Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya merokok sudah terbukti menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker paru, penyakit paru obstruktif dan stroke. Pada kenyataannya, penyakit-penyakit tersebut baru sebagian dari bahaya merokok bagi kesehatan.

Pasalnya, ada banyak bahaya merokok lainnya yang tidak disadari seorang perokok. Misalnya penurunan daya tahan tubuh sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit infeksi. Hal tersebut cenderung terjadi secara singkat dan mungkin menyebabkan dampak kesehatan pada kehidupan sehari-hari seorang perokok. Simak ulasan lengkap tentang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh di bawah ini .

1. Merokok dapat Meningkatkan Resiko Penyakit Stroke

Menurut penelitian, resiko penyakit stroke meningkat dua kali hingga empat kali lehib tinggi pada seorang perokok dibandingkan pada mereka yang tidak merokok. Penyakit stroke ini merupakan salah satu penyebab tertinggi banyak kematian di dunia.

Stroke terjadi apabila aliran darah di otak mengalami pembekuan yang disebabkan zat-zat yang menjadi kandungan rokok. Jika terus berlanjut, darah yang membeku ini selanjutnya bisa menyebabkan seseorang mengalami stroke. Karena aliran darah yang membeku ini akan menghalangi aliran darah di otak.

2. Merokok dapat Mengganggu Aliran Darah

Nikotin dan zat-zat lainnya yang memiliki sifat membahayakan bagi tubuh dapat menjadi penyebab kerusakan pada pembuluh darah. Jika zat-zat dari rokok tersebut masuk ke dalam tubuh, kerusakan pada pembuluh darah akan mengakibatkan pembuluh darah menebal dan menjadi lebih sempit sehingga dapat menyumbat aliran darah.

Penyumbatan aliran darah inilah yang nantinya akan mengakibatkan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan organ kardiovaskular. Bahkan, aliran darah menuju organ-organ tubuh yang memiliki fungsi primer dalam tubuh dapat juga terhalangi.

Selain penyumbatan aliran darah, darah juga dapat membeku. Bila terjadi hal seperti ini, dampak fatal yaitu kematian bisa saja terjadi.

3. Merokok Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Penyebab rokok menjadi faktor yang dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi adalah penyumbatan yang diakibatkan pembuluh darah menjadi bengkak dan juga menjadi lebih sempit akan mendorong organ jantung memompa darah lebih cepat dan lebih keras lagi. Apalagi jika makanan penyebab darah tinggi, masih juga dikonsumsi. Inilah yang akan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan detak jantung lebih cepat dari yang seharusnya.

4. Merokok Merupakan Penyebab Sakit Jantung

Beberapa penelitian di Amerika menemukan bahwa resiko penyakit jantung pada seorang perokok meningkat hingga empat kali lebih tinggi dibandingkan jika anda bukan seorang perokok. Harus diketahui, selain stroke, penyakit jantung juga merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor satu banyak kematian di dunia. Seram bukan?

Serangan jantung dapat terjadi ketika darah yang membeku menghalangi aliran darah menuju jantung. Keadaan demikian akan membuat jantung mengalami kekurangan oksigen. Jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang memadai akan merusak otot-otot jantung dan selanjutnya sebagai otot jantung akan mengalami kerusakan permanen dan kerja jantung akan terganggu. Pada saat inilah, serangan jantung terjadi. Mengkonsumsi makanan rendah kolesterol jahat pun, akan menjadi tidak berdampak jika tetap merokok.

5. Merokok Menyebabkan Penyakit Paru-Paru

Resiko terserang penyakit paru-paru dapat meningkat pada seorang perokok. Merokok seperti diketahui sama saja seorang perokok menghirup zat-zat berbahaya dan secara sengaja ‘memasukan’ zat-zat berbahaya tersebut kedalam tubuh. Dalam hal ini paru-paru adalah organ yang berkaitan dengan aktifitas merokok seseorang. Masuknya zat-zat berbahaya di dalam rokok akan memilki dampak yang sangat berbahaya pula pada paru-paru.

Penyakit paru-paru terjadi diakibatkan karena kerusakan yang terjadi pada sistem aliran udara di dalam paru-paru dan dalam beberapa kasus, kantung-kantung udara bisa terbentuk di dalam paru-paru seorang perokok.

6. Merokok Menjadi Penyebab Kanker Paru-Paru

Kanker? Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan dan samvai saat ini pun tingkat kesembuhan pasien penyakit kanker tegolong rendah dibandingkan tingkat kesembuhan penyakit-penyakit lainnya.

Peningkatan resiko terkena kanker paru-paru pada wanita perokok dan pria perokok berbeda. Dan, resiko ini cenderung lebih tinggi pada wanita perokok yaitu 25,7 kali lebih tinggi dibandingkan pada pria perokok yakni 25 kali. Dalam banyak penelitian ditemukan bahwa sebagian besar kanker paru-paru yang yang diderita penyebabnya bersumber dari rokok dan perilaku merokok.

