Categories
Tentang Penyakit

Aplikasi Darurat Untuk Virus Corona

Aplikasi Darurat Untuk Virus Corona

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.  Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Nah untuk berjaga-jaga berikut merupakan Aplikasi Darurat Untuk Virus Corona.

1. HappyFresh

5 Aplikasi Darurat saat Virus Corona Menyebar - Alodokter

HappyFresh merupakan salah satu aplikasi yang perlu Anda unduh di Google Play maupun App Store. HappyFresh dapat mempermudah Anda untuk memperoleh berbagai kebutuhan harian tanpa perlu pergi ke supermarket atau pusat perbelanjaan yang ramai.

Anda hanya tinggal memesan barang yang dibutuhkan melalui aplikasi ini, lalu “Personal Shopper” yang terlatih dalam menjaga kualitas dan kebersihan dari HappyFresh akan membelikannya untuk Anda dan mengantarnya langsung ke rumah. Dengan waktu pengiriman paling lama satu jam dari supermarket besar sesuai pilihan Anda, seperti Lotte Mart, Giant, Ranch Market, Farmers Market.

Beragam barang kebutuhan harian dan bulanan dapat dipesan melalui HappyFresh, mulai dari kebutuhan pokok, seperti beras, susu bayi, sayur, dan buah, hingga kebutuhan lainnya, seperti sabun, sikat gigi, bahkan makanan untuk hewan peliharaan Anda. Semua ini dapat Anda pesan di HappyFresh karena aplikasi ini telah bekerja sama dengan banyak supermarket dan pusat perbelanjaan besar.

2. Alodokter

5 Aplikasi Darurat saat Virus Corona Menyebar - Alodokter

Aplikasi Alodokter menyediakan layanan chat dengan dokter umum dan dokter spesialis dari hampir semua rumah sakit besar di seluruh Indonesia. Fitur chat bersama dokter di aplikasi Alodokter dapat mempermudah Anda untuk berkonsutasi secara online mengenai keluhan kesehatan yang dirasakan tanpa perlu pergi ke rumah sakit atau klinik, yang mungkin akan meningkatkan risiko Anda tertular kuman penyakit.

Bahkan jika Anda bingung karena banyaknya informasi yang simpang siur mengenai virus Corona, Anda dapat bertanya langsung ke dokter melalui chat bersama dokter di Aplikasi Alodokter yang bisa Anda unduh di Google Play atau App Store.

Masih merasa kurang? Tenang, aplikasi Alodokter juga menyediakan artikel yang berisi informasi terkini dan terpercaya mengenai infeksi virus Corona.

3. Tokopedia

5 Aplikasi Darurat saat Virus Corona Menyebar - Alodokter

Ada berbagai layanan yang disediakan Tokopedia. Salah satunya adalah layanan pembayaran tagihan bulanan. Anda dapat membayar beragam tagihan hanya melalui satu aplikasi ini, tanpa perlu keluar rumah. Cukup download aplikasi Tokopedia melalui Google Play atau App Store.

Tagihan yang bisa Anda bayar melalui aplikasi Tokopedia antara lain tagihan telepon, pembelian pulsa, pembayaran listrik atau pulsa listrik, hingga tagihan internet dan TV kabel.

4. Ruang Guru

5 Aplikasi Darurat saat Virus Corona Menyebar - Alodokter

Jika sekolah anak Anda diliburkan untuk sementara waktu, aplikasi Ruang Guru bisa menjadi “ruang” untuk anak belajar di rumah. Aplikasi ini menyediakan layanan belajar bagi siswa SD, SMP, hingga SMA. Pelajaran yang diberikan juga telah disesuaikan dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh guru-guru berpengalaman. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play atau App Store.

5. Netflix

5 Aplikasi Darurat saat Virus Corona Menyebar - Alodokter

Apabila penyebaran virus Corona tidak terkendali, pemerintah bisa saja menutup tempat-tempat umum, termasuk tempat hiburan. Agar Anda tidak merasa bosan di rumah dan tetap bisa mendapatkan hiburan, unduhlah aplikasi Netflix di Google Play atau App Store. Netflix menyediakan berbagai serial TV dan film-film layar lebar berkualitas dari berbagai negara.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa “menyelamatkan” Anda dan mengurangi risiko Anda terpapar virus Corona di tempat umum. Apabila Anda mengalami keluhan yang bisa mengarah pada gejala infeksi virus Corona atau COVID-19, seperti demam, batuk, dan sesak napas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter dan jangan dulu masuk kerja sampai kondisi Anda benar-benar membaik.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait kondisi kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di aplikasi Alodokter melalui fitur chat bersama dokter. Anda juga bisa menghubungi hotline Kemenkes di nomor 119 ext 9 untuk mendapatkan informasi terkini mengenai virus Corona.