Categories
Tips Kesehatan

Cara Memasak Yang Berbahaya

Cara Memasak Yang Berbahaya

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah
Cara Memasak Yang Berbahaya

Dalam mengolah masakan, tak hanya bahan baku saja yang perlu diperhatikan kualitasnya. Cara memasak makanannya pun sama pentingnya dengan apa yang hendak Anda makan. Baik itu di goreng, panggang, atau diasapi, produksi karsinogen bisa jadi terbentuk saat asam amino, gula, dan creatine bereaksi pada suhu yang tinggi.

Cara memasak dengan memanggang memiliki dampak yang sama bagi tubuh seperti merokok. Tak hanya metode memanggang yang memiliki dampak negatif, metode memasak tertentu juga dapat merusak kandungan protein dalam bahan dasar makanan.

Jika proses memasak tidak dilakukan dengan benar, protein dalam makanan bisa terdenaturasi atau kehilangan struktur karena panas. Semakin dipanaskannya protein, maka semakin besar terdenaturasi dan semakin kecil kemungkinan untuk tubuh mendapat keuntungan dari senyawa yang ada.

Selain itu, bergantung pada gaya memasak yang dipilih, cara Anda memungkinkan terjadinya oksidasi lemak. Pasalnya, lemak tak jenuh sangat reaktif terhadap panas. Ketika dipanaskan, minyak menghasilkan senyawa dicarbonyls, yang menyebabkan mutasi sel dan pemicu kanker.

Oleh karena itu, sebelum mulai memasak makanan, Anda perlu mengetahui metode memasak yang lebih menyehatkan. Berikut adalah Kesalahan Cara Memasak Yang Mengakibatkan Makanan Tak Sehat :

1. Memasak Sayur Terlalu Lama
Memasak sayuran terlalu lama bisa menghilangkan gizi pada sayuran. Bukan hanya bisa menghilangkan sebagian besar nutrisinya, tapi juga membuat sayur tak enak lagi di makan. Jangan terlalu lama merebus hingga lembek, berubah warna atau bahkan hancur.

2. Menggunakan Terlalu Banyak Bumbu
Menggunakan terlalu banyak bumbu pada masakan seperti misalnya menabur garam, kaldu ayam, dan kecap dalam satu hidangan bisa membuatnya menjadi ladang sodium, yang mana bisa menaikkan tekanan darah dan mengentalkan darah. Terlalu banyak sodium yang masuk ke tubuh juga bisa mengikat banyak air sehingga menimbulkan penimbunan cairan dan berujung pada pembengkakan.

3. Memanaskan Minyak Berlebihan
Tidak semua minyak goreng dibuat dari bahan yang sama. Seperti misalnya minyak zaitun yang punya titik asap relatif rendah, yang berarti setelah melewati suhu tertentu akan terbakar dan mungkin melepaskan radikal bebas berbahaya. Minyak ini tak bisa dipanaskan terlalu lama seperti minyak sayur atau minyak goreng biasa. Sebaliknya, jika memakai minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak kacang, minyak almond atau minyak bunga matahari.

4. Mengupas Kulit Sayuran Tertentu
Tidak semua kulit sayur harus dikupas, karena ternyata ada beberapa sayuran yang justru punya banyak nutrisi di bagian kulit. Kulit kentang, wortel, labu, mentimun dan apel mengandung nutrisi seperti mineral, vitamin dan serat sehingga aman jika dimakan sekaligus. Pastikan aja sudah dicuci bersih.

5. Tidak Mencuci Sayuran Secara Menyeluruh
Ada banyak pestisida dan bakteri yang ada di kulit sayuran, akan lebih baik jika dicuci atau digosok hingga bersih. Sebuah eksperimen yang dilaporkan dalam American Chemical Society bahkan mengungkapkan bahwa menggunakan soda kue dalam bak air untuk mencuci sayuran adalah cara terbaik untuk menyingkirkan hampir semua jejak pestisida.

6. Mencampur Madu di Bahan Makanan Panas
Salah besar jika kamu mencampurkan madu ke dalam makanan panas. Karena suhu panas bisa menghancurkan enzim yang ada di dalam madu. Ini mengurangi sifat obat dari madu. Biarkan dulu hingga suhu makanan atau minuman turun baru tuangkan madu ke dalamnya agar tidak menghancurkan kandungan sehat pada madu.

7. Menggunakan Mentega untuk Menambah Rasa
Menggunakan mentega maupun margarin untuk menambah rasa hanya akan menambah kalori pada makanan sehingga tidak sehat. Belum lagi lemak trans dan lemak jenuh yang diubah ketika mentega dan margarin dipanaskan, bisa bersifat racun, menghambat produktivitas sistem sirkulasi dan memicu banyak penyakit.

8. Menggunakan Terlalu Banyak Minyak
Penggunaan minyak sendiri tidak begitu bagus untuk tubuh. Menggunakan terlalu banyak minyak saat memasak bisa memicu kegemukan, kolesterol tinggi dan penyakit lainnya. Satu sendok makan minyak mengandung sekitar 100-150 kalori, jadi pikirkan lagi ketika ingin menggunakan banyak minyak untuk memasak.