Categories
Tentang Pengobatan

Bahan Alami Mengatasi Gatal

Bahan Alami Mengatasi Gatal

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Daun Jeruk Nipis , Manfaat Bawang Merah , Manfaat Telur Itik , Cara Menghentikan Perdarahan Luka , Obat Mimisan Alami  , Ciri Ciri Radang Tenggorokan Parah , Gejala Sinusitis Akut dan Kronis , Penyebab Anosmia Paling Berbahaya , Bahaya Mie Instan Yang Mematikan , Bahaya Formalin Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Jeruk Lemon , Manfaat Daun Pandan , Manfaat Coklat Bagi Kesehatan , Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Naga , Manfaat Daun Tespong , Bahan Alami Mengatasi Gatal , Obat Tidur Alami , Obat Pertolongan Pertama Yang Aman , Obat Pelancar Haid
Bahan Alami Mengatasi Gatal

Gatal dan iritasi pada kulit bisa menyerang siapa saja. Hal tersebut bisa terjadi karena permukaan kulit terkena jamur, alergi, virus, gigitan serangga, hingga bulu ulat dan gelugut bambu.

Untuk menghilangkan gatal, biasanya kita akan menggaruk tepat di tempat yang gatal. Tetapi, menggaruk terus menerus kulit tidak baik pada permukaan kulit karena dapat menimbulkan luka atau iritasi. Bisa jadi, hal itu malah menimbulkan masalah baru karena kulit yang iritasi akan mudah terkena virus dan kotoran lain.

Selain menggaruknya, solusi lain untuk mengatasi gatal adalah dengan mengoleskan minyak penghilang gatal. Tetapi, biasanya cara tersebut kurang berhasil.

Nah, berikut adalah Bahan Alami Mengatasi Gatal :

1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk meredakan iritasi dan kulit gatal. Gel lidah buaya bisa langsung Anda oleskan ke kulit yang iritasi dan gatal.

Iritasi dan kulit gatal juga bisa disebabkan oleh kulit yang kering. Lidah buaya dapat membantu mengatasi hal ini, dengan menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit Anda karena lidah buaya mengandung air yang sangat tinggi. Lidah buaya juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah berkembang iritasi menjadi infeksi.

Selain itu, lidah buaya membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang iritasi akan lebih cepat sembuh dan meninggalkan bekas luka yang hanya sedikit saja.

Tanaman herbal ini juga bertindak sebagai antiradang alami yang membantu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berhubungan dengan iritasi kulit.

Terkadang kulit gatal juga disertai dengan rasa nyeri. Lidah buaya memiliki sifat penenang yang dapat mengatasi kulit gatal.

2. Cuka apel

Cuka apel dapat mengatasi kulit gatal karena iritasi kulit akibat reaksi alergi. Anda bisa menerapkan satu sendok teh cuka apel ke kulit yang gatal. Anda juga dapat menggunakan kompres kapas rendaman cuka apel untuk mengatasi kulit gatal.

Sifat antiseptik dan antifungi pada cuka apel juga dapat membantu meringankan infeksi kulit. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu mengurangi kulit kering, yang dapat menyebabkan iritasi.

3. Centella asiatica

Centella asiatic  atau di Indonesia dikenal dengan pegagan adalah tanaman herbal yang digunakan untuk mengobati luka ringan. Tanaman herbal ini mengandung bahan kimia triterpenoid yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan antioksidan di kulit yang iritasi, memperkuat kulit dan meningkatkan aliran darah ke area kulit yang terluka.

Selain itu, kandungan asiaticoside dan madecassoside pada Centella asiatic juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang iritasi. Juga, dapat memudarkan bekasnya dengan lebih cepat.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya dapat mengobati berbagai masalah kulit seperti kulit gatal, jerawat, psoriasis, dan eksim. Kandungan protein pada minyak kelapa dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit, yang berarti dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak sehingga dapat mencegah terjadinya masalah kulit seperti iritasi.

Selain itu, minyak kelapa juga efektif digunakan sebagai pelembap kulit, terutama untuk orang yang kulitnya cenderung kering.

5. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang dapat meredakan iritasi kulit dan mengatasi kulit gatal.

Dengan sifat antiradang pada kandungan tea tree oil, kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan gatal eksim dan psoriasis kulit.

Caranya mudah, campurkan satu sendok makan minyak kelapa, 5 tetes minyak pohon teh, dan 2 tetes ekstrak lavender, buat teksturnya seperti cairan lotion untuk kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai krim gatal yang bisa dibawa berpergian.

6. Oatmeal

Oatmeal bersifat humektan, yang dapat membantu melembapkan kulit. Oatmeal juga mengandung senyawa avenanthramide yang bekerja mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mandi dengan bubur oatmeal dingin. Ini dapat memperbaiki kulit Ada yang iritasi. Selain itu, mandi oatmeal juga dipercaya dapat menjadi obat alami untuk eksim dan psoriasi.

7. Baking soda

Baking soda adalah obat alami yang juga baik untuk ruam kulit gatal. Tambahkan secangkir baking soda di wadah air dingin dan rendam tubuh Anda selama sekitar setengah jam untuk hasil maksimal. Anda juga bisa mengompres area kulit yang gatal dengan waslap atau handuk bersih yang sudah direndam air baking soda.

8. Kulit buah

Kulit semangka mengandung antiradang yang berfungsi menenangkan iritasi kulit atau yang terasa gatal, dan menyegarkan kulit Anda. Selain itu, kulit pisang juga dapat mengatasi kulit gatal kemerahan, karena dapat melembapkan kulit.

9. Daun peppermint

Minyak esensial peppermint bisa digunakan untuk mengatasi kulit gatal dan iritasi kemerahan akibat gigitan serangga atau tanaman beracun. Hal ini karena daun peppermint bersifat dingin dan sangat menyejukkan.

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat menyembuhkan kondisi kulit kering, gatal, atau iritasi kemerahan. Minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit, khususnya wajah.