Categories
Makanan Tak Sehat

Bahaya Bubble Tea Untuk Kesehatan

Bahaya Bubble Tea Untuk Kesehatan

Kisah penciptaan bubble tea diyakini bermula dari seorang pemilik kedai teh di Taiwan yang sedang bosan dan ‘kurang kerjaan’ mencampur puding tapioka ke dalam es teh miliknya. Tak disangka, ia justru menemukan cita rasa unik ketika menyandingkan kenyalnya puding tapioka bersama dengan seruputan teh. Ia kemudian menambahkan racikan itu ke dalam menu baru di kedainya. Tetapi tahukah dibalik kenikmatan bubble tea , ada efek Bahaya Bubble Tea Untuk Kesehatan lho . Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Mengganggu sistem pencernaan

Mungkin, masih banyak yang belum tahu bahwa bahaya minum bubble tea ialah dapat mengganggu sistem pencernaan. Penyebab utamanya tak lain adalah bola mutiara atau yang kerap disebut boba.

Bola mutiara yang terbuat dari tepung tapioka ini memiliki tekstur yang kenyal dan sangat lengket, sehingga susah dicerna oleh organ pencernaan dan malah dapat menyebabkan kerusakan pada bagian pencernaan. Hal yang satu ini sudah dibuktikan dari banyaknya kasus yang menyebabkan seseorang harus dilarikan ke rumah sakit karena bagian pencernaannya yang rusak akibat sering mengonsumsi bubble tea.

2. Resiko mengalami peningkatan berat badan

Selain mengganggu sistem pencernaan, bahaya minum bubble tea yang cukup populer ialah dapat meningkatkan berat badanmu yang berujung obesitas. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan gula yang cukup tinggi terdapat pada minuman bubble tea. Mungkin, untuk mengatasinya, kamu bisa memesan minuman yang satu ini dengan less sugar atau mungkin menggantinya dengan mengonsumsi jenis buah-buahan.

Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea Bagi Kesehatan

3. Diabetes

Kandungan gula yang tinggi pada bubble tea tak hanya berpengaruh pada kalori tubuh, tetapi juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin yaitu ketika hormon insulin tidak dapat menyerap gula dengan baik dan dapat menyebabkan penyakit diabetes. Tentu saja, terserangnya penyakit diabetes pun menjadi salah satu bahaya minum bubble tea.

4. Gangguan jantung

Menurut beberapa pakar kesehatan, bahaya minum bubble tea yang paling berbahaya ialah dapat menyebabkan gangguan pada jantung yang disebabkan oleh kandungan gula serta kalori yang sangat tinggi pada minuman bubble tea. Untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya hindari minuman bubble tea dan perbanyak untuk mengonsumsi air putih saja.

Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea Bagi Kesehatan

5. Kerusakan pada hati

Bahaya minum bubble tea lainnya ialah dapat menyebabkan jumlah fruktosa di dalam tubuh meningkat dan dapat berpengaruh besar pada fungsi hati yang perlahan rusak. Jika kamu tak segera menghentikan kebiasaan mengonsumsi bubble tea, maka bisa saja tubuhmu terserang hepatitis, penyakit kuning, atau perlemakkan pada hati.

6. Menimbulkan jerawat

Salah satu bahaya minum bubble tea yang satu ini tentu menjadi musuh terbesar para perempuan. Tak hanya kandungan gula yang terdapat pada minuman yang satu ini, tetapi kandungan susunya pun dapat mengganggu keseimbangan hormon sehingga dapat menyebabkan gangguan kulit seperti jerawat maupun komedo. Untuk menjaga kulitmu, sebaiknya kurangi mengonsumsi bubble tea dan gantilah dengan jus buah yang sehat.

Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea Bagi Kesehatan

7. Penyakit kanker

Cukup bahaya, kamu pun juga harus tahu dengan bahaya minum bubble tea yang dapat menyebabkan perkembangan sel kanker pada tubuhmu. Biasanya diawali dengan berbagai kerusakan pada organ tubuh yang berlanjut pada penyakit kanker.

Wah, ternyata dibalik kenikmatannya yang bikin nagih ini, terdapat juga beberapa hal yang menjadi bahaya minum bubble tea bagi kesehatan. Walau begitu, bukan berarti kamu tak dapat mengonsumsinya. Hanya saja, perlu dibatasi dan diseimbangkan dengan gaya hidup yang sehat.