7. Merokok Menjadi Penyebab Penyakit COPD

Pernah dengar istilah COPD? COPD adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasan. COPD yang memiliki kepanjangan Chronic obstructive pulmonary disease. Disini, studi menunjukan bahwa yang menjadi penyebab COPD adalah aktifitas merokok. Merokok menjadi penyebab utama seseorang menderita penyakit ini. penyakit copd ini ada dua jenis yakni :

  • Bronchitis kronis, akan menyebabkan seseorang yang menderitanya mengalami batuk-batuk yang secara terus menerus bahkan hingga jangka waktu tahunan.
  • Efisema, menyebabkan paru-paru mengalami kerusakan yang menahun.

8. Merokok Menjadi Penyebab Kambuhnya Asma

Jika anda menderita penyakit asma, jangan pernah coba-coba merokok. Merokok yang artinya anda menghirup zat-zat berbahaya bisa mendorong penyakit asma anda sehingga menjadi kambuh. Tembakau sebagai bahan utama rokok akan membuat penyakit asma lebih parah.

9. Merokok Dapat Menjadi Penyebab Diabetes

Merokok dengan berbagai kandungan berbahaya di dalamnya bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes. Bahkan mereka yang perokok aktif yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes, meskipun mungkin anda mengkonsumsi makanan untuk penderita diabetes.

10. Merokok Bisa Menyebabkan Seorang Mengalami Kebutaan

Anda seorang perokok? Mulai sekarang segera berhati-hatilah. Bisa jadi anda akan mengalami kebutaan yang sifatnya bisa permanen. Ini bukan sebuah isapan jempol belaka lho. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa zat di dalam rokok akan membuatkan luka pada retina mata. Dan hal ini lah yang dapat menjadi penyebab anda mengalami kebutaan.

11. Merokok Menjadi penyebab penyakit Mulut

Pasti anda pernah mengobrol dengan seorang perokok bukan? Tidak jarang bau mulut tercium di hidung anda. Ya, seorang perokok dapat mengalami penyakit mulut bahkan gigi dan salah satunya adalah bau mulut ini.

12. Wanita Perokok Cenderung Susah Memiliki Keturunan

Aktifitas merokok pada wanita dapat meningkatkan resiko keguguran pada wanita. Dan jika wanita tersebut sedang hamil, merokok akan menganggu kesehatan si bayi sebelum dan sesudah si bayi dilahirkan. Dampak kesehatan lainnya yang dapat dialami seorang wanita perokok antara lain:

  • Bayi lahir premature
  • Kematian bayi saat dalam kandungan
  • Bayi dengan berat badan minim
  • Kematian mendadak pada bayi baru lahir
  • Kehamilan terjadi di luar kandungan atau kehamilan ektopik
  • Terjadinya celah orafisial pada bayi baru lahir

13. Merokok Dapat Menjadi Penyebab Bayi Lahir Cacat

Bagi setiap orang yang sudah menikah, memiliki seorang bayi merupakan satu hal yang paling ditunggu. Tentu setiap pasangan menginginkan bayi yang sempurna. Untuk itu, jika anda menginginkan bayi yang sempurna seluruh anggota tubuhnya, jangan merokok.

Ini karena merokok akan sangat membahayakan kesehatan si bayi. Selain itu, ibu yang sedang mengandung bisa kehilangan bayi di dalam kandungannya. Dan ini juga bisa disebabkan oleh rokok.

14. Pria Perokok, Waspadai Bahaya Merokok Pada Sistem Reproduksi Anda!

Impotensi adalah masalah yang banyak dialami kaum pria. Salah satu penyebab dari impotensi ini adalah merokok. Dan pada pria, merokok bisa berpengaruh pada produksi sperma pria. Sehingga, hal ini akan sangat mempengaruhi kesuburan pria perokok tersebut.

15. Merokok Bisa Menyebabkan Kerusakan Tulang dan Gigi

Wanita perokok, setelah ia melahirkan akan mengalami pengeroposan tulang. Artinya, kepadatan tulang pada seorang wanita perokok seusai melahirkan akan sangat menurun dibandingkan wanita yang tidak pernah merokok.

Selain tulang, gigi dan gusi juga bisa terdampak pada seorang yang merokok. Bahkan, seorang perokok yang sudah bertahun-tahun bisa mengalami gigi lepas. Anda tidak ingin bukan hal ini terjadi pada anda dan menghilangkan senyum manis anda?

16. Merokok dapat Menyebabkan Radang Sendi

Radang sendi atau dikenal dalam bahasa medis dengan istilah Rheumatoid Arthritis dapat disebabkan oleh merokok. Pada keadaan seperti ini seorang perokok mengalami kurang kekebalan tubuh.

Image result for Merokok