Bahan Alami Mengatasi Sakit Tumit

Bahan Alami Mengatasi Sakit Tumit

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Obat Alami Infeksi Saluran Kencing , Pemicu Kanker , Cara Alami Mengatasi Sleep Apnea , Obat Alami Jari Tangan Kaku , Khasiat Sayur Gambas Untuk Kesehatan , Manfaat Rendam Kaki Dengan Air Garam , Gangguan Kesehatan Saat Bergadang , Makanan Untuk Penderita Diabetes , Obat Tradisional Malaria , Bahan Alami Mengatasi Sakit Mata , Ramuan Pembersih Paru Paru , Obat Alami Kulit Gatal Kurap , Bahan Alami Mengatasi Sakit Tumit , Obat Alami Mengatasi Sakit Punggung , Kenali Kanker Usus Halus , Kenali Vertigo

Bahan Alami Mengatasi Sakit Tumit

Nyeri tumit adalah kondisi kaki yang umum terjadi. Ini biasanya terjadi secara bertahap dan semakin buruk dari waktu ke waktu. Rasa sakit ini sering kali merupakan hal yang parah dan terjadi ketika Anda menempatkan berat badan pada tumit Anda. Dalam kebanyakan kasus, hanya satu tumit yang terpengaruh, meskipun diperkirakan ada sekitar sepertiga dari orang yang nyeri tumit memiliki rasa sakit di keduanya. Rasa sakit biasanya menjadi lebih buruk di pagi hari, atau ketika pertama kali melangkah setelah berdiam diri. Namun, Anda akan merasa lebih baik ketika Anda berjalan, meskipun jika Anda berdiri atau berjalan terlalu lama akan membuat sakit lebih parah. Berikut ini kami akan mmberikan anda beberapa Bahan Alami Mengatasi Sakit Tumit yang wajib anda coba dirumah :

1. Cuka apel

Cuka apel diyakini mampu mengurangi rasa sakit ketika taji tumit terjadi. Pasalnya, bahan alami ini bekerja secara efektif untuk mengeluarkan kalsium yang mengumpul berlebihan di area tumit.

Anda bisa melakukan perawatan alami pada kaki ini dengan cara merendam kaki dalam ember atau wadah besar yang telah diisi dengan air hangat dengan campuran beberapa tetes cuka apel.

Atau bisa juga dengan membungkus kaki menggunakan handuk yang telah dibasahi air selama beberapa menit, dilanjutkan dengan mengoleskan cuka apel pada kaki atau area tumit.

Supaya lebih efektif, Anda dapat mengulangi perawatan alami ini di rumah beberapa kali.

2. Bubuk kunyit

Sebenarnya tidak hanya kunyit, beberapa bahan lain yakni jahe serta biji jinten dikenal memiliki sifat antiperadangan yang kuat. Bahan-bahan ini mengandung antioksidan alami, polifenol, dan kurkumin yang berfungsi sebagai senyawa pelindung dan dapat meredakan peradangan.

Cara penggunaannya dengan merebus satu sendok teh bubuk kunyit, jahe, atau biji jinten kemudian minum air rebusan ini kapanpun rasa sakit muncul.

3. Es batu

Jika kaki terasa sangat sakit dan Anda membutuhkan pertolongan cepat, salah satu cara yang bisa menjadi pilihan adalah dengan mengompres area kaki yang sakit dengan es batu yang telah dibungkus handuk kering.

Meletakkan kompresan es batu pada kaki selama beberapa menit, ternyata dapat meredakan bengkak serta rasa sakit akibat taji tumit.

Penting untuk diingat, jangan mengompres es langsung menyentuh area kaki sakit. Anda tetap harus menggunakan pembungkus atau perantara seperti handuk maupun kain.

4. Minyak esensial

Minyak esensial murni seperti minyak rosemary, minyak lavender, minyak kelapa, dan minyak zaitun memiliki zat antiperadangan yang dapat meredakan rasa sakit.

Minyak-minyak ini juga bisa berfungsi sebagai pelembab alami karena bisa membuat kaki menjadi lebih lembut. Anda bisa menggunakannya dengan membalurkan minyak pada area kaki sakit ataupun merendam kaki dalam campuran air dan minyak esensial.

5. Baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan utama yang sering digunakan dalam pembuatan kue. Baking soda menghilangkan langsung pada kristal kalsium pirosfat yang terdapat pada tumit kaki.

Perawatan yang bisa Anda gunakan dengan baking soda ini tidak jauh berbeda dengan bahan alami lainnya, yakni dengan mencampur setengah sendok teh soda kue dalam air kemudian rendah kaki selama beberapa menit.

6. Minyak biji rami

Biji rami adalah salah satu jenis biji-bijian yang sering dijadikan tepung untuk mengolah makanan. Selain itu, biji rami juga bisa diolah menjadi suplemen herbal untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan serta masalah kaki sakit. Sebab minyak dari biji rami kaya akan asam alfa linolenat (bentuk dari asam lemak omega 3) yang mampu bekerja ampuh untuk mengobati peradangan.

Cara penggunaannya yakni dengan menuangkan beberapa tetes minyak biji rami dalam air hangat, kemudian celupkan handuk dan bungkus di area kaki sakit. Diamkan selama kurang lebih satu jam dan usahakan jangan terlalu banyak bergerak guna mengoptimalkan penyembuhan.