Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Cara Alami Menghilangkan Varises

Cara Alami Menghilangkan Varises

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Khasiat Kulit Melon Untuk Wajah Dan Cacingan , Manfaat Ubi Jalar Untuk DBD , Khasiat Daun Jambu Klutuk , Manfaat Air Garam Untuk Mulut , Khasiat Ramuan Jamu Buah Jambe , Bahaya Alkohol , Resep Dan Manfaat Jamu Telur Bebek , Cara Alami Menghilangkan Varises , Jamu Monalisa Untuk Organ Kewanitaan , Penyebab Telapak Tangan Sakit , Resep Jamu Gepyokan Untuk Bumil , Cara Mengatasi Diabetes , 5 Kumpulan Resep Jamu Jawa , Obat Tradisional Sakit Gigi
Cara Alami Menghilangkan Varises

Varises adalah kondisi di mana pembuluh balik (vena) melebar dan berkelok-kelok. Selain menyebabkan masalah kecantikan, varises dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ataupun nyeri. Setidaknya ada enam tindakan medis sebagai cara untuk menghilangkan varises.

Tanpa penanganan yang tepat, varises dapat menimbulkan hal lain yang lebih serius, misalnya perdarahan dan terbentuknya bekuan darah pada pembuluh balik yang mengalami kelainan, serta luka di kulit. Bahkan, terdapat laporan adanya kanker yang muncul pada luka yang kronik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan varises, guna mencegah berbagai komplikasi yang mungkin terjadi. Berikut ini anda dapat menggunakan Cara Alami Menghilangkan Varises :

1. Olahraga

Rutin berolahraga dipercaya sebagai salah satu cara dalam mengatasi aliran darah dan menurunkan risiko peradangan. Duduk, menyilangkan kaki, dan berdiri yang terlalu lama (tidak berubah posisi) dapat meningkatkan risiko terhadap varises. Melakukan hal tersebut dapat membuat darah menjadi sulit untuk melawan gravitasi saat dialirkan ke jantung.

Kenapa harus olahraga? Sebab olahraga dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, dan menyeimbangkan hormon-hormon dalam tubuh. The Carolina Vascular Institute merekomendasikan beberapa olahraga untuk menghindari varises seperti menaikkan kaki, menaikkan betis, bersepeda, berenang. Olahraga ini dapat memperkuat dan meregangkan pembuluh darah di sekitar kaki.

Jika Anda merasakan sakit ketika berolahraga, pelan-pelan saja, cobalah untuk memberikan es atau member air hangat pada otot yang sakit setelah selesai berolahraga. Apakah Anda sering mendengar meninggikan kaki setelah berolahraga? Ternyata cara ini mampu mengurangi bengkak dan nyeri. Atau Anda juga bisa mencoba stoking kompresi untuk membuat tekanan yang lembut sehingga darah tidak terakumulasi pada kaki.

2. Mencoba mempertahankan berat badan yang sehat

Varises biasanya juga dialami oleh orang-orang dengan kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah, selain itu juga dapat menyebabkan peradangan. Pada penderita obesitas, varises lebih sulit diobati, karena varises tidak diketahui sampai akhirnya sudah meradang dan ukurannya menjadi lebih besar. Anda perlu mengatur gaya hidup sehat, agar berat badan dapat dipertahankan.

3. Menyeimbangkan hormon

Berbagai macam essential oils dapat membantu mengubah aliran darah, selain itu juga meredakan peradangan dan hormon yang tidak seimbang. Cypress oil dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mendukung sistem sirkulasi. Cobalah untuk mengusap area varises dengan lima tetes cypress essential oil selama beberapa minggu. Jika Anda mengalami sakit pada otot, pembengkakan dan kulit lecet, Anda bisa memcoba essential oil yang berbahan peppermint, tea tree, dan minyak lavender karena dapat meredakan rasa sakitnya.

4. Memilih makanan yang mencegah varises

Beberapa makanan dapat menurunkan peradangan dan mengubah tekanan darah. Makanan seperti lemak trans, gula, kafein, alkohol dan makanan olahan dapat menyebabkan kerusakan arteri. Makanan ini biasanya juga tinggi garam. Anda beberapa pilihan makanan yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Makanan kaya serat – makanan kaya serat dapat membuat jantung Anda lebih sehat, selain itu dapat meningkatkan tekanan pada darah menjadi lebih kuat, sehingga menurunkan risiko varises. Anda bisa memperbanyak makan buah-buahan, kacang-kacangan dan sayur-sayuran
  • Makanan yang kaya antioksidan – antioksidan seperti flavonoid, vitamin C dan vitamin E dapat memperkuat pembuluh darah dan melawan peradangan. Antioksidan juga berpengaruh pada kesehatan arteri. Vitamin E juga dipercaya dapat mencegah pembekuan darah. Sedangkan vitamin C memiliki manfaat sebagai anti-peradangan dan baik untuk kesehatan kulit
  • Makanan yang kaya magnesium – masalah pada tekanan darah dan kram kaki adalah tanda kekurangan elektrolit seperti kalium dan magnesium. Anda bisa memperbanyak asupan seperti alpukat, pisang dan ubi
  • Makanan pedas – makanan pedas dapat membuat aliran darah lancar dan membuat panas pada tubuh. Selain itu, sirkulasi darah juga menjadi bagus.
  • Ikan – omega-3 asam lemak ditemukan pada ikan. Mengonsumsi salmon, ikan teri, tuna dan lainnya baik untuk aliran darah. Omega-3 juga dapat mengatasi masalah pada jantung
  • Cuka apel – cuka apel dipercaya dapat memperbaiki sirkulasi dinding pembuluh darah dan sebagai anti-peradangan. Selain itu juga dapat mengatasi peradangan pada varises dan memperbaiki ‘tampilan’ di area varises muncul dalam beberapa minggu

Hal mudah apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah varises?

Selain jangan diam dan duduk dalam waktu yang lama, berikut ini hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah varises:

  • Jangan duduk menyilangkan kaki Anda, karena akan memberikan tekanan buruk pada pembuluh darah
  • Naikkan kaki keatas ketika beristirahat, ibu hamil direkomendasi melakukan ini
  • Pergi berjalan-jalan setiap jam ketika Anda duduk dalam waktu yang lama