Cara Alami Mengobati Kuku Rusak

Cara Alami Mengobati Kuku Rusak

Image result for Kuku Rusak

Infeksi jamur kuku, atau yang dikenal dengan onychomycosis, adalah salah satu bentuk infeksi yang paling sering dialami oleh orang dewasa. Gejala yang paling mudah dilihat adalah kuku berwarna putih, cokelat, atau kuning dan menyebabkan kuku menjadi mudah patah. Nah, tahukah Anda bahwa obat jamur kuku yang ampuh tidak melulu harus pakai resep dokter? Ya, ada berbagai obat jamur kuku alami yang mungkin saja sudah tersedia di dapur Anda. Apa saja?. Nah pada kesempatan berikut ini kami akan membagikan beberapa Cara Alami Mengobati Kuku Rusak :

  1. Menggunakan Belimbing Sayur

Di dalam belimbing sayur ada kandungan flavonoid yang menawarkan sifat antibakteri sehingga akan mempercepat pemulihan dan kesembuhan kuku rusak bergelombang. Tak hanya flavonoid, belimbing sayur pun memiliki kandungan asam amino sehingga akan dapat diandalkan dalam membuat warna kuku lebih cerah. Cukup dengan daging belimbing digosokkan ke kuku seminggu sekali, Anda akan melihat hasil terbaiknya.

  1. Memakai Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang bisa diandalkan untuk mengobati masalah kuku yang rusak serta memiliki tekstur bergelombang. Cukup oles saja minyak zaitun secukupnya ke kuku tangan dan kaki setiap malam sebelum tidur dan keesokan paginya barulah Anda cuci bersih kuku saat mandi. Melakukan perawatan sederhana ini secara rutin pasti akan membantu Anda dalam memperoleh hasil terbaik.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan atau bumbu dapur yang memang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, dan salah satunya adalah untuk merawat kuku Anda. Ini karena bawang putih memiliki kandungan zat alami yang berguna sebagai penguat kuku efektif.

Untuk mengobati kuku yang rusak bergelombang, sediakan 1-3 siung bawang putih hingga benar-benar halus, barulah lanjutkan dengan mengoleskannya ke kuku kaki maupun tangan sambil menggosoknya perlahan. Tunggulah sampai mengering sendiri dalam beberapa menit dan cucilah bersih menggunakan air bersih, dianjurkan membilas dengan air mengalir.

  1. Jeruk Nipis

Bahan lainnya yang alami dan efektif dalam mengobati kuku bergelombang dan rusak adalah jeruk nipis. Cukup dengan merendam kuku baik itu kuku kaki maupun kuku tangan di dalam campuran air hangat dan perasan jeruk nipis 15 menit lamanya, Anda akan melihat hasil terbaik. Pakailah handuk selepas 15 menit dan karena ada sifat astringent di dalam jeruk nipis, otomatis kuku akan dibuat lebih cerah dan sehat.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Baik itu kuku rusak bergelombang atau warna kuku yang kurang menyenangkan, masalah seperti ini juga bisa diatasi dengan menggunakan cuka apel karena memang cuka apel memiliki zat-zat alami penguat kuku. Rendamlah kuku kaki dan tangan secara rutin di dalam air hangat yang telah dicampur cuka apel sehari sekali sampai kuku sehat kembali.

  1. Mengandalkan Air Garam

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan dalam upaya mengobati kuku rusak bergelombang adalah dengan merendam kuku jari kaki atau tangan yang mengalami masalah tersebut ke dalam air garam. Perendaman bisa dilakukan kurang lebih 15 menit yang kemudian Anda bisa bilas bersih menggunakan air hangat.

  1. Memanfaatkan Jus Jeruk

Karena jeruk adalah buah yang mengandung vitamin C, di dalamnya terkandung antioksidan tinggi yang akan meningkatkan penampilan, kesehatan dan kekuatan kuku. Rendamlah kuku-kuku Anda ke dalam air perasan atau jus jeruk selama kurang lebih 10 menit dan setelahnya bisa Anda keringkan dan lanjutkan dengan mengoleskan pelembab alami.

  1. Menggunakan Lemon dan Minyak Zaitun

Ada pula cara di mana Anda bisa mengombinasikan 2 bahan alami yang ampuh bagi kesehatan kuku. Jus lemon adalah pilihan yang baik untuk dikombinasi bersama minyak zaitun dengan perbandingan 1:3. Oles ramuan yang sudah jadi ke kuku-kuku jari yang bermasalah dan tinggalkan selama kurang lebih 10 menit. Vitamin C dari buah lemon siap untuk melindungi kuku dari segala bentuk kuman, memperkuat pertumbuhan kuku, dan mencerahkannya secara alami.

  1. Memakai Minyak Vitamin E

Pengobatan kuku rusak dan bergelombang juga dapat dilakukan dengan cara mengoleskan minyak vitamin E secara merata pada kuku-kuku jari Anda. Berikan pula pijatan lembut pada kuku-kuku tersebut selama 5 menit dan lakukanlah setiap malam sebelum tidur. Dalam 2 minggu biasanya akan terlihat hasil terbaik dari perawatan dan pengobatan menggunakan minyak ini.

  1. Menerapkan Minyak Kelapa

Minyak kelapa baik bagi kesehatan dan salah satunya adalah bagi kesehatan kuku. Dalam upaya memperbaiki kuku agar tampil lebih cantik dan kuat, Anda bisa mengolesi setiap kuku dengan minyak kelapa sambil memberikan pijatan lembut. Kuku pun dalam beberapa waktu akan menjadi lebih sehat dan kelihatan lebih cantik.

  1. Menggunakan Tomat

Tomat mengandung kaya akan vitamin A, biotin dan juga vitamin C yang tak hanya baik bagi kuku dan kulit saja tapi juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan rambut. Untuk kuku rusak dan bergelombang bisa Anda coba obati dengan meminum jus tomat organik setiap pagi. Bahkan Anda juga bisa mengonsumsi tomat di siang dan malam hari dengan mencampurkannya ke dalam makanan.

  1. Menambah Asupan Protein

Dalam menjadikan kuku yang rusak dan bergelombang lebih sehat, mulus dan cantik, Anda bisa menambah asupan protein ke dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi akan membantu menyehatkan kuku kembali seperti:

  • Sayuran berwarna hijau gelap
  • Telur
  • Daging tanpa lemak
  • Kacang-kacangan
  • Ikan
  • Biji-bijian
  • Produk susu, khususnya susu almond.
  1. Minum Susu

Kuku yang rusak dan bergelombang bisa jadi adalah akibat kekurangan mineral kalsium. Kalsium tak hanya baik bagi tulang karena mineral ini pun berfungsi sebagai peningkat kesehatan kuku. Makanan yang mengandung kalsium tinggi bisa Anda nikmati setiap hari agar mampu menguatkan tulang dan menyehatkan kuku, seperti susu. Kandungan selain mineral kalsium di dalam susu adalah zat besi, vitamin A dan vitamin B2 juga bermanfaat bagi kuku untuk mencegah kuku tidak gampang patah.