Categories
Tips Kesehatan

Bahaya Minuman Bersoda

Bahaya Minuman Bersoda

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Bahaya Minuman Bersoda , Cemilan Sehat Untuk Bumil , Makanan Penyebab Maag , Buah Yang Melancarkan BAB , Manfaat Agar - Agar Untuk Tubuh , Makanan Untuk Penderita Kolestrol , Manfaat Chia Seed , Manfaat Buah Bit , Manfaat Quinoa , Yang Terjadi Tubuh Kelebihan Protein , Fakta Tentang Detox Water , Manfaat Minyak Kelapa , Kenali Penyakit Gondok , Kenali Bahaya Bisul
Bahaya Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi adalah minuman tidak memiliki kandungan alkohol yang mengalami proses karbonasi. Di seluruh belahan bumi, minuman berkarbonasi memiliki beberapa nama populer yang berbeda-beda, sebagai contoh, di Amerika Serikat, dikenal dengan nama soda, soda pop, pop atau tonik, di Inggris dikenal dengan fizzy drinks, di Kanada dikenal dengan Soda atau Pop saja. Sedangkan di daerah Ireland, mereka menyebutnya Minerals.

Pada tahun 1770an, seorang ilmuwan berhasil menciptakan suatu proses untuk menghasilkan air mineral berkarbonasi. Adalah seorang berkebangsaan Inggris bernama Joseph Priestley yang berhasil memproses air hasil destilasi dan mencampurnya dengan CO2. Ilmuwan Inggris yang lain adalah John Mervin Nooth, yang berhasil memperbaiki hasil penemuan Priestley dan menjualnya secara komersial alat untuk memproduksi air soda yang pertama untuk digunakan di bidang farmasi.

Karbonasi terjadi ketika gas CO2 terlarut secara sempurna dalam air. Proses ini akan menghasilkan sensasi karbonasi “Fizz” pada air berkarbonasi dan sparkling mineral water. Hal tersebut diikuti gengan raeksi keluarnya buih (foaming) pada minuman soda yang tidak lain adalah proses pelepasan kandungan CO2 terlarut di dalam air. Memang minuman bersoda itu sangat menyegarkan jika di minum saat cuaca yang sangat panas . nah tahukah anda jika minuman bersoda dikonsumsi terlalu berlebihan mempunyai efek sampinya lho . Berikut adalah Bahaya Minuman Bersoda yang harus anda ketahui :

Satu kaleng minuman bersoda rata-rata mengandung 15 sampai 18 sendok teh gula dan lebih dari 240 kalori. Selain jumlahnya yang tinggi dan dicerna cepat, gula dan kalori tersebut tidak menurunkan asupan kalori pada menu makan Anda. Zat-zat tersebut hanya akan menambah jumlah kalori pada santapan harian Anda, jadi  bukan sebagai pengganti. Berlebihnya asupan kalori dan gula ditambah dengan rendahnya aktivitas fisik membuat zat tersebut menjadi jarang digunakan. Kalori dan gula pun akhirnya disimpan dan menumpuk dalam tubuh.

Nah, menggunungnya jumlah gula tersebut diduga berkaitan erat dengan diabetes. Ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa minuman bersoda yang mengandung gula mampu meningkatkan risiko berkembangnya penyakit diabetes tipe 2. Selain itu, ada juga penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi satu atau lebih minuman bersoda dalam sehari, diduga mampu membuat tubuh lebih sulit mengelola gula darah.

Tidak hanya gula darah yang susah dikendalikan, risiko terserang sindrom metabolik pun jadi meningkat. Sindrom metabolik adalah sekumpulan faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Faktor-faktor tersebut meliputi tingginya tekanan darah, kadar lemak dalam darah (trigliserida), kadar gula darah, lemak perut, dan rendahnya tingkat kolesterol baik HDL.

Dan jika Anda berusaha mengganti minuman bersoda biasa dengan yang rendah gula (diet soda), hasilnya tidak lebih baik atau menyehatkan. Memang benar diet soda tidak mengandung gula dan hanya mengandung sedikit kalori, atau bahkan tidak sama sekali. Namun, diet soda biasanya mengandung pemanis buatan. Dan menurut studi terhadap 66.118 wanita selama 14 tahun, baik minuman bergula asli atau dengan gula buatan sama-sama meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Pengganti Minuman Bersoda

Jika ingin menurunkan risiko diabetes, lakukan hal yang sebaliknya, yaitu jangan mengonsumsi minuman bersoda yang mengandung gula atau gula buatan. Berdasarkan penelitian, mengganti hanya satu minuman bergula setiap hari dengan air putih, kopi bebas gula, atau teh tanpa gula, sudah bisa menurunkan risiko diabetes.

Agar bahaya minuman bersoda seperti diabetes tidak mengintai Anda, yuk, ganti hidangan Anda dengan berbagai pilihan sehat seperti air putih, air jahe, smoothie buah yang diblender sendiri, cokelat panas, air lemon, susu, teh hijau, jus jeruk, atau kopi yang semuanya tanpa menggunakan gula atau pemanis buatan.