Categories
Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia , Cara Alami Mengobati Migrain , Obat Alami Menghilangkan Bau Badan , Obat Tradisional Penghilang Gatal , Dampak Insomnia Bagi Tubuh , Gejala Asam Lambung Kronis , Obat Tradisional Asam Lambung , Cara Mencegah Kanker Payudara , Deteksi Penyakit Dari Warna Lidah , Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan , Cara Mengatasi Nyeri Pinggang , Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan , Makanan Yang Berbahaya Untuk Bumil , Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut , Cara Mengatasi Telat Haid , Jamu Setelah Melahirkan , Jenis Jamu Pelancar Asi
Cara Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Kanker bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus), atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara.

Kanker payudara terbentuk saat sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan. Meski biasanya terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa menyerang pria. Tetapi pada bahasan kali ini kami akan memberikan anda Cara Mencegah Kanker Payudara , nah para wanita jika anda sayang pada payudara anda , maka simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini :

1. Kurangi konsumsi lemak

Cara pertama yang harus dilakukan adalah kurangi konsumsi lemak. Mengapa? Alasannya karena banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi bahan pangan yang tinggi akan lemak jenuh merupakan salah satu faktor pemicu kanker, termasuk kanker payudara -salah satunya adalah kesimpulan yang diutarakan oleh kelompok peneliti dari Duke University, Amerika Serikat.

Lalu, apa saja bahan pangan yang tinggi akan lemak jenuh? Ini dia daftarnya :

  • Margarin dan mentega
  • Susu full-cream, dan produk olahan susu lainnya
  • Minyak goreng
  • Coklat
  • Daging sapi
  • Sarden
  • Daging ayam, teruatama bagian paha, dan lain-lain.

Solusinya, selain dengan mengurangi asupan bahan pangan di atas, Anda juga dapat memulai kebiasaan baik dengan memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi akan lemak tidak jenuh, seperti: minyak zaitun, ikan salmon, alpukat, produk olahan kedelai (tahu & tempe), dan lain-lain.

2. Cek pola makan Anda

Setelah itu selanjutnya dengan penuhi asupan buah dan sayur. Anda tentunya mengetahui bahwa paparan radikal bebas turut meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit kanker. Nah, demi menghindarinya, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya akan senyawa anti oksidan. Tujuannya tidak lain agar tubuh dapat melawan paparan radikal bebas dari dalam.

Berikut beberapa sayur dan buah yang kaya senyawa anti-oksidan :

  • Berbagai jenis berry (strawberry, blackberry, raspberry, dan lain-lain)
  • Anggur merah
  • Jeruk
  • Kubis
  • Kol
  • Sawi hijau
  • Lobak, dan lain-lain.

3. Hindari asupan makanan yang tinggi estrogen

Walau hormon estrogen memang ada dalam tubuh setiap wanita, namun penumpukan hormon ini di dalam tubuh (terutama yang berasal dari faktor luar, dikenal juga dengan istilah xeno-estrogen) terbukti dapat meningkatkan risiko Anda menderita kanker payudara.

Karena alasan tersebutlah, menghindari makanan yang tinggi estrogen menjadi cara untuk mencegah kanker payudara dan Anda disarankan untuk menghindari konsumsi berlebih bahan pangan yang kaya akan hormon estrogen, seperti buncis, kurma, kismis, dan sebagainya.

4. Stop rokok dan minum alkohol

Cara mencegah kanker payudara yang selanjutnya, minimalisir risiko Anda mengidap kanker payudara dengan menghentikan kebiasaan merokok serta mengonsumsi minuman beralkohol. Alasannya tidak lain karena kandungan yang terdapat pada rokok dan alkohol terbukti dapat meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh.

5. Perhatikan berat badan

Cara mencegah kanker payudara lainnya adalah dengan memperhatikan berat badan Anda. Dengan semakin bertambahnya berat badan, maka semakin kacau pula pengaturan hormon di dalam tubuh Anda. Inilah yang menyebabkan Anda lebih rentan terkena kanker payudara.

Tidak percaya? Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science menyimpulkan bahwa obesitas pada wanita menopause meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 30-60%; sedangkan bagi wanita yang belum menopause, obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 20-40%.

6. Pertimbangkan kembali keputusan melakukan terapi hormon

Cara mencegah kanker payudara yang terakhir, HRT (Hormone Replacement Therapy) merupakan jenis terapi hormon yang biasanya dilakukan oleh wanita yang sudah masuk ke dalam masa menopause. Namun, tahukah Anda, bahwa terapi hormon ini turut meningkatkan risiko terkena kanker payudara?

Karenanya, sebelum memutuskan untuk menjalani terapi hormon, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter demi mengetahui sisi negatif dan positifnya.