3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan

3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Meredakan Flu  , Manfaat Goji Berry , Makanan Yang Membuat Awet Muda , Tips Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh , Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat , Makanan Dan Minuman Pencegah Kanker , Tips Menyembuh Benjolan Pada Mata , Makanan Yang Mengandung Banyak Kalium , Khasiat Teh Rosella Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Migrain Termujarab , Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan , Macam Obat Tradisional & Khasiatnya , Obat Tradisional Atasi Kemaluan Sakit , Obat Tradisional Awet Muda , 3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan , Cara Mengatasi Mual Saat Hamil , Penyebab Kanker Payudara , Makanan Penurun Kolestrol , Buah Yang Bagus Untuk Bumil , Tips Mengatasi Gigi Ngilu , Gejala Penyakit Gondongan , Gejala Demam Berdarah , Obat Tradisional Untuk Kudis

3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan

Mengandung selama sembilan bulan dan akhirnya melalui proses persalinan, membuat tubuh Mama mengalami banyak perubahan. Mulai dari bentuk tubuh yang berubah drastis, jaringan kulit yang rusak akibat melebarnya pembuluh darah, dan masih banyak perubahan tubuh dan kesehatan lainnya pada tubuh Mama.

Untuk mengembalikan kondisi kesehatan dan tubuh yang singset seperti sebelum hamil, Mama perlu melakukan perawatan pasca melahirkan. Tapi perawatan yang dijalani harus aman bagi Si Bayi karena Mama harus menyusuinya. Salah satunya dengan meminum jamu tradisonal setelah melahirkan.

Minum jamu setelah melahirkan sudah dilakukan sejak zaman dulu, dan ritual ini masih dijalani sampai sekarang oleh sebagian Mama milenial.

Sebut saja artis Ussy Sulistiawati, Andien Aisyah, Ayu Dewi, dan Atiqah Hasiholan yang mengonsumsi jamu bersalin. Jamu identik dengan rasa pahit, tapi Mama nggak perlu khawatir, berikut ini ada 3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan :

Daun Pepaya

Salah satu hal yang dikhawatirkan Ibu setelah melahirkan adalah bentuk tubuh yang tidak lagi sama seperti sebelum kehamilan. Untuk mengembalikan bentuk tubuh semula, cobalah jamu yang dapat diminum dua kali sehari ini. Bahan-bahannya terdiri dari 7 gram daun papaya, daun jinten, 10 gram kayu rapet, 10 gram daun sendok, 7 gram daun iler, 7 gram daun sambilonto dan 7 gram asam Jawa. Semua bahan-bahan ini Ibu tumbak halus lalu direbus dalam dua gelas air hingga mendidih.

Kayu Manis dan Jahe

Proses melahirkan memang melelahkan. Tenaga Ibu banyak terkuras dan tubuh Ibu pun berada dalam kondisi lemah. Untuk kembali memulihkan tenaga Ibu, cobalah ramuan yang terdiri dari beras, bengle, pulo sari, kayu manis, jahe, dan asam jawa.

Kunyit Asam

Setelah melahirkan, perut Ibu akan terlihat tidak terlalu kencang lagi. Cobalah jamu kunyit asam untuk mengencangkan kembali perut Ibu. Jamu kunyit asam ini terdiri dari parutan kunyit dan asam jawa. Cara membuatnya mudah. Cuci hingga bersih tiga atau empat ruas kunyit lalu parut atau blender hingga halus. Campurkan asam jawa secukupnya. Campurkan parutan kunyit dan asam jawa dengan tiga gelas air. Lalu, rebus hingga mendidih. Supaya lebih enak rasanya, Ibu bisa menambahkan gula jawa.

Jadi, sudah tahu kan, Bu, jamu-jamu tradisional apa saja yang bisa membantu Ibu kembali pulih setelah melahirkan? Tapi, bagi Ibu yang melahirkan dengan operasi Caesar, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jenis jamu apapun selama masa pemulihan. Hal ini untuk mencegah terjadinya komplikasi seperti pendarahan dan diare. Selain Ibu yang melahirkan melalui operasi Caesar, Ibu yang memiliki hepatitis B, pernah menderita penyakit kuning, atau mengalami komplikasi persalinan seperti rahim sobek juga tidak disarankan mengonsumsi jamu tradisional. Tidak hanya itu, jamu tradisional juga sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat dari dokter. Ibu bisa mengonsumsi jamu 2-3 jam setelah mengonsumsi obat dari dokter.