Cara Alami Mengobati Encok Di Tangan

Cara Alami Mengobati Encok Di Tangan

Image result for Encok Di Tangan

Nyeri, sendi kaku, rasa panas, kemerahan dan bengkak pada pangkal ibu jari kaki, tumit, lutut, pergelangan kaki, tangan dan siku adalah ciri-ciri terkena encok. Kenali 5 penyebabnya agar terhindar dari encok.

Encok merupakan penyakit yang disebabkan penumpukan kristal asam urat di dalam jaringan ikat, yaitu ruang antara dua tulang atau di dalam tulang itu sendiri.

Penumpukan kristal ini menyebabkan peradangan artritis yang memicu pembengkakan, kemerahan, rasa panas, nyeri serta kekakuan di sendi.

Asam urat yang menumpuk tersebut merupakan zat yang dihasilkan dari pemecahan purin, zat ini merupakan bagian dari semua jaringan manusia dan ditemukan pada berbagai jenis makanan.

Seharusnya asam urat ini terlarut dalam darah dan melewati ginjal hingga akhirnya dikeluarkan melalui urin. Tapi jika produksi asam urat di tubuh meningkat dan ginjal tidak cukup kuat menghilangkan asam urat, maka kondisi ini memicu terjadinya hyperuricemia (peningkatan kadar asam urat dalam darah). Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Alami Mengobati Encok Di Tangan :

  1. Akar bunga pagoda

Ambilah segenggam akar bunga pagoda sebagai bahan dasar alami untuk cara mengobati encok ditangan. Caranya terlebih dahulu cucilah akar bunga pagoda hingga bersih lalu potonglah menjadi beberapa bagian aagar mnantinya mudah dimasukan dalam panci. Kemudian rebuslah sampai mendidih dengan takaran air 3 gelas dan biarkan sampai menyisakan hanya satu gelas saja. Dinginkan lalu saring untuk kemudian siap dikonsumsi 2 kali sehari samapi sakit encok sembuh.

  1. Kulit manggis

Cara mengobati encok ditangan dapat memanfaatkan kulit manggis. Caranya ambilah 3 kulit utuh dari buah manggis dicuci lalu potonglah menjadi beberapa bagian. Jemurlah hingga mengering untuk kemudian direbus dengan menggunakan takaran air 5 gelas. Biarkan sampai mendidih dan air hanya menyisakan 2 gelas saja. Setelah itu dinginkan lalu saringlah . Minumlah ramuan tradisional ini 2 kali sehari secara rutin agar penyakit encok mudah disembuhkan.

  1. Jahe dan cengkih

Jahe dan cengkih mempunyai zat anti radang, Antioksidan tinggi dan sama sama memiliki kemampuan menurunkan intensitas rasa nyeri pada persendian akibat encok relatif lebih cepat. Caranya ambilah dua rimpoang jahe dan beberapa cengkih tua kemudian haluskan. Kedua bahan tradisional ini dapat dibalurkan pada tangan yang sakit akibat serangan encok.

  1. Minuman jahe

Minuman jahe adalah minuman tradisional yang nikmat dan dapat dikonsumsi tiga kali sehari. Caranya Ambilah 2 rimpang jahe lalu bersihkan kulitnya, Cucilah sampai bersih dan masukkan kedalam air panas (diseduh) bersama gula aren yang sebelumnya telah dihaluskan. Aduklah hingga merata dan saringlah untuk kemudian tambahkan madu murni secukupnya untuk kemudian siap diminum.

  1. Jus sayuran

Gabungan beberapa sayuran yang mengandung serat, Mineral dan vitamin (Wortel, Mentimun, Bit dan apel) mampu menstabilkan kadar asam urat didalam persendian dan melancarkan jaringan ikat didalam tubuh sehingga seseorang terhindar dari penumpukan zat purin disela sela persendian yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit encok.

  1. Daun dan akar daun tempuyung

Ambilah daun dan akar tempuyung sebanyak 60 g. Cucilah sampai bersih lalu rebuslah dengan takaran air 3 gelas sampai mendidih dan menyisakan air hanya satu gelas saja. setelah itu dinginkan lalu saringlah untuk kemudian dapat dikonsumsi 2 kali sehari secara rutin sampai penyakit encok sembuh.

  1. Minyak jarak

Minyak jarak memiliki efek menhhangatkan , Menenangkan dan meredakan peradangan serta mengempiskan pembengkakn pada tangan yang mengalami serangan encok. Minyak jarak adalah salah satu obat tradisional ampuh yang dapat direkomendasikan untuk cara mengobati encok ditangan yang mudah diperoleh diberbagai gerai toko obat atau apotik. Minyak jarak dapat dioleskan pada tangan yang menderita encok sambil melakuakn pijitan ringan. Cara ini dapat dilakukan 2 kali secara rutin yaitu pagi dan malam menjelang tidur.