Cara Alami Mengobati Bisul

Cara Alami Mengobati Bisul

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan , Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan , Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami , Cara Alami Mengobati Bisul

Cara Alami Mengobati Bisul

Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut, yaitu lubang tempat tumbuhnya rambut.

Bagian tubuh yang paling sering terkena bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Selain itu, bisul juga bisa tumbuh pada kelopak mata. Kondisi inilah yang biasanya kita kenal dengan istilah bintitan. Berikut ini kami akan memberikan anda tips atau Cara Alami Mengobati Bisul :

1. Jangan memecahkan bisul dengan paksa

Pada dasarnya, bisul akan sembuh jika benjolan yang terdapat di kulit sudah pecah. Akan tetapi, bisul yang pecah tidak dengan sendirinya atau pecah secara paksa dapat memperparah infeksi sekaligus menyebarkan bakteri pada kulit lainnya. Oleh karena itu, lebih baik untuk menunggu bisul hingga pecah dengan sendirinya.

2. Oleskan dengan salep antibiotik

Sebenarnya, bisul yang muncul pada kulit bisa saja diobati dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat salep khusus bisul yang telah banyak tersedia di apotek atau toko obat. Penggunaan salep ini bisa meringankan infeksi yang terjadi pada bisul.

3. Hindari menyentuh bisul

Usahakan jangan menyentuh bahkan memegang bisul dengan tangan tanpa mencucinya terlebih dahulu. Hal ini karena bisul sangat sensitif terhadap bakteri sehingga memungkinkan untuk terjadinya infeksi-infeksi lain saat disentuh dengan tangan yang kotor.

Oleh karena itu, sebelum dan sesudah kamu mengobati bisul sebaiknya cuci tangan dengan air dan sabun.

4. Tutup bisul dengan kain kasa yang steril

Benjolan bisul yang sudah pecah bisa saja kembali mengalami infeksi jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu, segeralah tutup bisul yang sudah pecah dengan kain kasa yang sudah diberikan alkohol dan sabun anti-bakteri. Hal ini agar kain kasa bersifat steril dan menghindari bisul dari adanya infeksi lain.

5. Rutin mengganti perban

Untuk menutupi bisul yang sudah membesar, biasanya bisul akan diberikan perban yang telah disterilkan. Rutin mengganti perban pada bisul merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari adanya infeksi lain yang terjadi pada bisul. Ganti lah perban dua hingga tiga kali sehari, agar hal tersebut tidak terjadi.

6. Kompres bisul dengan air hangat

Untuk dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh adanya infeksi pada benjolan bisul tersebut, kamu dapat mencobanya dengan mengompres bisul dengan air hangat.

Selain itu, rutin melakukan hal ini sebanyak tiga kali dalam sehari juga dapat mendorong nanah untuk berkumpul di puncak benjolan. Sehingga, bisul akan matang dan mengecil dengan sendirinya.

7. Kalau masih tidak bisa dengan cara-cara di atas, apa boleh buat, periksa ke dokter

Jika bisul mengalami infeksi yang cukup parah sehingga semakin membesar dan menyebabkan peradangan atau karbunkel, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Hal ini karena nanah yang menggumpal pada bisul harus dikeluarkan dengan cara medis, agar tidak terjadi infeksi yang membahayakan kamu lebih jauh.

Itu dia beberapa upaya atau cara mengobati bisul yang dapat kamu terapkan sendiri di rumah. Meski begitu, jika bisul tidak sembuh dalam waktu dekat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, agar tidak membahayakan kesehatan.