Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur

Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Cara Memutihkan Selangkangan , Cara Menghilangkan Bau Mulut , Cara Menghilangkan Bau Ketiak , Cara Ampuh Mencegah Leukimia , Cara Membersihkan Miss V Yang Benar , Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur
Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur

ertanyaan ini seringkali muncul dalam pemikiran banyak penggunanya yang seringkali malas untuk melepas dan membersihkannya sebelum tidur dengan alasan sudah mengantuk.

Meskipun saat ini sudah dibekali dengan teknologi terbaru, nyatanya softlens atau lensa kontak masih tetap berbahaya bagi kesehatan mata bila digunakan saat tidur. Nah berikut ini kami akan memberikan informasi seputar Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur :

1. Menghambat Aliran Oksigen
belakangan ini banyak produsen softlens yang mengatakan bahwa softlens yang mereka produksi menggunakan teknologi tinggi yang mampu memperlancar aliran oksigen ke mata serta terbuat dari bahan yang berbahan dasar air.

namun, apakah ini bisa mengurangi resiko terhadap berbagai resiko penyakit?

ternyata tidak karena bagaimanapun ketika tidur selaput mata anda akan tertutup dan sudah pasti aliran oksigen akan sulit masuk ke mata di tambah anda memakai lensa kontak tentu akan lebih sulit lagi oksigen untuk mengalir ke kornea.

jika kornea mata anda kekurangan oksigen akan berdampak pada mata anda yang memerah serta disertai perih yang cukup menganggu dan paling parah adalah iritasi.

2. Mempengaruhi Pembuluh Darah di Mata
memakai softlens yang tidak dirancang khusus untuk di pakai semalaman dapat berbahaya bagi kesehatan mata. berlanjut dari oksigen yang aliranya terhambat akan mempengaruhi pembuluh darah di mata dan paling parah adalah infeksi kornea.

seperti yang dikutip dari Livestrong, akibat tidak normalnya pembuluh darah yang di akibatkan kekurangan oksigen akan berdampak pada penglihatan yang terganggu, pembengkakan kornea, dan dan pengaburan penglihatan dari yang apling ringan sampai yang paling berat.

sebuah University Of Maryland Medical Center melakukan sebuha penelitian dan menemukan bahwa lensa kontak yang di pakai hingga tidur bisa menyebabkan luka yang terbuka pada kornea. dan jika dibiarkan luka ini akan terinfeksi bakteri yang bernamakeratitis. meskipun kondisi seperti ini jarang terjadi tetapi resikonya sangat tinggi bagi yang memakai softlens di banding yang tidak memakainya.

3. Masuk ke Atas Bola Mata
mungkin anda bisa menganggap ini adalah sesuatu yang tidak mungkin namun, apakah anda yakin ketika tidur tangan anda tidak mengucek-ucek mata tanpa anda sadari.

ketika tangan anda mengucek-ucek mata dan bisa mengakibatkan softlens yang posisinya di tengah menjadi bergeser ke bagian atas dan bila ini terjadi ketika anda ingin melepasnya biasanya akan sangat sulit dan memerlukan cairan khusus mata agar tidak terjadi luka iritasi atau infeksi.

terakhir, sebuah studi yang di terbitkan oleh British Journal Of Ophthalmology tahun 2005 yang mengemukakan bahwa keratits sering terjadi pada seseorang yang menggunakan softlens sampai di bawa tidur di banding dengan mereka yang terjaga.

sedangkan Oregon Health & Science University’s Casey Eye Institute yang memberikan tanggapanya bahwa seseorang yang sering mengganti lensa kontak yang dipakainya secara rutin sesuai dengan batas waktunya memiliki mata yang lebih sehat.

perlu anda tahu, soflens harian jauh lebih sehat dibandingkan dengan softlens yang dipakai tipe bulanan karena kita tidak menempatkan kembali softlens yang telah kita pakai sehingga mengurangi resiko infeksi bakteri.

harga softlens memang beragam dan semakin mahal biasanya kesehatanya lebih baik dari pada yang murah, sekian artikel tentang efek samping memakai lensa kontak saat tidur semoga menambah wawasan anda.