Bahaya Makanan Laut Bagi Kesehatan

Bahaya Makanan Laut Bagi Kesehatan

Image result for Makanan Laut

Siapa sih yang bisa menolak kalau sudah disuguhi makanan lezat dan nikmat seperti seafood. Apapun jenisnya, baik itu udang, kepiting, cumi-cumi, ikan laut, dan lainnya, semuanya memang selalu berhasil mengundang selera ya.  Tapi, perlu diingat, bahwa segala hal yang berlebihan itu sangat tidak dianjurkan. Gak terkecuali dengan memakan makanan laut ini, gengs. Meski mengandung protein dan nutrisi serta kelebihan-kelebihan lainnya, namun jika sudah masuk taraf berlebihan, tentu akan memberi efek pada tubuh. Apa aja efek tersebut? . Berikut ini merupakan Bahaya Makanan Laut Bagi Kesehatan .

1. Tinggi kolestrol

Bahaya pertama yang dapat ditimbulkan dari makanan laut adalah kandungan kolesterolnya. Ya, makanan laut memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan makanan yang berasal dari produk hewan yang berada di darat maupun air tawar. Hal ini tentu saja akan menjadi sangat berbahaya bagi anda yang memang mengalami masalah kolesterol tinggi. Saat mengkonsumsi makanan laut, maka kemungkinan kondisi kolesterol anda akan meningkat dengan drastis.

Namun demikian, bahaya kolesterol ini tidak akan terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan laut dalam jumlah yang wajar dan juga tidak berlebihan. Mengkonsumsi makanan laut dengan cara direbus atau dibakar, bukan digoreng juga merupakan salah satu cara lain yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir kandungan kadar kolesterol yang ada pada makanan laut tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang penyakit kolesterol ini :

  • penyebab kolesterol tinggi
  • ciri ciri kolesterol tinggi
  • pantangan kolesterol tinggi

2. Mengandung merkuri yang berbahaya

Bahaya berikutnya yang terkandung dalam makanan laut adalah merkuri. Ya, merkuri merupakan zat-zat berbahaya yang berada di laut. Biasanya merkuri merupakan hasil dan juga sisa-sisa dari limbah pembuangan pabrik, ataupun bahan bakar dari kapal yang melintas. Merkuri yang sudah mencemari laut akan sangat membahayakan tubuh kita. merkuri ini dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan kulit. Apabila dikonsumsi terlalu banyak, maka akan menyebabkan tubuh dapat terserang kanker. Menakutkan sekali bukan?

Berikut dampak merkuri yang terkontaminasi pada makanan laut :

  • keracunan makanan
  • penyebab alergi kulit
  • bahaya makan cumi-cumi

3. Beberapa makanan laut bisa menyebabkan racun bagi tubuh

Beberapa makanan laut memiliki kandungna racun apabila tidak dibersihkan diolah dengan benar. Salah satu makanan laut yang berbahaya apabila tidak diolah dengan baik dan juga benar adalah ikan dori. Ya, ikan ini apabila tidak diolah dengan tepat, maka racunnya akan sangat membahayakan kesehatan tubuh dan akan menyebabkan kematian mendadak apabila anda salah mengkonsumsinya.

Jenis makanan lain, seperti ubur ubur juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan akibat racun yang dimilikinya, apabila tidak diolah dengan benar dan juga tepat. berikut ini beberapa makanan lainnya yang mengandung unsur racun jika dikonsumsi :

  • buah buahan beracun
  • bahaya daging kodok
  • bahaya daging biawak

4. Dapat menyebabkan alergi pada tubuh

Bahaya makanan laut lainnya adalah dapat menyebabkan munculnya alergi dan juga respon tubuh tertentu. Memang alergi ini tidak muncul pada semua orang, namun demikian, biasanya respon alergi ini dapat muncul langsung sesaat ketika orang tersebut memakannya. Biasanya, alergi yang muncul adalah berupa gatal-gatal pada bagian mulut dan juga lidah.

Apabila seseorang mengalami alergi parah terhadap seafood, maka kemungkinan akan muncul ruam dan penyakit kulit berupa bentol serta bintik kemerahan pada bagian kulitnya. Selain itu dapat juga menyebabakn demam tinggi pada penderita alergi dari makanan laut.

5. Mengandung bakteri salmonella

Bahaya berikutnya yang dapat muncul dari makanan laut adalah kandungan bakteri salmonella yang terkandung dalam makanan laut. Bakteri salmonella yang masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan yang berbahaya bagi tubuh. Bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh apabila makanan laut yang tidak dimasak dengan baik dan juga benar, sehingga tidak musnah.

Tips Mencegah Bahaya Makanan Laut

Usahakan sebelum memakan makanan laut, anda sudah memasak makanan laut tersebut hingga benar-benar matang dan juga aman untuk dikonsumsi. Termasuk kebersihannya untuk mencegah bahaya makanan laut seperti di atas. Sebelum mengolah makanan laut, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Pastikan kondisi makanan laut segar dan tidak busuk
  • Bersihkan bagian makanan laut yang kotor dan juga tidak bisa dimakan.
  • Lakukan metode pemasakan hingga benar-benar masak. Hindari konsumsi makanan laut dalam kondisi mentah
  • Apabila mungkin, hindari penggunaan metode menggoreng dalam mengolah makanan laut.

Itulah beberapa bahaya dari makanan laut bagi kesehatan tubuh kita. semoga artikel mengenai bahaya dari makanan laut ini dapat menambah wawasan anda dan jga dapat bermanfaat bagi anda semua.