjaga usus dari kerusakan akibat kotoran dan juga racun. Radang usus yang kerap menyerang sebagian orang menjadi masalah yang cukup serius karena hal ini berhubungan dengan sistem pencernaan manusia. Jika Anda rentan mengalami peradangan usus, konsumsilah blueberry secara rutin yang berperan sebagai antibiotik di dalam tubuh serta dapat juga mencegah infeksi saluran kencing.

9. Konsumsi raspberry

Buah berry lain yang berperan dalam sistem pencernaan yaitu buah raspberry. Jenis buah ini ternyata dapat digunakan sebagai pembersih alami usus. Raspberry dapat dikonsumsi langsung atau dapat dibuat jus sesuai dengan selera Anda. Anda juga dapat memasukkan buah ini ke dalam menu harian Anda atau ditambahkan ke dalam menu makanan tertentu.

10. Konsumsi jeruk bali

Jeruk bali terkenal sebagai salah satu buah yang mengandung serat pektin yang tinggi. Kandungan yang berkhasiat tinggi tersebut dapat menjadi pengikat kolesterol di dalam tubuh sebagai pembersih kotoran maupun racun yang bersarang di dalam usus. Anda dapat mengonsumsi buah ini agar kandungan serat pektinnya bermanfaat bagi seluruh tubuh.

11. Konsumsi sayur berdaun hijau

Kandungan serat di dalam sayuran berdaun hijau memang sangat dibutuhkan usus untuk terbebas dari racun. Sayuran berdaun hijau tersebut merupakan sumber serat tinggi yang dapat memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh usus. Memasukkan sayuran hijau ke dalam menu harian Anda memang sangat dianjurkan, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi jenis sayuran hijau seperti bayam, kacang polong, kale, rumput jelai, wheatgrass, kubis brussel, alfalfa, dan juga bayam.

12. Konsumsi makanan dan minuman fermentasi

Makanan atau minuman fermentasi memang tidak diragukan lagi akan khasiat dan juga manfaatnya bagi pencernaan. Sumber makanan yang kaya akan probiotik ini merupakan salah satu bakteri baik yang sangat baik untuk pencernaan. Probiotik dikenal sebagai penyehat dan juga pembersih usus yang sangat wajib Anda konsumsi.

Beberapa makanan dan minuman fermentasi yang wajib Anda konsumsi diantaranya kefir, yogurt, miso, sauerkraut, teh kombucha dan juga kimchi. Jadikan menu tersebut ke dalam menu mingguan yang harus Anda konsumsi.

13. Konsumsi lidah buaya

Tanaman yang satu ini tidak hanya berkhasiat dalam perawatan wajah dan juga pertumbuhan rambut, namun juga memiliki manfaat sebagai pembersih usus. Kandungan gel dan juga sifat laksatifnya yang sangat tinggi ternyata dipercaya sebagai pembuang kotoran dan juga toksin di dalam usus. Anda dapat mengonsumsi gel lidah buaya ini yang dikombinasikan dengan perasan satu buah lemon. Anda dapat memblender kedua bahan tersebut sampai tercampur dan dinginkan dulu sebelum dikonsumsi agar lebih nikmat.

14. Konsumsi teh/ kopi

Ternyata kandungan kafein di dalam kopi dapat mendorong kelancaran proses buang air besar. Tentunya, sebagian besar orang pernah mengalami rasa mulas dan juga ingin BAB setelah mengonsumsi kopi. Hal tersebut memang sangat wajar karena kafein bereaksi yang dapat menyebabkan Anda merasa mulas, akan tetapi Anda juga wajib membatasi asupan kopi setidaknya dua gelas per hari.

Jika Anda mengonsumsi kopi dengan takaran yang berlebih, justru akan menyebabkan sembelit. Selain kopi, teh hijau atau teh hitam juga mempunyai manfaat supaya kinerja usus menjadi lebih terangsang. Konsumsi teh hijau/ hitam satu cangkir setiap harinya.

15. Konsumsi chia seed dan flax

Sumber makanan berbentuk biji-bijian ini memang sangat kaya akan lemak dan juga omega-3. Kandungan serat alaminya ternyata berperan dalam membersihkan usus yang kotor dan juga pencernaan.

16. Olahraga rutin

Memang sangat mudah memasukkan olahraga ke dalam salah satu cara membersihkan usus kotor secara alami, akan tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Olahraga memang aktifitas yang sangat mudah dan juga murah yang dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Berjalan selama 30 menit setiap harinya merupakan cara yang sangat sederhana yang dapat Anda lakukan.

Tentunya, menjaga sistem pencernaan dan juga usus tetap bersih menjadi kewajiban yang harus kita lakukan. Bagaimanapun juga, usus merupakan organ tubuh yang mengolah makanan dan juga minuman secara langsung yang masuk ke dalam tubuh kita. Untuk itu, usus juga merupakan awal dimana suatu penyakit meradang.