Categories
Tips Kesehatan

Cara Membuat Disinfektan

Cara Membuat Disinfektan

Berbagai hal disarankan sebagai upaya untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona jenis baru yang kini tengah mewabah. Selain menjaga jarak dan tidak keluar dari rumah, kita juga harus menjaga kebersihan baik tubuh maupun lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan di antaranya bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan disinfektan agar terbebas dari paparan virus corona. Sekarang sangat susah mencari disinfektan dimana-mana , Nah sekarang anda dapat membuatnya di rumah , untuk itu berikut ini kami akan mengajarkan anda Cara Membuat Disinfektan di rumah yang bisa anda coba.

1. Desinfektan Berbahan Dasar Cuka

Desinfektan-berbahan-dasar-cuka

Siapa yang menyangka, selain untuk penyedap rasa makanan, cuka ternyata bisa jadi bahan dasar untuk membuat desinfektan. Nggak percaya? Coba simak cara-caranya berikut ini.

  • Ambil botol yang berbahan dasar kaca, bukan plastik. Sebab, kalau plastik nanti bisa bereaksi karena nantinya kita akan menuang minyak esensial di dalamnya.
  • Isi botol dengan air dan cuka dengan takaran yang sama. Selanjutnya masukkan minyak esensial asli dengan aroma sesuai keinginan.
  • Bisa gunakan aroma lemon cocok untuk membersihkan dapur, tea tree atau minyak kayu putih untuk kamar mandi, dan vanilla yang baunya tidak terlalu menyengat.

2. Desinfektan Berbahan Dasar Rubbing Alcohol

desinfektan berbahan dasar rubbing alcohol

Rubbing alcohol merupakan alkohol yang biasa digunakan untuk membersihkan tangan atau mengobati luka ringan dengan cara digosok atau dioleskan. Cairan ini nyatanya juga mampu dijadikan sebagai semprotan desinfektan. Cara membuatnya pun tak beda jauh dengan yang berbahan dasar cuka.

Pertama, kamu ambil botol semprot yang terbuat dari kaca dan masukkan 10 hingga 30 tetes minyak esensial. Selanjutnya tuang rubbing alcohol sebanyak 30ml. Lalu tambahkan air sampai botol tersebut penuh. Terakhir kamu tinggal mengocoknya agar semua bahan-bahan tersebut tercampur.

3. Desinfektan Berbahan Dasar Bayclin

Desinfektan-berbahan-dasar-bayclin
Sumber gambar: instagram.com/nahlashihab

Selain cuka dan rubbing alcohol, masih ada alternatif lain untuk membuat desinfektan, yakni dengan menggunakan Bayclin. Cara ini mulanya disebarkan oleh dr. Nahla Shihab, adik seorang jurnalis beken Najwa Shihab. Bagaimana caranya?

Ambil botol semprot yang digunakan untuk desinfektan dan masukkan 95 ml Bayclin. Lalu tambahkan air sebanyak 905 ml agar kedua bahan tersebut tercampur jadi satu. Jika sudah, maka kamu berhasil membuat 1000 ml semprotan desinfektan.

Bagaimana ShopBackers, sangat mudah kan cara membuat semprotan desinfektan? Nah, setelah kamu tahu caranya, kamu juga wajib tahu soal cara penggunaannya.

 

Cara Menggunakan Desinfektan untuk Basmi Virus

Cara Menggunakan Desinfektan

Seperti sudah disinggung sebelumnya, desinfektan digunakan dengan cara menyemprotkannya ke benda-benda yang ada di sekitar kamu. Masih menurut dr. Nahla Shihab, kamu dapat menyemprotkannya sebanyak 2 kali dalam sehari ke benda-benda yang sering dipegang seperti remot tv, keran, jetshower, gagang pintu, sakelar lampu, tombol siram toilet, meja makan, dan masih banyak lagi.