Categories
Makanan Kesehatan Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol

Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan
Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran seldan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon. Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin, tetapi simvastatin memiliki efek samping mempercepat timbulnya Katarak atau memperburuk Katarak bagi mereka yang sensitive terhadap obat ini, oleh karena itu sebaiknya gunakan Atorvastatin yang lebih sedikit efek sampingnya dan telah ada Generiknya pula. Seorang dokter menyarankan konsumsi bekatul akan sangat baik bagi kesehatan dan menurunkan kadar kolesterol. Sebenarnya Serat apapun (Oats, Sayur, Buah) akan mengikat sebagian lemak dan dibuang bersama BAB, tetapi yang lebih utama adalah pengaturan makanan (diet). Nah jangan takut dulu anda dapat menemukan hal – hal alami untuk mengatasi kolestrol anda . Seperti berikut ini anda dapat mengonsumsi Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol :

1. Apel

Buah apel dikenal ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, terutama kulit apel. Kulit apel mengandung pektin, yaitu salah satu jenis serat larut yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen. Pektin membantu menyerap kadar kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh lewat urin dan feses.

2. Alpukat

Tidak kalah dengan buah yang lainnya, alpukat juga memiliki segudang manfaat. Alpukat adalah salah satu buah yang dikenal ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Alpukat kaya akan vitamin, mineral dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

3. Pir

Jangan salah, pir adalah salah satu buah yang tinggi serat alami. Bahkan, serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Pir mengandung pektin yang mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh menurun. Masih ragu untuk mengonsumsi buah pir?

4. Jeruk

Untuk buah berwarna oranye ini kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Jeruk mengandung l-limonene yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol.

5. Anggur

Sama dengan jeruk, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol, yang terserap di usus halus. Penelitian menunjukkan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL), serta trigliserida dalam darah.

6. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang ampuh menurunkan kadar kolesterol karena tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C dan vitamin E. Kolesterol dapat menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, sehingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menyumbat pembuluh darah. Vitamin C dan vitamin E dalam pepaya akan menyatu dengan enzim paraxonase, yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jambu Biji

Jangan salah, jambu biji ternyata juga ampuh menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL) yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Itulah beberapa buah-buahan yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan lupa makan buah ya, guys!