Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Buah Untuk Penderita Darah Rendah

Buah Untuk Penderita Darah Rendah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit
Buah Untuk Penderita Darah Rendah

Penderita tekanan darah rendah atau hipotensi dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah, kebalikan dari penderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Untuk meningkatkan tekanan darah, Anda bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung natrium atau sodium.

Sebenarnya, makanan yang mengandung natrium bisa dengan mudah Anda temukan. Misalnya, pada makanan kemasan, makanan siap saji, atau makanan yang mengandung garam tinggi. Namun, makanan ini biasanya juga mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol, sehingga tidak baik untuk kesehatan Anda. Cara lain yang lebih sehat untuk meningkatkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Ya, buah dan sayur juga secara alami mengandung natrium, walaupun dalam jumlah kecil. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung banyak air. Air juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan tekanan darah. Tetap menjaga tubuh Anda agar terhidrasi dengan baik merupakan salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah Anda. Dehidrasi atau kekurangan air dapat membuat tekanan darah Anda semakin menurun.

Untuk itu bagi Anda yang menderita tekanan darah rendah, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air. Konsumsi banyak air dapat meningkatkan volume darah, sehingga dapat membantu meningkatkan tekanan darah.

Berikut ini beberapa Buah Untuk Penderita Darah Rendah :

  1. Jeruk

Jeruk kita tahu merupakanmakanan yang mengandung vitamin C tinggi di mana juga menawarkan vitamin B1, mineral magnesium, zat besi, dan juga asam folat. Bukan hanya menjadi buah sehat untuk cepat hamil bagi wanita, jeruk pun bisa mendukung proses terbentuknya sel darah merah dalam tubuh.

  1. Anggur

Nutrisi penuh ada di dalam anggur, yakni mulai dari vitamin C, magnesium, kalsium, serta mineral zat besi sehingga mampu membentuk sel darah merah yang kurang dalam tubuh penderita darah rendah. Bahkan kabar baiknya, mengonsumsi anggur secara rutin akan menurunkan risiko kanker serta penyakit jantung koroner.

  1. Tomat

Bukan hanya berguna menjadi peningkat tekanan darah, tomat adalah buah sekaligus sayur yang berfungsi menutrisi tubuh dengan asupan tambahan vitamin C, vitamin B, hingga vitamin A. Mengonsumsi tomat teratur juga mampu menjadi pencegah gangguan pencernaan, mendetoks tubuh, serta mencegah penyakit diabetes, batu ginjal serta kolesterol tinggi.

  1. Apel

Kaya akan vitamin B1, vitamin A, vitamin C, magnesium, asam folat, kalium dan zat besi, dampak dari kebiasaan makan apel sangatlah besar bagi para penderita darah rendah. Selain meningkatkan tekanan darah untuk bisa normal kembali, buah apel pun siap mengendalikan selera makan sehingga bisa menjaga kestabilan berat badan sambil juga terus menjaga kesehatan lambung.

  1. Jambu Biji

Supaya kadar sel darah merah bisa bertambah di dalam tubuh, Anda bisa mulai mengonsumsi buah jambu biji dengan kandungan vitamin C dan zat besi tinggi ini secara rutin. Itulah kenapa, jambu biji wajib dikonsumsi oleh para penderita demam dengue supaya kadar trombosit yang anjlok bisa naik kembali dan kondisi dapat cepat pulih.

  1. Lemon

Untuk masalah hipotensi, buah yang mengandung vitamin C tinggi selain jeruk ini juga bisa Anda konsumsi rutin. Bila tekanan darah rendah yang Anda alami disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, minumlah jus lemon yang sudah dicampur dengan garam sedikit supaya peredaran darah lebih lancar dan tekanan darah kembali stabil.

  1. Alpukat

Selain bagus dijadikan sebagai buah untuk diet pengganti makan malam, alpukat merupakan buah yang akan mendukung kelancaran peredaran darah dalam tubuh. Kandungan lemak tak jenuh di dalamnyalah yang siap meningkatkan metabolisme tubuh. Mineral zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C dan vitamin A-nya pun tinggi sehingga dianjurkan bagi Anda penderita darah rendah.

  1. Buah Bit

Komponen nitrat dan sifat antioksidan di dalam buah bit sangat besar sehingga bagi Anda yang ingin menambah tekanan darah yang semakin rendah, pastikan untuk mengonsumsi jus buah bit serutin mungkin. Bahkan mengonsumsi buah bit ini pun dapat menjadi cara melancarkan peredaran darah yang efektif.

  1. Mangga

Jenis buah musiman ini menawarkan pula kandungan-kandungan nutrisi yang sangat kaya, seperti vitamin B1, vitamin A, kalsium, magnesium, zat besi, dan asam folat. Makanan yang mengandung serat tinggi ini pun menjadi salah satu buah yang bisa meningkatkan serta menstabilkan kembali tekanan darah yang sempat rendah.

  1. Pisang

Pisang biasanya dikenal sebagai salah satu makanan yang baik untuk lambung bengkak karena teksturnya yang lembut sekaligus mampu memenuhi cairan dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalium tinggi ini jugalah yang bisa jadi konsumsi harian Anda sewaktu tekanan darah sedang berada dalam kondisi rendah.

  1. Stroberi

Buah stroberi tak cuma tinggi kandungan vitamin C dan zat besinya sehingga bisa meningkatkan tekanan darah, tapi juga berantioksidan tinggi sehingga sangat ampuh dalam melawan radikal bebas. Apabila Anda ingin terhindar dari penyakit apapun sekaligus juga penuaan dini, konsumsilah rutin buah merah segar ini setiap hari mulai sekarang.

  1. Buah Naga

Pilih untuk mengonsumsi buah naga dengan warna daging yang merah ketimbang yang putih. Sebab justru buah naga dengan daging warna merahlah yang diketahui jauh lebih berkhasiat dalam membuat tekanan darah kembali naik dan normal. Itu semua berkat adanya kandungan kalsium, fosfor, zat besi dan juga berbagai vitamin seperti vitamin B12, vitamin B3 (niacin), dan vitamin C.

  1. Kismis

Buah kering seperti kismis pun sangat baik bila Anda konsumsi rutin sebagai peningkat tekanan darah. Berasal dari buah anggur yang telah melalui proses pengeringan, kismis bisa Anda konsumsi secara langsung atau boleh juga ditambahkan pada masakan atau makanan kesukaan Anda. Tapi pastikan untuk tidak untuk mengonsumsi secara berlebihan, sebab kismis berkonsentrasi gula tinggi, jadi waspadai bahaya makan manis.